LSP UMSIDA Semakin Kukuh, 60 Calon Asesornya Direkomendasikan Kompeten

Penulis : umsidaj4y4 July 28, 2019 / Berita, kegiatan

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kini telah memiliki 60 asesor kompetensi setelah secara resmi direkomendasikan oleh Master Asesor Penguji BNSP, yang sebelumnya telah mempunyai 4 asesor yang telah mempunyai sertifikat. Hal ini semakin melengkapi daftar kompetensi yang bisa diberikan kepada mahasiswa dan mayarakat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UMSIDA.

Ini semakin meneguhkan eksistensi UMSIDA sebagai kampus yang memberikan sertifikat kompetensi baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat pada umumnya. “Mahasiswa atau masyarakat yang ingin mendapat sertifikat kompetensi bisa diuji oleh asesor bersertifikat dari UMSIDA. Jika dinilai berkompeten, maka asesor merekomendasikan bahwa orang tersebut berkompeten dengan sertifikat dari BNSP,” ujar Direktur LSP UMSIDA Wiwik Sulistiyowati, ST. MT pada hari Ahad (28/7/2019).

Seperti diketahui bahwa Master Asesor Kompetensi dari BNSP telah mengeluarkan rekomendasi kompeten kepada 60 orang dosen UMSIDA pada 12 Juli 2019 yang lalu setelah menjalani serangkaian pelatihan yang berlangsung dari hari Senin – Kamis (8-12/7/2019) di kampus Sidowayah Umsida. Dalam pelatihan ini sebanyak 21 skema yang dilatihkan.

Dengan sertifikat kompetensi dari LSP UMSIDA ini semakin meningkatkan kualitas dan daya saing bagi mahasiswa atau pun masyarakat yang terlibat langsung dalam bidang atau industri atau dunia kerja yang ingin digeluti. “Sertifikat kompetensi yang diberikan kepada mahasiswa akan berfungsi untuk penguatan mutu dan kompetensi lulusan yang akan bersaing di dunia kerja,” kata Wiwik. “Untuk masyarakat, pemenuhan standar mutu lulusan link and match dengan kebutuhan pasar,” lanjutnya.

Wiwik menjelaskan prosedur untuk mendapatkan sertifikat kompetensi tersebut. Masyarakat atau mahasiswa bisa mengajukan pengujian kompetensi melalui kerjasama dengan Fakultas. “Masyarakat bisa mengikuti uji kompetensi melalui Fakultas terkait (jenis kompetensinya) sebagai bentuk pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Wiwik.”Nanti Fakultas tersebut akan kerjasama dg LSP untuk melakukan asesmen,” pungkasnya.

Rektor UMSIDA Dr. Hidayatulloh, M. Si. Mengapresiasi capaian dari LSP UMSIDA karena ini menjadi salah satu kelebihan yang disandang dari lulusan UMSIDA yakni memiliki kompetensi dalam dunia kerja. “Yang bisa melakukan uji kompetensi terhadap para mahasiswa Umsida hanya para asesor,” Kata pak Hidayatulloh saat menyambut para master asesor dan membuka acara pelatihan yang lalu. Pak Hidayat berharap untuk ke depannya, UMSIDA akan mendorong agar lebih banyak asesor yang nantinya dapat menguji kompetensi keahlian baik untuk mahasiswa ataupun masyarakat pada umumnya.

Pelatihan menghadirkan para Master Asesor BNSP yakni Ibu Sri Pudiyastuti, Ibu Nurul Indah Susanti, Bapak Mulyo Budi Setiawan, Bapak Hari Setiyono, Bapak Mohammad Ali, dan Bapak Busmin Napitupulu. Pelatihan ini merupakan salah satu proses di dalam pembentukan LSP, sedangkan Master Asesor Penguji dari BNSP adalah Ibu Sri Pudiyastuti, Ibu Nurul Indah Susanti, Bapak Mulyo Budi Setiawan, Bapak Triyogo, Bapak Mohammad Ali, dan Bapak Busmin Napitupulu.

Berikut adalah skema sertifikasi yang tersedia hingga saat ini:

–              Skema Media Relations Officer

–              Skema Asisten Produser

–              Skema Pemeriksaan Kualitas Produksi Manufaktur

–              Skema Perencanaan dan Pengendalian Produksi Manufaktur

–              Skema Welding Engineer

–              Skema Merancang dan Melaksanakan Program Pelatihan

–              Skema Pengambilan dan penanganan sampel

–              Skema Teknisi Akuntansi Madya

–              Skema Pendampingan Manajemen Keuangan IKM

–              Skema Tenaga Pemasar Menejerial

–              Skema Analis Kebijakan Publik

–              Skema Inspektur Organik Tanaman

–              Skema Penerapan HACCP

–              Skema Junior Administrative Assistant

–              Skema Penyusunan Kontrak Drafting

–              Skema Junior Netwotk Administrator

–              Skema Perancangan Peralatan dan Sistem Kelistrikan

–              Skema Pengemasan Bahan Pangan

–              Skema Funding Sales Representative

–              Skema  funding Product Development Manager

–              Skema Melaksanakan  Pengelolaan Karir

Workshop berikutnya pada tanggal 5-6 Agustus akan diselenggarakan workshop penyusunan materi uji kompetensi Sebagai kelanjutan rangkaian proses lisensi LSP. (adji)

https://umsida.ac.id/gandeng-bnsp-umsida-proyeksikan-60-asesor-kompetensi/

Related Post