Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/wp-content/plugins/og/includes/iworks/class-iworks-opengraph.php on line 331

KKN-T Students Arrange Online Marketing Strategies for SMEs of Entalsewu Village, Buduran.

[:id]umsida.ac.id – Desa Entalsewu memiliki berbagai jenis potensi yang dapat dikembangkan sebagai usaha ditingkat mikro, kecil maupun menengah. Beberapa diantaranya meliputi usaha pembuatan sepatu berbahan dasar kulit, usaha jamu, penghasil tempe, kerupuk, roti, jajan tradisional dan masih banyak lagi.

Namun ketika persaingan semakin ketat oleh kompetitor, pemilik usaha kurang mampu mengelola dan memasarkan produknya sehingga omset yang diterima  kurang maksimal dan cenderung stagnan. Oleh karena itu, KKNT Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2019 mengadakan sosialisasi bertema “Peningkatan Kualitas Manajemen Melalui Peningkatan Pelayanan dan Pemasaran Produksi Berbasis Online” dan Workshop pembuatan account toko online di marketplace oleh Tri Andika Cahya Putra dari jurusan PTI (Pendidikan Teknologi Informasi) yang juga team KKNT di Balai Desa pada Sabtu (14/9/2019).

Seluruh pelaku usaha, perangkat desa, anggota BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan anggota PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga) Entalsewu turut hadir dalam acara ini. Dosen Umsida, Bapak Ir Al Machfudz WDP MM, pemateri acara ini menjelaskan bahwa tujuan strategi digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk, hingga meningkatkan penjualan.”Ini perlu dilakukan secara bertahap, tidak bisa instan, atau tidak bisa ujug-ujug langsung berharap penjualan meningkat drastis. Tahapan pada strategi pemasaran online itu sendiri meliputi kesadaran merk, cara menarik minat konsumen, mendorong keputusan yang disampaikan melalui diskon penjualan, bonus, serta terakhir cara penjualan” ujar beliau.

Selain itu dipaparkan juga langkah-langkah dalam menyusun strategi pemasaran online diantaranya dengan cara menetapkan tujuan yang jelas. Misal, jumlah pemirsa yang dijangkau, jumlah keterlibatan di website dan sosial media, persentase peningkatan penjualan dan sebagainya.

Setelah itu mentukan alur perilaku yang diharapkan, menentukan saluran digital marketing yang tepat, menyiapkan halaman landas di website sebagai tujuan akhir untuk konversi penjualan, menyiapkan konten iklan yang menarik, menyiapkan konten artikel, membuat halaman di sosial media, fanpage, linkedin showcase, dan sebagainya. Mempublikasikan iklan secara terjadwal, dan melakukan interaksi di sosial media serta saluran komunikasi online yang tersedia.(hurum)[:en]umsida.ac.id – Entalsewu village has various types of potential that can be developed as micro, small and medium level businesses. Some of these include the business of making shoes made from leather, herbal medicine business, producing tempeh, crackers, bread, traditional snacks and much more.

However, when competition is getting tougher by competitors, business owners are less able to manage and market their products so that the turnover received is less than optimal and tends to stagnate. Therefore, the University of Muhammadiyah Sidoarjo 2019 KKNT held a socialization on the theme

“Improving the Quality of Management Through Improving Online-Based Production Marketing and Services” and Workshop on creating an online store account in the marketplace by Tri Andika Cahya Putra from the Department of PTI (Information Technology Education) who is also the KKNT team at the Village Hall on Saturday (9/14/2019) .

All business actors, village officials, BUMDes (Village-Owned Enterprises) members and Entalsewu PKK (Family Welfare Builder) participants attended this event. Umsida lecturer, Mr. Ir Al Machfudz WDP MM, presenters of the event explained that the purpose of digital marketing strategy is to increase brand awareness or increase brand sales. “This needs to be done in stages, cannot be instant, or cannot be directly direct. expect sales to increase dramatically. Stages on the online marketing strategy itself include brand awareness, how to attract consumers, encourage decisions delivered through sales discounts, bonuses, and finally how to sell “he said.

Besides that, it is also explained the steps in developing an online marketing strategy, including by setting clear goals. For example, the number of viewers reached, the number of engagements on the website and social media, the percentage increase in sales and so on.

After that, determine the expected behavior flow, determine the right digital marketing channel, prepare landing pages on the website as the final destination for sales conversions, prepare interesting ad content, prepare article content, create pages on social media, fanpage, linkedin showcase, etc. . Publish advertisements on a scheduled basis, and interact on social media and online communication channels available. (Hurum)[:]

Berita Terkini

Membanggakan 7 Dosen FAI Umsida Lolos Tim Pengusul Penelitian Risetmu Batch VIII
Membanggakan 7 Dosen FAI Umsida Lolos Tim Pengusul Penelitian RisetMu Batch VIII
December 12, 2024By
kerja sama Fikes Umsida dan Stikes Santa Elisabeth Keuskuoan Maumere
Sambut Hangat Fikes Umsida Terima Kerja Sama STIKes Santa Elisabeth Maumere, Kembangkan Ilmu Kesehatan
December 12, 2024By
FPIP Umsida Selenggarakan Lomba Tari Tradisional Bersama Mahasiswa Internasional
FPIP Umsida Buat Jembatan Budaya, Selenggarakan Lomba Tari Tradisional
December 6, 2024By
Tanwir dan Milad ke-112 Muhammadiyah, Ini 4 Alasan Angkat Tema Kemakmuran
December 4, 2024By
Hari Disabilitas Internasional, FAI Umsida Cetak Generasi Berjiwa Sosial Tinggi
Hari Disabilitas Internasional, FAI Umsida Cetak Generasi Berjiwa Sosial Tinggi
December 3, 2024By
karakter islami mahasiswa 1_11zon
Pentingnya Pendidikan Karakter Islami Bagi Mahasiswa
December 3, 2024By
kenaikan gaji guru
Prabowo Naikkan Gaji Guru Hingga Rp81,6 Triliun, Dosen Umsida Beri Tanggapan
December 2, 2024By
PKMU ibadah
Mengapa Ibadah Menjadi Hal Utama yang Wajib Dimiliki Mahasiswa?
December 1, 2024By

Riset & Inovasi

Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By
Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal
Inovasi Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal Otomatis 3 Dosen Umsida
September 8, 2024By
legalitas BUMDesa
Tim Abdimas Umsida Akan Urus 5 Legalitas BUMDesa di 2 Kabupaten Usai Bantu 2 Desa Ini
August 29, 2024By

Prestasi

riset dan abdimas Umsida meningkat 1
Riset dan Abdimas Umsida Meningkat, 65 Proposal Penelitian Lolos Program Risetmu 2024
December 11, 2024By
MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
Semangat Tanpa Batas, Tim MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
December 8, 2024By
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Video Kreatif Bahasa Arab di DLA Fair 2024
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Video Kreatif Bahasa Arab di DLA Fair 2024
December 1, 2024By
Dua Srikandi FAI Umsida Ini Berhasil Raih Juara di Kejurda Tapak Suci Jember
November 25, 2024By
flash card kodifikasi
Laboran MIK Umsida Buat 107 Flash Card untuk Permudah Mahasiswa Pelajari Kodifikasi
November 19, 2024By