• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa PBI Raih Juara 3 Lomba Menulis Cerpen

Umsida.ac.id – Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (umsida) berhasil menorehkan prestasi di tingkat regional, Senin (12/11). Natasha Elanda, mahasiswa semester 3 baru saja meraih predikat juara 3 dalam lomba menulis cerpen. Lomba tersebut diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sabda Theatre Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Natasha mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka berhasil meraih juara. “Awalnya, saya tidak terlalu berharap karena ini adalah pengalaman saya pertama kali mengikuti lomba menulis cerpen. Alhamdulillah, bisa mengantongi juara pada akhirnya,” ujarnya saat diwawancarai jurnalis web umsida. Ia menambahkan lomba penulisan yang ia ikuti sebelumnya adalah penulisan lakon (naskah drama), “Saya sudah pernah mengikuti lomba penulisan selain cerpen tetapi sayangnya belum beruntung,” imbuhnya.

Lomba menulis cerpen tersebut dilaksanakan secara daring sejak awal Oktober lalu. Proses pendaftaran dan pengiriman karya dilakukan pada 12-27 Oktober. Kemudian juri menilai karya peserta pada 28-30 Oktober. Pemenang lomba penulisan cerpen diumumkan pada 10 November melalui meet up virtual zoom yang diikuti oleh seluruh peserta dan dapat diakses pada laman http://www.instagram.com/lomba_cerpen/.

Anggota UKM Teater Gedhek Umsida itu menceritakan proses menulis dan idenya. “Tidak membutuhkan waktu lama untuk memunculkan ide menulis bagi saya, untuk mengikuti lomba saya akan menyelaraskan tulisan saya dengan ketentuan dari panitia pelaksana, ” jelasnya. Untuk inspirasi tokoh dalam cerpen berjudul dengan judul Di Penghujung Senja ini  merupakan implementasi pribadi beserta tokoh di sekitar lingkungannya.

Melalui raihan prestasi ini, ia berharap semoga mampu memberikan motivasi serta semangat kepada mahasiswa umsida untuk terus berkarya meskipun dalam situasi pandemi.

ditulis : Angelia Firdaus

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply