Kunjungan ke Turki, Umsida Realisasikan Internasionalisasi Kampus

Penulis : umsidaj4y4 November 26, 2019 / Berita

Umsida.ac.id –  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan kerjasama international. Bersama dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan sekolah Muhammadiyah, Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi di Turki, (24-30/11).

Kegiatan ini diikuti oleh 24 delegasi Muhammadiyah yang langsung dipimpin oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Haedar Nashir M Si.  Selain Ketua Umum PP Muhammadiyah, rombongan ini juga diikuti oleh Sekretaris PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto M Ag., Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. Lincolin Arsyad M Sc Ph D, Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti M Pd M Ed Ph.D, bersama dengan 14 Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan 4 Kepala Sekolah Muhammadiyah.

Rombongan delegasi Muhammadiyah ini terbang dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines pada pukul 09.30 PM waktu Jakarta dari Terminal 3 Soekarno Hatta International Airport. Penerbangan menuju Istanbul Turki ditempuh dalam waktu 12 jam non stop dan tiba di Istanbul International Airport pada pukul 05.30 Waktu Istanbul. Saat tiba suhu udara di Istanbul cukup dingin, sekitar 10 derajat celcius sampai -1 derajat celcius.

Rombongan sedang di VIP Room, Transit di International Airport, Istanbul Turkey,sebelum melanjutkan penerbangan ke Ankara Turkey

 

Ada yang istimewa dalam kunjungan yang kami ikuti bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah ini, begitu keluar dari pesawat langsung disambut petugas dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki dan dibawa masuk ke dalam VIP Room untuk istirahat, berbincang santai bersama staf KBRI dengan sajian minuman dan makanan ringan sambil menunggu waktu shalat shubuh. Selanjutnya pada pukul 08.15 melanjutkan penerbangan sekitar 1 jam ke Ankara Turki.

Kunjungan delegasi Muhammadiyah di Turki ini berlangsung selama 5 hari dengan berbagai kegiatan yang cukup padat, antara lain: Silaturrahim dengan Kedubes RI di Turki, Pertemuan dengan Presiden YTB dan Penandatanganan LoI, Pertemuan dan Penandatangan MoU Umbrella Agreement di YOK, Silaturrahim dan Diskusi Kebangsaan dengan masyarakat Indonesia di Turki, Pertemuan dengan Chairman Turkish Maarif Foundation, Pertemuan dengan Yunus Emre Institute, Kunjungan ke Turkish Aerospace Industry, Pertemuan dengan Diyanet, Kunjungan ke Universitas di Istanbul, dan City Tour Istanbul.

Keikutsertaan pihak Umsida dalam kunjungan ke Turki ini ingin mengetahui dan memahami secara dekat bagaimana kehidupan masyarakat Turki dan melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan beberapa perguruan tinggi Turki. Harapan Umsida dari kegiatan kunjungan ke Turki ini adanya kerjasama Internasional dalam bentuk pendidikan sehingga bisa memberikan manfaat yang besar kepada pengembangan Umsida di Masa Depan.

 

Ditulis :  Dr Hidayatullah MSi

 

 

 

Related Post