• Alumni
  • Alumni

Sosialisasi dan Pendampingan via Digital Marketing untuk Diversifikasi Olahan Singkong dari Kelompok 8 Tim KKN-T Umsida

Umsida.ac.id – Kegiatan pengabdian masyarakat yang digagas oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), dengan menerjunkan mahasiswa langsung di lapangan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di  Dusun Krembung utara RT.06 RW.03 , Ds. Krembung, Kec. Krembung , Kab. Sidoarjo.
“Di masa pandemi Covid-19, dampak yang dirasakan oleh masyarakat, pedagang dan pelaku UMKM yang ada di desa tersebut sangat terasa.” ujar Rendy Septyan Lesmana pada wawancara secara daring kepada jurnalis web Umsida, Senin (7/9).
Olahan singkong dapat diversifikasi menjadi ragam minuman dan snack yang lezat. saat wawancara berlangsung, Rendy sapaan akrabnya, memaparkan secara singkat proses pembuatan singkong menjadi tape. 
“Caranya adalah, setelah singkong dikupas dan di cuci bersih, dan direbus hingga setengah matang. Bila, sudah setengan matang di hamparkan dan ditaburi gula serta ragi lalu ditutup rapat. Tape singkong akan matang sempurna setelah 2 hari.” paparnya.
“Dengan dukungan dari Kelompok 8 Tim KKN-T Umsida ini, kami mencoba memberikan alternatif pemasaran yang kekinian”. imbuhnya. “Alternatif pemasaran yang dimaksudkan adalah pemasaran secara online atau digital marketing, agar para pedagang bisa lebih survive dengan kondisi apapun”. paparnya.
Rendy mengatakan, bahwa “Potensi dari olahan singkong ini dapat menjadi makanan yang bisa meningkatkan nilai ekonomis dan dapat menambah omzet serta laba.”. 
Dari sisi sosialisasi dan pendampingan tersebut, diharapkan banyak para pedagang dan pelaku UMKM dapat semakin kreatif dalam mengembangkan serta memasarkan produknya untuk memperoleh laba maksimal.” pungkasnya.

ditulis : Fiki Pamelasari

Edit : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI