• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Umsida Buat Inovasi Hand sanitizer Daun Pandan

Umsida.ac.id – Mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan kegiatan tentang cara pembuatan hand sanitizer daun pandan kepada warga Desa Betro, Sabtu (20/03). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat khusus nya Desa Betro mengetahui bagaimana cara pembuatan hand sanitizer yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus membeli di supermarket. Mengingat kasus covid 19 di Sidoarjo yang masih sangat tinggi, mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan inovasi baru dengan membuat hand sanitizer berbahan alami yaitu daun pandan.

Hand sanitizer merupakan benda yang paling dibutuhkan di masa pandemi, karena menggunakan hand sanitizer adalah salah satu pencegahan terhadap penyebaran virus covid-19. Bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer oleh Mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo adalah alkohol 70%, daun pandan dan juga air bersih. Manfaat daun pandan dalam pembuatan hand sanitizer ini adalah sebagai pewarna sekaligus penambah aroma dalam hand sanitizer ini.

Cara pembuatan nya pun sangat mudah, langkah pertama yang dilakukan adalah mencuci dan menghaluskan daun pandan dengan cara diblender setelah itu dicampurkan dengan air bersih. Kemudian daun pandan yang telah dicampur dengan air bersih disaring. Selanjut nya, pisahkan ampas dengan hasil saringannya tadi dan campurkan hasil saringan daun pandan dengan alcohol lalu aduk hingga merata. Kemudian masukkan ke dalam botol spray, dan hand sanitizer pun siap digunakan.

Dengan melakukan sosialisasi ini diharapkan warga Desa Betro dapat menekan penyebaran virus Covid-19 dan mengikuti anjuran pemerintah untuk lebih menjaga kebersihan diri sesuai protokol kesehatan. Membuat hand sanitizer sendiri membuat warga tidak perlu bolak balik pergi ke supermarket untuk membeli.

Penulis : Faizah Nur Kumala
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI