branding kampus

Lima langkah mem-Branding Kampus

Umsida.ac.id – Tingkatkan kinerja humas, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengikuti pelatihan Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA). Pelatihan diselenggarakan di Yogyakarta pada Kamis hingga Sabtu (30/6 – 2/7/22).

Pelatihan ini merupakan salah satu program yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (APIK PTMA).

Pada hari Jumat (1/7/22), mengawali pagi hari yang cerah itu, Choirul Fajri, fasilitator bidang branding dari Universitas Ahmad Dahlan memaparkan kepada peserta terkait apa itu branding. Ia mengatakan reputasi yang berkualitas bagi institusi bisa dibangun melalui atribut dan upaya yang dilakukan secara terus menerus. Menurutnya, untuk mencapai tujuan, khususnya dalam membangun brand tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan instan.

“Kita itu membangun reputasi dari hal-hal yang sulit, gak ada yang mudah. Semua dibangun berdasarkan proses, mengutip dari KH Ahmad Dahlan: “Hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan ambil hidup dari Muhammadiyah,”  tutur Fajri di hadapan peserta pelatihan Humas PTMA. Fajri menuturkan semua PTMA yang mampu membangun brand berkualitas dapat lebih mudah dalam Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

“Jika PTMA memiliki suatu brand yang bagus, maka PTMA akan mudah untuk melakukan Promosi dan dipilih Calon Mahasiswa Baru (Camaba). Selain promosi ada juga tujuannya untuk mengenalkan produk/jasa PTMA dan mendapatkan camaba sebanyak mungkin,” imbuh Fajri.

Delegasi Kasi Humas Umsida Dian Rahma Santoso, menyimpulkan langkah melakukan branding yang disimak dari penuturan Fajri. “Pertama, key message atau pesan kunci misalnya UMM, dari Muhammadiyah untuk Bangsa, UMY Muda Mendunia. Kita harus memberikan kesan pada pembaca dari key message kampus kita,” tuturnya. Dia menambahkan, semua dosen dan karyawan adalah brand atau employer branding sehingga bertanggungjawab pada citra positif kampusnya. Karena itu, tiap kampus PTMA wajib melakukan analisis lingkungan dengan cara menentukan target audiens dan kompetitor.

Tak hanya itu, di akhir Dian menambahkan, karakter brand kuat dilakukan dengan mentukan fokus serta menentukan strategi pencapaiannya, seperti targetnya apa, mau dicapai berapa lama, jika rebranding apa differensiasinya dengan brand lain,” pungkasnya.

Berita Terkini

pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By
Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia
Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta
October 3, 2025By
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny: Sekitar 60 Korban Masih Tertimbun
October 2, 2025By
Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By
workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By

Riset & Inovasi

hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
inovasi alat pembakaran sampah tanpa asap 3
Alat Pembakaran Sampah Tanpa Asap, Inovasi Dosen Umsida Tekan Masalah Sampah
September 25, 2025By
sekolah rakyat
Berkesempatan Mengajar di Sekolah Rakyat, Ini Pendapat Dosen Umsida
September 17, 2025By
tong sampah ramah lingkungan
KKNT 23 Umsida Rancang Tong Sampah Ramah Lingkungan untuk Kurangi Polusi Asap
September 10, 2025By
inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By

Prestasi

hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
Pomnas 2025
Pomnas 2025, 2 Skrikandi Umsida Bawa Pulang Juara
October 7, 2025By
reviewer monev hibah abdimas
3 Dosen Umsida Dipercaya Jadi Reviewer Monev Hibah Abdimas
October 6, 2025By
Pojok Statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Raih Peringkat 1 Nasional Kategori Binaan BPS Kabupaten
October 6, 2025By
apresiasi publikasi ilmiah 1
Penghargaan Publikasi Ilmiah Jadi Bukti Komitmen Umsida Majukan Riset Akademik
September 19, 2025By