Luar Biasa! Mahasiswa Umsida Dinobatkan Sebagai Duta Pustaka dan Duta UMKM Jawa Timur Sekaligus

Luar Biasa! Mahasiswa Umsida Dinobatkan Sebagai Duta Pustaka dan Duta UMKM Jawa Timur Sekaligus

Umsida.ac.id–  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjadi role model generasi dan dinobatkan sebagai Duta pustaka Jawa Timur dan Duta UMKM Jawa Timur. Ia adalah Julian Nur Hermansyah Mahasiswa Semester 7 Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA.

Mahasiswa yang aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PSM Surya Nada Umsida ini beberapa waktu lalu mengikuti dua kontes sekaligus yakni Duta pustaka Jawa Timur dan Duta UMKM Jawa Timur.

Kontes Duta Pustaka Jawa Timur

Kepada Umsida.ac.id Mahasiswa yang akrab disapa Julian ini menceritakan proses Ia mengikuti ajang ini mulai dari pendaftaran hingga berhasil memasuki babak Grand Final.

“Pada tanggal 29 Juli – 5 Agustus 2023 pendaftaran dan penilaian desk audit Duta Pustaka Jawa timur. Pada tanggal 6 Agustus pengumuman dan saya dinyatakan sebagai semifinalis,” ungkapnya.

Luar Biasa! Mahasiswa Umsida Dinobatkan Sebagai Duta Pustaka dan Duta UMKM Jawa Timur Sekaligus
Grand Final Duta Pustaka Jatim

Selanjutnya, tambahnya “tanggal 13 Agustus saya melaksanakan tahap semifinal, ditahap ini ada beberapa pos penilaian yakni pos advokasi, forum group discussion dan wawancara, setelah itu pengumuman finalis yang masuk untuk mengikuti karantina dan grand final, saya adalah salah satu peserta yang beruntung untuk mengikuti pemilihan duta pustaka Jawa timur 2023”.

Tentu membutuhkan persiapan yang begitu rumit untuk mengikuti ajang ini. Julian perlu mempersiapkan narasi, video hingga busana yang menarik.

“Ini merupakan ajang pertama kali saya mengikuti dunia pageant, jadi saya sedikit kebingungan untuk mempersiapkan nya. Salah satu tugasnya adalah membuat video profil yang menjelaskan advokasi. Disini saya mempersiapkan video profil saya dengan sebaik mungkin dengan mengambil footage 3 tempat, yakni candi gunung gangsir, Alun-alun Bangil dan Perpustakaan Umsida. Kedua saya harus mencari penyewaan glamour batik untuk acara pre-eliminary, disini saya mencari penyewaan sampai ke desainer di Pasuruan kota,” ungkapnya.

Baca juga: Info untuk Maba, Ini Manfaat Menggunakan Email Kampus

Dengan usaha yang begitu keras baik secara fisik, mental hingga biaya yang cukup banyak, Julian akhirnya memasuki babak akhir berkompetisi dengan seluruh pemuda dari wilayah Jawa Timur. Sebelum itu Julian juga melewati masa pra karantina online dan karantina offline. Hingga Julian berhasil masuk top 9 dan mendapatkan atribut Best Creative .

Setelah menjadi bagian dari Duta Pustaka Jawa timur, Julian berharap “semoga dengan adanya Duta Pustaka Jawa Timur ini bisa membantu untuk meningkatkan literasi di Indonesia khususnya Jawa Timur dan senantiasa menjaga keorisinilan naskah kuno serta melestarikan sesuai zamannya. Pesan nya semoga semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya literasi”.

Meraih gelar Best Creative di ajang ini tidak membuat Julian merasa puas. Di waktu yang hampir bersamaan Putra bapak Jumain dan ibu Kasemah ini juga mengikuti ajang Duta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur .

Luar Biasa! Mahasiswa Umsida Dinobatkan Sebagai Duta Pustaka dan Duta UMKM Jawa Timur Sekaligus
Grand Final Duta UMKM Jatim

Kontes Duta UMKM Jawa Timur

Pendaftaran ajang ini dimulai pada tanggal 22 Juli – 21 Agustus 2023, pada tanggal 23 Agustus 2023 Julian mendapat kabar gembira Ia telah lolos ke babak semifinal dan mengikuti tes semifinal pada tanggal 27 Agustus, disini ada 2 tahap yakni tes tulis dan wawancara.

Julian masuk sebagai finalis pada 31 Agustus, dan melaksanakan karantina online maupun offline. Ia berjuang di sesi Grand Final yang diadakan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Surabaya hingga masuk dalam Top 6 dan berhasil meraih gelar Duta Favorit UMKM Jatim.

Baca juga: 4 Mahasiswa Umsida Beri Pencerahan di Pulau Bangka Belitung

Meraih gelar tersebut tentu mengharuskan Julian membawa manfaat bagi UMKM di Jatim. “saya berharap  dengan ini saya dapat meningkatkan kualitas UMKM di Jawa Timur dengan advokasi yang saya miliki. Salah satunya program konversi budaya setempat, di mana sebagai pelaku usaha tidak hanya mencari untuk dalam bisnis melainkan juga melestarikan dan memperkenalkan budaya setempat pada khalayak umum hingga ke manca negara”.

Julian juga berharap pelaku UMKM dapat dengan cerdas meningkatkan usahanya agar semakin maju dan dengan mudah menghadapi segala masalah di Era Krisis Ekonomi saat ini.

Sebagai Role Model dua bidang yang berbeda Ia memberikan motivasinya untuk mengikuti masing-masing ajang tersebut. Pertama sebagai Duta Pustaka Jawa Timur “motivasi saya mengikuti duta ini adalah saya melihat tingkat literasi sangatlah rendah, jadi saya berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas literasi di Indonesia ini terutama di Jawa timur bersama dengan paguyuban duta pustaka ini,” paparnya.

Selanjutnya sebagai Ambassador UMKM Jawa Timur Julian termotivasi mengikuti ajang ini. “Karena saya melihat UMKM di Jawa timur ini banyak yang kurang mengetahui teknologi digital. Sehingga saya ingin memotivasi dan memberikan sosialisasi pentingnya media sosial untuk berwirausaha. Saya juga ingin mengajak generasi muda untuk berwirausaha, karena generasi sekarang masih malu untuk memulai usahanya sendiri,” pungkasnya.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By