Mahasiswa Umsida Sulap Botol Bekas Menjadi Pot Tanaman

Mahasiswa Umsida Sulap Botol Bekas Menjadi Pot Tanaman

Umsida.ac.id– Mahasiswa Umsida Mengabdi (UmAd) kuatkan program Green School di SD Muhammadiyah 1 Krembung. UmAd merupakan salah satu dari delapan program Institutional Support System Merdeka Belajar Kampus Merdeka (ISS MBKM) Internal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang berada di bawah naungan Kemendikbud ristek. Kegiatan ini juga merupakan salah satu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap desa atau daerah.

Pembagian kelompok dalam program ini telah di atur dan ditempatkan oleh penanggung jawab program Umsida mengabdi menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Puspita Handayani SAg MPdI, atau yang akrab disapa bu Puspita.

“Penanggung jawab program Umsida mengabdi memplotting kelompok kami di Desa Lemujut. Dalam kegiatan ini kami berasal dari kelompok 5 yang beranggotakan 5 mahasiswa dari program studi yang berbeda, diantaranya adalah Ariyani Arief Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) dan Umyati (PG PAUD), Afifah Dzati Sa’diyah Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan M Arif NH (PBA) serta Siti Nur Aziza Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan DPL saya sendiri,” paparnya.

Untuk merealisasikan program green school di SD Muhammadiyah 1 Krembung. Kami menunjang dengan salah satu program kerja unggulan dari kelompok kami yakni mendaur ulang atau memanfaatkan kembali sampah bekas pakai seperti botol plastik untuk dijadikan sebagai pot tanaman gantung.

Namun sayangnya, pengelolaan sampah botol plastik saat ini masih belum optimal menurut pihak sekolah. Sehingga menjadi sebuah permasalahan lagi apabila sampah botol plastik sampai dibuang pada sembarang tempat.

Problem tersebut ditanggapi positif oleh mahasiswa Umsida. Karena, salah satu penanganan dalam mengatasi permasalahan sampah botol plastik kami mengajak siswa-siswi di SD Muhammadiyah 1 Krembung untuk mendaur ulang sampah botol plastik tersebut menjadi pot bunga gantung.

Sebelum memulai kegiatan pemanfaatan botol plastik bekas siswa diberikan edukasi, kemudian kami lanjutkan dengan memberikan informasi kepada siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Krembung untuk membawa sampah botol plastik dari rumah masing-masing. Setelah itu, siswa bisa mempraktikan secara langsung terkait cara pembuatan pot, yang dimulai dari proses pemotongan, pengecatan, pengeringan serta mendesain dengan sebuah gambar yang dituangkan pada botol bekas plastik tersebut. Kegiatan pemanfaatan sampah botol plastik bekas tersebut dilakukan pada hari Selasa (1/11/2022).

Proses pelaksanaan kegiatan tersebut disambut dengan antusias oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Krembung. Disamping kegiatan ini menarik, menyenangkan, dan bermanfaat. Kegiatan ini juga merupakan kali pertama nya dilakukan. Mendaur ulang sampah botol plastik menjadi pot tanaman ini dapat melatih keterampilan mereka untuk berkreasi, jika kegiatan ini ditekuni dan dikelola dengan baik tentu akan menghasilkan keuntungan. Dari hal tersebut tentu dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha sejak dini, dan yang paling penting adalah dapat menumbuhkan rasa peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan sejak dini.

Hasil dari kreativitas daur ulang ini nantinya akan dimanfaatkan di lingkungan SD Muhammadiyah 1 Krembung sendiri. Dan akan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman tanaman hias. Setelah itu, tanaman-tanaman tersebut nantinya akan digantung, diatur dan ditata dengan baik, sehingga dapat memberikan kesan menarik dan dapat memperindah halaman atau lingkungan sekolah di SD Muhammadiyah 1 Krembung.

DPL bu Puspita menyampaikan bahwa “tujuan program kerja yang sudah dilakukan oleh mahasiswa ini adalah dapat mengimplementasikan atau merealisasikan program green school di SD Muhammadiyah 1 Krembung dengan banyak manfaat yang akan diterima baik dari sisi lingkungan maupun menstimulasi kreativitas siswa disana,” tandasnya.

*Humas Umsida

Berita Terkini

proyek kemanusiaan Umsida
Umsida dan 22 Perguruan Tinggi di Indonesia Buat Proyek Kemanusiaan di Malaysia
May 21, 2024By
ISE IKOM 2024
Pemberangkatan ISE 2024 Diikuti Mahasiswa Umsida dan Mahasiswa Internasional
May 21, 2024By
Berkomitmen Mencegah Kekerasan Seksual, Umsida Bentuk Tim Satgas PPKS
Berkomitmen Mencegah Kekerasan Seksual, Umsida Bentuk Tim Satgas PPKS
May 20, 2024By
Jalankan MBKM Dengan Sukses, Umsida Isi Rangkaian Festival Merdeka Belajar
Jalankan MBKM Dengan Sukses, Umsida Isi Rangkaian Festival Merdeka Belajar
May 19, 2024By
Ini Benefit Jadi Mahasiswa PGSD Umsida
Ini Benefit Jadi Mahasiswa PGSD Umsida
May 18, 2024By
160 PTS Ikuti Klinik SPMI LLDikti 7 Jatim di Umsida
May 16, 2024By
pusat studi SDGs
Pusat Studi SDGs Umsida Gelar Studi Banding Perdana di 2 Kampus Sekaligus
May 16, 2024By
Dosen Umsida Bersama UMS Tingkatkan UMKM Kerupuk Samiler Pasuruan
Dosen Umsida Bersama UMS Tingkatkan UMKM Kerupuk Samiler Pasuruan
May 15, 2024By

Riset & Inovasi

Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By

Prestasi

Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By