email kampus

Info untuk Maba, Ini Manfaat Menggunakan Email Kampus

Umsida.ac.id – Di zaman sekarang ini, semua bisa dilakukan melalui jarak jauh dan menggunakan teknologi, termasuk surat menyurat yang kini bisa menggunakan email. Email merupakan media untuk mengirim surat. 

Biasanya, orang membuat email atas nama pribadi untuk berbagai keperluan seperti menjelajah situs jejaring sosial. Tapi sebagai mahasiswa kamu juga memiliki email khusus bernama email kampus. Apa itu email kampus?

Pengertian email kampus

Email kampus merupakan salah satu fasilitas yang bisa didapatkan mahasiswa yang memang tersedia dari kerjasama antara pihak kampus dengan penyedia email. Biasanya akun email kampus memiliki username yang sama untuk semua mahasiswa dengan format nama@(nama kampus).ac.id. Namun tak banyak yang tahu bahwa email yang telah diberikan oleh kampus pada mahasiswa sejak maba ini bisa dimanfaatkan.

Lihat juga: Basic Skills yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Lalu, apa sajakah manfaatnya? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang manfaat email kampus yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru khususnya.

manfaat email kampus

Manfaat email kampus

1. Mengecek grammar

Tools yang paling banyak digunakan mahasiswa untuk menulis, melakukan koreksi bahasa asing, atau menerjemahkannya adalah Google Translate atau Microsoft Word. Namun ada tools yang tak banyak diketahui mahasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk menulis dan mengoreksi bahasa Inggris yakni Grammarly.

Dengan menggunakan tools ini, mahasiswa bisa mengoreksi grammar, memberi rekomendasi pemilihan kata, atau juga memberi penilaian apakah tulisan tersebut sesuai dengan nada penyampaian yang diinginkan. Untuk mengaksesnya, kamu perlu mendaftarkan diri ke tools ini menggunakan email kampus.

2. Limit Google Drive yang besar

Manfaat selanjutnya jika kamu menggunakan email kampus adalah akses Google Drive dengan limit yang cukup besar. Bahkan beberapa kampus juga menyediakan akses Google Drive dengan penyimpanan yang tak terbatas alias unlimited. 

Seperti yang diketahui, Google Drive menjadi salah satu tempat penyimpanan yang sangat dibutuhkan mahasiswa. Selain untuk menghemat penyimpanan device, menggunakan Google Drive bisa mengamankan file. Google Drive bisa dijadikan sebagai tempat back up file untuk mengantisipasi saat file tersebut hilang atau terselip. 

File yang berukuran besar pun bisa disimpan melalui Google Drive menggunakan akun email kampus. Email pribadi atau konvensional hanya bisa menampung file sebesar 15 GB saja, tapi jika menggunakan email kampus mahasiswa bisa menyimpan banyak file bahkan file yang memiliki ukuran besar karena penyimpanan yang unlimited.

Lihat juga: Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Masuk Kuliah, Maba Wajib Catat

3. Turnitin

Turnitin sangat berguna bagi mahasiswa untuk mengoreksi atau mengecek plagiasi dari tugasnya, seperti makalah, artikel ilmiah, bahkan skripsi. Dalam mengerjakan tugas tersebut, tentunya harus melalui proses turnitin terlebih dahulu

Pengecekan turnitin ini bertujuan untuk mengecek orisinalitas karya atau menghindari plagiarisme. Biasanya untuk cek plagiarisme ini mahasiswa masih menggunakan pihak luar atau bahkan berbayar. Padahal dengan menggunakan email kampus, turnitin bisa diakses secara gratis.

4. Diskon untuk akses aplikasi premium
Canva

Canva banyak digunakan mahasiswa untuk mengedit desain visual karena penggunaannya yang mudah, bisa digunakan dimana saja, dan tersedia banyak template. Namun ada beberapa fitur di aplikasi ini yang hanya bisa diakses dengan akun premium. 

Nah, kamu bisa menggunakan fitur premium canva jika kamu mendaftar dengan akun email kampus. 

Spotify

Aplikasi premium selanjutnya yang bisa diakses menggunakan email kampus adalah Spotify. Seringkali mahasiswa mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya sambil mendengarkan musik. Buat mahasiswa yang suka mendengarkan musik menggunakan aplikasi Spotify, bisa menggunakan fitur premium jika menggunakan email kampu. Mereka akan mendapatkan potongan 50% untuk langganan premium selama satu tahun.

Lihat juga: Manfaat Belajar ke Luar Negeri, Mahasiswa Wajib Simak

Microsoft 365

Microsoft merupakan tools yang banyak digunakan hampir di semua kalangan termasuk mahasiswa. Bagaimana tidak? Fitur-fitur yang ada di Microsoft sangat membantu mahasiswa saat mengerjakan tugas. Jika mahasiswa menggunakan email kampus, mereka bisa mengakses secara legal dan tidak terbatas untuk menggunakan semua fiturnya seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan lainnya.

Namun, akses premium di beberapa aplikasi di atas tidak didapatkan semua mahasiswa. Tidak semua kampus menyediakan secara unlimited kepada mahasiswa untuk mengakses fitur premium di aplikasi tersebut.

5. Akses Google Meet dan Zoom Meeting

Pandemi Covid 19 memunculkan ide baru agar manusia tetap berinteraksi walau secara virtual. Dalam hal ini, penggunaan Google Meet dan Zoom Meeting menjadi aktivitas sehari-hari saat itu.

Namun aplikasi tersebut masih sangat bermanfaat hingga saat ini. Sayangnya, penggunaan aplikasi tersebut memiliki batas peserta dan waktu. Hal ini bisa diantisipasi jika kamu mendaftar menggunakan email kampus. Dengan begitu, pertemuan virtual bisa diakses banyak orang dan tanpa batas waktu.

Lihat juga: Peniadaan Skripsi, Wakil Rektor 1 Umsida Jelaskan 5 Alternatif Penggantinya

Sumber: Vocasia, Detik

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By