Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Mandiri 6 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan program kerja (Proker) dengan menciptakan sebuah inovasi kemasan cemilan yang bernama “Knipo” bertempat di rumah Wana, desa Aromantai, pada Rabu (03/03). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) rumahan. Tak lupa mahasiswa KKN-P mengajak pemiliki usaha tetap mematuhi protokol kesehatan.
Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memasarkan produk agar dapat berkembang di masyarakat luas. Cemilan Knipo yang berbahan dasar singkong ini sudah berjalan sekitar 4 tahun. Bentuknya menyerupai dadu dan memiliki rasa gurih. Tekstur Knipo sedikit keras sehingga hanya sedikit yang berminat dengan cemilan tersebut. Tentunya inovasi baru yang dibuat oleh mahasiswa KKN-P Mandiri Umsida, kini cemilan Knipo dapat dimakan oleh berbagai usia.
Problematika yang diselesaikan yakni strategi dalam memasarkan produk cemilan Knipo. Apabila usaha rumahan tersebut dapat di tata dengan baik seperti strategi pemasaran yang benar, maka usaha dapat berkembang dan dikenal masyarakat luas. Untuk mengembangkan daya saing produk salah satunya yaitu memberikan inovasi kemasan pada cemilan Knipo. Tujuan memberikan kemasan baru adalah sebagai identitas produk serta meningkatkan daya tarik bagi pembeli. Selain itu, kemasan produk ini menjadi sarana promosi bagi konsumen, juga sebagai informasi dan komunikasi bagi konsumen.
Pemasaran produk dimulai dengan sesi foto produk cemilan Knipo, membuat desain stiker, mencetak stiker dan mengemas produk, serta mencantumkan no WA. Dalam membuat desain stiker, mahasiswa KKN-P Mandiri 6 Umsida mengubah nama menjadi cemilan “Knipo Ambyar”. Dengan merubah nama yang unik, maka konsumen akan lebih menarik. Tentunya dalam pelabelan tercantum rasa dari Knipo yaitu enak renyah dan gurih.
Pada pemilihan kemasan menggunakan jenis plastik klip dengan ukuran 18 cm x 20 cm. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pelanggan dalam membuka dan menutup kembali makanan. Tak lupa setelah kemasan produk siap, mahasiswa KKN-P Mandiri 6 Umsida mempromosikan ke akun publik seperti sosial media.
Pemilik Usaha Rumahan, Wana mengungkapkan rasa syukurnya terhadap inovasi yang dilakukan. “Saya mengucapkan terimakasih atas bimbingan yang telah mahasiswa KKN-P Umsida berikan. Sehingga hal ini menjadikan respon positif dari pelanggan, dan membuat UMKM mengalami kemajuan. Tentunya omsetpun ikut bertambah,” pungkasnya.
Penulis : Sri Wulan Dari
Editor : Anis Yusandita