• Alumni
  • Alumni

Perkenalkan Saham, Umsida Ajak Siswa SMKN 2 Buduran Belajar Investasi

Umsida.ac.id – Sebagai tujuan kunjungan pelajar, Galeri Bursa Efek Indonesia (BEI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memperkenalkan saham kepada siswa-siswi Perbankan SMKN 2 Buduran Sidoarjo, Kamis (16/1).

Bertempat di Galeri BEI Umsida GKB 2, para pelajar diajak belajar investasi pasar modal sejak dini.

Kepala galeri BEI Umsida, Muhammad Yani SE MM menjelaskan bahwa dengan membeli saham sama dengan memiliki hak atas perusahaan itu, “Kalo kita membeli saham, otomatis kita memiliki perusahaan tersebut, karena kita berinvestasi disitu, menanam modal disitu,” ungkapnya.

Menurut Yani, BEI Umsida berfungsi sebagai sarana pendaftaran rekening efek dan transaksi. Selain itu, di galeri juga menyediakan pelayanan untuk kegiatan riset ilmiah. “Jadi ketika mahasiswa, dosen, atau orang luar ingin mendapatkan data sekunder, bisa datang ke sini,” paparnya.

Lebih lanjut, Fitria Apriliawati SE, Staff BEI Umsida, menjelaskan bahwa ada dua keuntungan berinvestasi di pasar modal, “Yang pertama ada capital gain, merupakan keuntungan yang didapat dari selisih harga jual dan beli. Sedangkan dividen yaitu keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham setiap satu tahun sekali melalui RUPS,” jelasnya.

Menurut Fitri, cara memilih saham yang baik adalah dengan memilih perusahaan yang sudah LQ45. “Pilih saham yang LQ45, perusahaan yang likuiditasnya sudah tinggi. Jadi, ambil perusahaan yang benar-benar kita kenal produk dan jasanya,” terangnya.

“Seperti Telkom itu berbentuk layanan yang setiap hari kita pakai, dan produk yang sering di konsumsi contohnya seperti Indomie atau Indofood,” imbuhnya.

Jadi, lanjut Fitri, jika memutuskan untuk membeli saham, jangan bergantung pada satu perusahaan, “Kita harus ambil di beberapa perusahaan agar dapat meminimalisir risiko,” tandasnya.

Reporter : Erika Mulia Arsy

Editor : Iis Wulandari

Leave a Reply