strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan

Intip 3 Strategi Marketing untuk Mendapat Loyalitas Konsumen

Umsida.ac.id – Dalam pemasaran, perubahan yang cepat dalam dunia usaha dan persaingan yang intens menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dan mempertahankan keunggulan produk. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui strategi pemasaran, termasuk peluncuran produk baru dan menciptakan pengalaman atmosfer yang positif.

Dalam topik ini, Dra Lilik Indayani MM, dosen prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama mahasiswanya membuat penelitian berjudul Pengaruh Citra Merek, Atmosfer, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen. 

Baca juga: Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja: Media Tak Seberpengaruh Teman Sebaya

Penelitian ini berjenis kuantitatif dan menjadikan konsumen Heritage Of Handayani Sidoarjo sebagai populasi penelitian. Mereka adalah konsumen yang telah atau pernah membeli produk (makanan atau minuman) sebanyak lebih dari 2 kali dengan minimal usia 17 tahun.

Definisi loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen didefinisikan oleh sikap dan perilaku pelanggan, termasuk keinginan untuk membeli kembali, merekomendasikan produk, dan tidak tertarik pada produk pesaing. Loyalitas konsumen memberikan keuntungan bagi perusahaan, termasuk promosi yang efektif dan dukungan terhadap pengembangan posisi pasar dan lini produk.

Citra merek (brand image)
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Citra merek adalah sebuah merek yang berkesan dan muncul dalam ingatan konsumen. Merek diidentifikasi sebagai elemen yang membantu perusahaan mengembangkan posisi pasar dan memperluas lini produk. Merek memungkinkan konsumen memilih dan membedakan produk tanpa pemeriksaan teliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Beberapa hal yang membuat strategi brand image berhasil adalah:

  • Pengenalan melalui media sosial dan rekomendasi konsumen yang sering berkunjung menjadi salah satu metode pengenalan yang efektif..
  • Popularitas dalam menangani reservasi dengan baik.
  • Reputasi baik di masyarakat sebagai salah satu restoran keluarga terbaik di Sidoarjo.
  • Varian menu yang banyak, bervariasi, enak, dan harga terjangkau.
  • Tempat yang nyaman dan pelayanan yang baik.

Berkat penerapan brand image yang baik, Heritage Of Handayani di Sidoarjo berhasil membangun reputasi yang positif di kalangan konsumen. Konsumen cenderung setia berkunjung ke Heritage Of Handayani sebagai pilihan utama untuk berkumpul bersama keluarga atau rekan kerja.

Atmosfer
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Atmosfer merupakan konsep suasana yang dapat menarik minat konsumen dengan sasaran pasar yang tepat. Misalnya internal layout, suara, aroma, tekstur pada instore, desain interior, eksternal layout, tekstur, pada outstore, dan desain interior.

Baca juga: Stres? Coba Tadabbur Surat Al-Insyirah untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa

Dalam analisis tersebut, beberapa aspek atmosfer yang diterapkan dengan baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo antara lain:

  • Penggunaan tekstur atau dekorasi yang mencakup tata letak rooftop untuk menyajikan pemandangan gedung tinggi.
  • Internal layout atau variasi pada setiap ruangan dan tempat hiburan.
  • Lokasi yang strategis dengan lahan parkir luas dan aman.
  • Kemudahan penyewaan lantai satu untuk acara pernikahan atau keluarga.
  • Fasilitas yang memadai untuk acara seperti lift, tangga, dan roof terrace.
  • Hiburan live music untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Lihat Juga :  Wisudawan Berprestasi Ini Buat KTI Tentang Pentingnya Kualitas Air Bersih

Dengan demikian, penerapan atmosfer yang baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo memainkan peran penting dalam menciptakan loyalitas konsumen. Kombinasi dari faktor-faktor atmosfer seperti dekorasi, fasilitas, dan suasana menyenangkan, memberikan dampak positif terhadap pengalaman konsumen dan membuat mereka ingin kembali untuk menikmati layanan di Heritage Of Handayani.

