branding kampus

Lima langkah mem-Branding Kampus

Umsida.ac.id – Tingkatkan kinerja humas, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengikuti pelatihan Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA). Pelatihan diselenggarakan di Yogyakarta pada Kamis hingga Sabtu (30/6 – 2/7/22).

Pelatihan ini merupakan salah satu program yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (APIK PTMA).

Pada hari Jumat (1/7/22), mengawali pagi hari yang cerah itu, Choirul Fajri, fasilitator bidang branding dari Universitas Ahmad Dahlan memaparkan kepada peserta terkait apa itu branding. Ia mengatakan reputasi yang berkualitas bagi institusi bisa dibangun melalui atribut dan upaya yang dilakukan secara terus menerus. Menurutnya, untuk mencapai tujuan, khususnya dalam membangun brand tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan instan.

“Kita itu membangun reputasi dari hal-hal yang sulit, gak ada yang mudah. Semua dibangun berdasarkan proses, mengutip dari KH Ahmad Dahlan: “Hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan ambil hidup dari Muhammadiyah,”  tutur Fajri di hadapan peserta pelatihan Humas PTMA. Fajri menuturkan semua PTMA yang mampu membangun brand berkualitas dapat lebih mudah dalam Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

“Jika PTMA memiliki suatu brand yang bagus, maka PTMA akan mudah untuk melakukan Promosi dan dipilih Calon Mahasiswa Baru (Camaba). Selain promosi ada juga tujuannya untuk mengenalkan produk/jasa PTMA dan mendapatkan camaba sebanyak mungkin,” imbuh Fajri.

Delegasi Kasi Humas Umsida Dian Rahma Santoso, menyimpulkan langkah melakukan branding yang disimak dari penuturan Fajri. “Pertama, key message atau pesan kunci misalnya UMM, dari Muhammadiyah untuk Bangsa, UMY Muda Mendunia. Kita harus memberikan kesan pada pembaca dari key message kampus kita,” tuturnya. Dia menambahkan, semua dosen dan karyawan adalah brand atau employer branding sehingga bertanggungjawab pada citra positif kampusnya. Karena itu, tiap kampus PTMA wajib melakukan analisis lingkungan dengan cara menentukan target audiens dan kompetitor.

Tak hanya itu, di akhir Dian menambahkan, karakter brand kuat dilakukan dengan mentukan fokus serta menentukan strategi pencapaiannya, seperti targetnya apa, mau dicapai berapa lama, jika rebranding apa differensiasinya dengan brand lain,” pungkasnya.

Berita Terkini

dosen Umsida dan atlet sepatu roda 3
Dukung Semangat dan Performa Atlet Sepatu Roda, Dosen Umsida Gelar Skrining dan Sharing Session
January 11, 2025By
kerja sama UBS PPNI Mojokerto dan Umsida 1
Kerja Sama Akademik Umsida dan UBS Mojokerto Tingkatkan Mutu Kebidanan
January 9, 2025By
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
December 26, 2024By
KKN-P 2025 Umsida
975 Mahasiswa KKN-P Umsida Siapkan Diri untuk Mengabdi
December 24, 2024By
Si Lokananta 2024, peringatan hari ibu
Momen Haru Ratusan Anak Peringati Hari Ibu dalam Event Si Lokananta
December 23, 2024By
Comm Night Run
Perdana Digelar, Comm Night Run Diikuti Lebih dari 300 Peserta dari Berbagai Daerah
December 23, 2024By
rektor Umsida saat penguatan visi misi PPI AMF
Pesan Rektor Umsida untuk PPI AMF dalam Mewujudkan Pesantren Berkemajuan
December 21, 2024By
commsport 2024
Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida
December 21, 2024By

Riset & Inovasi

Demi Ketahanan Pangan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
Demi Ketahanan Pangan Berkelanjutan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
January 5, 2025By
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
January 4, 2025By
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By

Prestasi

Prof Sri, guru besar manajemen
Perjuangan Prof Sriyono Menuju Guru Besar di Bidang Manajemen Umsida
January 14, 2025By
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
January 13, 2025By
pojok statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Jadi Layanan Kinerja Tinggi 2024 dengan Skor 2,83 dari 3
January 9, 2025By
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
January 3, 2025By
Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
Lulus Cum Laude, Dosen Umsida Raih Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
December 30, 2024By