• Alumni
  • Alumni

Prof Achmad Jainuri : Muhammadiyah Membawa Perubahan Modern di Berbagai Aspek Kehidupan

Umsida.ac.id – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, Prof Dr H Achmad Jainuri MA, ditunjuk sebagai pemateri Kajian Ramadhan pada hari kedua, yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Selasa (20/04).

Acara yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dan live Youtube @Umsida1912 menyuguhkan materi tentang Meningkatkan peran Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tinjauan dari Civic Education.

Peran Muhammadiyah selama lebih dari satu tahun abad telah membawa perubahan bagi umat baik di bidang keagamaan, sosial, politik, ekonomi, serta budaya. Berdasarkan pernyataan tersebut, Jainuri, sapaan akrabnya mengasumsikan bahwa dari dahulu masyarakat melihat bahwa islam hanya sholat, puasa, zakat, mengaji. “Selebihnya itu mereka menganggap bukan islam. Perlu dibenarkan bahwa islam itu sebenarnya rahmatan lil ‘alamin, yang mencakup seluruh kehidupan. Namun dalam prakteknya hanya terbatas pada masalah ibadah saja,” kata pria kelahiran Lamongan.

Muhammadiyah memiliki peran yang besar dalam rangka untuk mempraktekkan nilai – nilai ajaran islam di kehidupan sosial kemasyarakatan. Pria Lulusan University of Canada memberikan contoh yang dapat dilihat pada bidang pendidikan, kesehatan, pendampingan sosial, Muhammadiyah telah mempelopori.

Pendidikan telah memperkenalkan kepada masyarakat tentang ilmu sekuler, dimana ilmu yang mempelajari dunia. Dalam bidang budaya, peran Muhammadiyah telah membawa perubahan modern. “Orang berkemajuan itu memiliki ciri keterbukaan. Seperti para pedagang yang selalu menerima kritik dan saran dari masyarakat luar saat berdagang yang membuatnya terbuka,” ungkapnya.

Dalam identitas Muhammadiyah, Jainuri mengutip pada pasal 1 ayat 2. “Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang berasaskan Islam, bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah,” jelasnya. Ia melanjutkan identitas sebagai gerakan dakwah tetap memegang konsisten, meski dalam perjalanan terdapat dinamika dalam menerjemahkan dakwah.

Guru Besar UINSA ini mengatakan sebagai Peran Muhammadiyah memiliki misi utama dalam melakukan sebuah pergerakan. “Pertama, menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya. Kedua, menunjukkan sikap apresiasif dan kooperatif terhadap nilai budaya positif,” tandasnya.

Ia menambahkan Peran Muhammadiyah dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara dilakukan melalui program pilantropis seperti Pendidikan, Kesehatan, dan pendampingan sosial, LAZIZMU, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dan pemberdayaan masyarakat.

Penulis : Anis Yusandita

Edit : Asita Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Keberhasilan Puasa ala Dirut RSA Siti Fatimah
May 10, 2021
HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI