branding kampus

Lima langkah mem-Branding Kampus

Umsida.ac.id – Tingkatkan kinerja humas, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengikuti pelatihan Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA). Pelatihan diselenggarakan di Yogyakarta pada Kamis hingga Sabtu (30/6 – 2/7/22).

Pelatihan ini merupakan salah satu program yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (APIK PTMA).

Pada hari Jumat (1/7/22), mengawali pagi hari yang cerah itu, Choirul Fajri, fasilitator bidang branding dari Universitas Ahmad Dahlan memaparkan kepada peserta terkait apa itu branding. Ia mengatakan reputasi yang berkualitas bagi institusi bisa dibangun melalui atribut dan upaya yang dilakukan secara terus menerus. Menurutnya, untuk mencapai tujuan, khususnya dalam membangun brand tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan instan.

“Kita itu membangun reputasi dari hal-hal yang sulit, gak ada yang mudah. Semua dibangun berdasarkan proses, mengutip dari KH Ahmad Dahlan: “Hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan ambil hidup dari Muhammadiyah,”  tutur Fajri di hadapan peserta pelatihan Humas PTMA. Fajri menuturkan semua PTMA yang mampu membangun brand berkualitas dapat lebih mudah dalam Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

“Jika PTMA memiliki suatu brand yang bagus, maka PTMA akan mudah untuk melakukan Promosi dan dipilih Calon Mahasiswa Baru (Camaba). Selain promosi ada juga tujuannya untuk mengenalkan produk/jasa PTMA dan mendapatkan camaba sebanyak mungkin,” imbuh Fajri.

Delegasi Kasi Humas Umsida Dian Rahma Santoso, menyimpulkan langkah melakukan branding yang disimak dari penuturan Fajri. “Pertama, key message atau pesan kunci misalnya UMM, dari Muhammadiyah untuk Bangsa, UMY Muda Mendunia. Kita harus memberikan kesan pada pembaca dari key message kampus kita,” tuturnya. Dia menambahkan, semua dosen dan karyawan adalah brand atau employer branding sehingga bertanggungjawab pada citra positif kampusnya. Karena itu, tiap kampus PTMA wajib melakukan analisis lingkungan dengan cara menentukan target audiens dan kompetitor.

Tak hanya itu, di akhir Dian menambahkan, karakter brand kuat dilakukan dengan mentukan fokus serta menentukan strategi pencapaiannya, seperti targetnya apa, mau dicapai berapa lama, jika rebranding apa differensiasinya dengan brand lain,” pungkasnya.

Berita Terkini

KWU Fest 2025_
KWU Fest 2025, Bentuk Generasi Wirausaha Tangguh di Era Industri 4.0
May 4, 2025By
halbil PWM Jawa Timur 2
Jadi Tuan Rumah Halalbihalal PWM Jawa Timur, Umsida Luncurkan UCS
April 26, 2025By
Dr Alfan lulusa S3 cum laude
Dr Alfan Selesaikan Studi S3 dengan Predikat Cum Laude di Tengah Tugas Struktural
April 24, 2025By
Fakultas Kedokteran UMMAT dan Umsida
Fakultas Kedokteran Lahir Beriringan, UMMAT Berkunjung ke Umsida
April 23, 2025By
strategi branding lembaga oleh Umsida
Kasi Branding Umsida Beri Tips Branding Lembaga Pendidikan di Era Digital
April 23, 2025By
halalbihalal IMM Sidoarjo 4
Halalbihalal IMM Sidoarjo, Rektor Umsida Beri 5 Makna Fastabiqul Khoirot
April 22, 2025By
Seminar FKG Umsida
FKG Umsida Bersama Unair dan PDGI Sidoarjo Edukasi Deteksi Osteoporosis dengan Radiografi Panoramik
April 21, 2025By
Siap-Siap UKOM! LSP Umsida Buka Pendaftaran Periode 1 Tahun 2025
Siap-Siap UKOM! LSP Umsida Buka Pendaftaran Periode 1 Tahun 2025
April 21, 2025By

Riset & Inovasi

SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
May 2, 2025By
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
April 19, 2025By
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
April 16, 2025By
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
April 14, 2025By
Freon Out, Peltier In! Inovasi Umsida untuk Dunia Otomotif Ramah Lingkungan
Freon Out, Peltier In! Inovasi Umsida untuk Dunia Otomotif Ramah Lingkungan
April 10, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By