Mahasiswa KKN Kelompok 67 Dukung Kegiatan Posyandu Lansia di Desa

Mahasiswa KKN Kelompok 67 Dukung Kegiatan Posyandu Lansia di Desa

Umsida.ac.id– Kuliah Kerja Nyata Pencerah (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali dilaksanakan dengan salah satu penempatan di Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Kelompok KKN 67 menjadi kelompok yang ditempatkan di Desa Ngadiwono.

Mahasiswa KKN Umsida Turut Andil Kegiatan Posyandu Lansia

Pondok Bersalin Desa (Polindes) yang beroperasi di Desa Ngadiwono memiliki kegiatan rutin bulanan yang masih terlaksana dengan baik. Salah satu kegiatan rutin yang masih terlaksana di Polindes yaitu Posyandu Lansia, kegiatan rutin ini kembali dilaksanakan di bulan Februari pada Jumat (09/02/2024). Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 hingga selesai.

Posyandu Lansia diikuti oleh lansia berkisar umur 49-60 tahun dan berjumlah 85 orang. Peserta didominasi oleh lansia perempuan dan terdapat satu lansia laki-laki.

Peserta posyandu lansia berasal dari dua dusun di Ngadiwono, yaitu dusun Ledoksari dan dusun Kerajan. Kegiatan yang diawali dengan melakukan pendataan nama, usia, tensi darah, berat badan kemudian senam bersama. Kegiatan dilaksanakan oleh kader dari Kelompok Kerja (PokJa) 4 PKK Desa Ngadiwono.

Melalui kegiatan ini diharapkan setiap lansia di Desa Ngadiwono tetap peduli dan menjaga kesehatannya. Setiap hasil pengukuran yang dilakukan pada lansia akan dicatat di “Buku Kesehatan Lanjut Usia” milik setiap lansia.

Selain pencatatan di buku tersebut, pihak Polindes dan kader Pokja 4 juga melakukan pencatatan di buku laporan kegiatan posyandu. Salah satu kader pokja 4 PKK mengatakan “iya, kegiatannya dilakukan setiap bulan di hari jumat legi di Polindes. Biasanya sampai 100 orang yang datang ke polindes untuk ikut pemeriksaan Kesehatan”.

Baca Juga: 7 Balita Terindikasi Stunting, KKN-P 35 Umsida Desa Sukosari Gelar “Darurat Stunting”

Mahasiswa KKN Kelompok 67 Dukung Kegiatan Posyandu Lansia di Desa

Selama pemeriksaan berlangsung mahasiswa KKN Umsida turut membantu jalannya pemeriksaan, mulai dari membantu pencatatan data diri, berat badan, tensi darah hingga ikut meramaikan senam bersama kader dan lansia yang hadir.

Dalam kegiatan posyandu lansia mahasiswa KKN membagi tugas di beberapa posisi tugas karena kader pokja yang bertugas sedang kekurangan tenaga untuk melakukan pemeriksaan hingga senam “Terima kasih udah mau bantu, kita hari ini lagi kekurangan tenaga bantuan” ucap ibu kader pokja 4.

Dari pemeriksaan yang dilakukan pada lansia yang datang, didapat range berat badan lansia dari 45-75kg dan untuk tensi darah sekitar 85/70-192/110 mm/hg.

Dengan banyaknya lansia yang memiliki tekanan darah tidak pada standar normal, pihak pokja dan mahasiswa memberikan saran untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Respon baik dari lansia dengan mengatakan “iya mbak kemarin sempat makan daging makanya ini mungkin naik, terima kasih nggeh mbak mas”.

Ahmad Kurnia Sandy selaku penanggung jawab program kerja kesehatan lingkungan dan pencegahan stunting mengatakan “Dengan diadakannya posyandu lansia ini sangat bermanfaat sekali bagi lansia karena dengan adanya posyandu lansia maka akan terkontrol secara rutin pemeriksaan kesehatan lansia”.

Terdapat tujuh mahasiswa KKN yang membantu dalam kegiatan ini, Ahmad Kurnia Sandy, Fidya Noer Aulia Febrianti, Cerissya Melita Febriyanto, Hamidah Izatul Jannah, Intan Rosiana Prihandayani, Fadia Ika Nurwahyuni, dan Wulandari.

Selain pemeriksaan kesehatan terdapat kegiatan lainnya yang seharusnya dilaksanakan namun tidak dilakukan karena ibu bidan polindes sedang tidak dilokasi.

Kegiatan tersebut adalah pemberian obat untuk lansia yang memiliki keluhan kesehatan dan tekanan darah yang tinggi maupun rendah. Beberapa lansia sempat mengeluhkan hal tersebut karena tidak ada pemberian obat “biasanya ada obat mbak dari ibu bidan, obat buat tekanan darah” ucap salah satu peserta posyandu lansia.

Baca Juga: Jadi Satu-Satunya di Indonesia, Yuk Kenali FPIP Umsida

Serta terdapat arisan rutin yang dilaksanakan, seluruh peserta posyandu lansia yang hadir mengikuti arisan dan membayar uang arisan tersebut ke kader pokja yang sedang bertugas.

Mahasiswa KKN Kelompok 67 Dukung Kegiatan Posyandu Lansia di Desa

Saat senam lansia dilakukan tidak banyak peserta posyandu yang ikut serta dan memilih untuk langsung pulang ke rumah. “Semangat untuk senam lansianya kurang, banyak yang langsung pulang dan langsung kesebelah untuk bantu-bantu diacara nikahan” ucap Intan Rosiana Prihandayani mahasiswa KKN.

Diharapkan untuk posyandu lansia selanjutnya seluruh peserta lansia akan hadir dan mengikuti serangkaian kegiatan yang telah siapkan.

Penulis: Fidya Noer Aulia Febrianti

Editor: Rani Syahda

Berita Terkini

kuliah tamu UTAR
2 Dosen Umsida Jadi Pembicara pada Kuliah Tamu di UTAR Malaysia
April 19, 2024By
Muliakanlah tetanggamu
Memuliakan Tetangga Dapat Meningkatkan Keimanan Kita?
April 18, 2024By
belajar Kemuhammadiyahan
Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur
April 17, 2024By
maaf dan syukur
Makna Halalbihalal, Rasa Saling Memaafkan, dan Bersyukur
April 17, 2024By
halalbihalal Umsida 2024
Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul
April 16, 2024By
belajar
Belajar Saja Tidak Cukup Raih Kesuksesan, Kamu Perlu Tau Ini!
April 14, 2024By
seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By