• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa KKN Umsida Sosialisasikan Pembuatan Masker Secara Mandiri

Umsida.ac.id – Meski dalam masa transisi pandemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tetap melakukan program Kuliah kerja Nyata (KKN).

Deotama, salah satu mahasiswa KKN-T Umsida Kelompok 3 melakukan  penyuluhan cara membuat masker kain kepada UMKM di daerah Sawotratap, Gedangan, Sidoarjo, Senin (23/8)..

salah seorang pemilik UMKM sedang menjahit masker scuba

Menurut mahasiswa yang akrab dipanggil Tama ini masyarakat masih menganggp bahwa pemakaian masker bukan hal yang penting. “Lebih baik untuk membeli kebutuhan pokok ataupun kebutuhan sekunder. Padahal di masa pendemi ini, masker merupakan kebutuhan pokok saat berada diluar rumah,”jelasnya saat dihubungi tim web Umsida.ac.id via whatsapp.

Ia menambahkan jika masker yang dibuat tidak hanya membantu warga dalam mengurangi penyebaran covid-19, tapi juga sebagai sarana untuk membantu perekonomian warga sawotratap.

mahasiswa KKN-T Umsida bersama dengan pelaku UMKM dan masker buatan UMKM

Dalam melakukan penyuluhan, ia menjelaskan dengan menampilkan video yang berisi langkah-langkah pembuatan masker kain. Bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan masker kain yaitu kain scuba.

Kain yang digunakan untuk membuat masker ini berukuran 15 cm. Dalam pembuatan masker kain, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dalam pengerjaan satu masker. Setelah produk masker selesai, dilakukan pengemasan dalam plastik. Selanjutnya diedukasi tentang manfaat masker untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

*Etik Siswati

Leave a Reply