Umsida.ac.id – Mahasiswa KKN Tangguh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan sosialisasi dan pendampingan cara pemasaran produk secara digital kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Sabtu (5/9). Program ini dilakukan mahasiswa kelompok 3 yang menjalankan KKN Daring di perumahan bluru permai RT 4 RW 14 sidoarjo yaitu Ifanda Reza Damasta. Sosialisasi dilakukan setelah sebelumnya para mahasiswa menggali informasi bahwa sejumlah pelaku UMKM di daerah tersebut mengalami penurunan omset penjualan selama pandemi Covid-19. Cara pemasaran produk secara digital dinilai menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut.
Ifanda Reza Damasta menyebut di masa pandemi Covid-19, sosialisasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung para pelaku UMKM.
Melihat adanya dampak yang dialami para pelaku usaha mikro kecil menengah. Mahasiswa KKN Umsida berupaya memberikan solusi, dengan memberikan sosialisasi cara pemasaran produk secara digital. “Kami memberikan informasi, arahan dan pelatihan, bagaimana para pelaku usaha UMKM bisa memasarkan produknya secara online,”ujarnya.
Adanya sosialisasi tersebut diharapkan dapat mendorong penjualan produk para pelaku usaha. Sehingga dapat menambah pemasukan dan lebih mengembangkan serta memajukan usaha industri rumahan dengan memanfaatkan teknologi terkini.
Ditulis : Ifanda Reza Damasta
Edit : Etik Siswati