Kepuasan pelanggan
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

kepuasan konsumen merupakan suatu persepsi perilaku konsumen tentang minat beli terhadap barang ataupun jasa yang manfaatnya dapat dirasakan serta dibandingkan dengan harapan yang diciptakan oleh konsumen

Kepuasan konsumen merupakan sebuah perasaan (feedback) pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa pada sebuah produk. Para konsumen tersebut bisa menciptakan word of mouth kepada calon konsumen lain dan tercipta citra merek. Nantinya, feedback pelanggan akan memunculkan keputusan pembelian pada perusahaan yang sama.

Baca juga: 3 Problematika Penggunaan Gadget pada Anak SD dalam Belajar Al-Qur’an

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berdampak positif terhadap loyalitas konsumen di Heritage Of Handayani di Sidoarjo. Beberapa faktornya meliputi:

  1. Ciptaan cita rasa dan menu yang bermacam-macam. Heritage Of Handayani berhasil menciptakan cita rasa yang khas dan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang enak, memenuhi selera konsumen dari berbagai kalangan usia.
  2. Pemahaman terhadap selera konsumen. Heritage Of Handayani memahami dengan baik selera konsumen dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini tercermin dari variasi menu makanan yang disajikan.
  3. Kenyamanan tempat dan fasilitas yang menarik. Kenyamanan tempat, suasana fancy, dan adanya rooftop yang menarik menjadi faktor penting yang menyumbang pada kepuasan konsumen. Fasilitas seperti karaoke juga menambah nilai positif.
  4. Pelayanan cepat, ramah, dan profesional. Pelayanan yang cepat, ramah, dan profesional memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menciptakan pengalaman positif selama kunjungan.
  5. Rekomendasi Positif dari Konsumen. Kepuasan konsumen di Heritage Of Handayani menghasilkan efek positif berupa rekomendasi kepada teman dan kerabat. Ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan potensial.

Dengan menjaga kualitas ciptaan cita rasa, variasi menu, kenyamanan tempat, dan pelayanan yang baik, Heritage Of Handayani dapat terus mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumennya. Rekomendasi positif dari konsumen juga dapat menjadi aset berharga untuk pertumbuhan bisnis.

Sumber: Dra Lilik Indayani MM

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

PLP Umsida di NTT
Mahasiswa PLP 1 Umsida Gunakan Media Belajar Quiziz untuk Siswa di Pelosok Timur
May 14, 2025By
Kebijakan Prof Mu'ti untuk guru
Hadir di Umsida, Prof Mu’ti Jelaskan 5 Kebijakannya untuk Meningkatkan Kualitas Guru
May 10, 2025By
program studi baru Umsida3
Mendikdasmen Luncurkan 2 Program Studi Baru Umsida, Siap Bantu Pemerintah dalam Mencerdaskan Bangsa
May 10, 2025By
KWU Fest 2025_
KWU Fest 2025, Bentuk Generasi Wirausaha Tangguh di Era Industri 4.0
May 4, 2025By
halbil PWM Jawa Timur 2
Jadi Tuan Rumah Halalbihalal PWM Jawa Timur, Umsida Luncurkan UCS
April 26, 2025By
Dr Alfan lulusa S3 cum laude
Dr Alfan Selesaikan Studi S3 dengan Predikat Cum Laude di Tengah Tugas Struktural
April 24, 2025By
Fakultas Kedokteran UMMAT dan Umsida
Fakultas Kedokteran Lahir Beriringan, UMMAT Berkunjung ke Umsida
April 23, 2025By
strategi branding lembaga oleh Umsida
Kasi Branding Umsida Beri Tips Branding Lembaga Pendidikan di Era Digital
April 23, 2025By

Riset & Inovasi

Lupa Kata Saat Pidato Bahasa Inggris? Dosen Umsida Kini Punya Strategi Circumlocution
Lupa Kata Saat Pidato Bahasa Inggris? Dosen Umsida Kini Punya Strategi Circumlocution
May 9, 2025By
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
SAMR Jadi Andalan Umsida Cetak Guru Milenial yang Siap Hadapi Dunia Pendidikan Digital
May 2, 2025By
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
Kanker Serviks Bisa Dicegah Lebih Dini, Jangan Abaikan!
April 19, 2025By
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
Trichoderma, Penyelamat Tembakau dari Serangan Layu Bakteri
April 16, 2025By
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
Tennis Elbow Bukan Lagi Momok, Fikes Umsida Punya Solusinya!
April 14, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By