strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan

Intip 3 Strategi Marketing untuk Mendapat Loyalitas Konsumen

Umsida.ac.id – Dalam pemasaran, perubahan yang cepat dalam dunia usaha dan persaingan yang intens menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dan mempertahankan keunggulan produk. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui strategi pemasaran, termasuk peluncuran produk baru dan menciptakan pengalaman atmosfer yang positif.

Dalam topik ini, Dra Lilik Indayani MM, dosen prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama mahasiswanya membuat penelitian berjudul Pengaruh Citra Merek, Atmosfer, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen. 

Baca juga: Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja: Media Tak Seberpengaruh Teman Sebaya

Penelitian ini berjenis kuantitatif dan menjadikan konsumen Heritage Of Handayani Sidoarjo sebagai populasi penelitian. Mereka adalah konsumen yang telah atau pernah membeli produk (makanan atau minuman) sebanyak lebih dari 2 kali dengan minimal usia 17 tahun.

Definisi loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen didefinisikan oleh sikap dan perilaku pelanggan, termasuk keinginan untuk membeli kembali, merekomendasikan produk, dan tidak tertarik pada produk pesaing. Loyalitas konsumen memberikan keuntungan bagi perusahaan, termasuk promosi yang efektif dan dukungan terhadap pengembangan posisi pasar dan lini produk.

Citra merek (brand image)
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Citra merek adalah sebuah merek yang berkesan dan muncul dalam ingatan konsumen. Merek diidentifikasi sebagai elemen yang membantu perusahaan mengembangkan posisi pasar dan memperluas lini produk. Merek memungkinkan konsumen memilih dan membedakan produk tanpa pemeriksaan teliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Beberapa hal yang membuat strategi brand image berhasil adalah:

  • Pengenalan melalui media sosial dan rekomendasi konsumen yang sering berkunjung menjadi salah satu metode pengenalan yang efektif..
  • Popularitas dalam menangani reservasi dengan baik.
  • Reputasi baik di masyarakat sebagai salah satu restoran keluarga terbaik di Sidoarjo.
  • Varian menu yang banyak, bervariasi, enak, dan harga terjangkau.
  • Tempat yang nyaman dan pelayanan yang baik.

Berkat penerapan brand image yang baik, Heritage Of Handayani di Sidoarjo berhasil membangun reputasi yang positif di kalangan konsumen. Konsumen cenderung setia berkunjung ke Heritage Of Handayani sebagai pilihan utama untuk berkumpul bersama keluarga atau rekan kerja.

Atmosfer
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Atmosfer merupakan konsep suasana yang dapat menarik minat konsumen dengan sasaran pasar yang tepat. Misalnya internal layout, suara, aroma, tekstur pada instore, desain interior, eksternal layout, tekstur, pada outstore, dan desain interior.

Baca juga: Stres? Coba Tadabbur Surat Al-Insyirah untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa

Dalam analisis tersebut, beberapa aspek atmosfer yang diterapkan dengan baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo antara lain:

  • Penggunaan tekstur atau dekorasi yang mencakup tata letak rooftop untuk menyajikan pemandangan gedung tinggi.
  • Internal layout atau variasi pada setiap ruangan dan tempat hiburan.
  • Lokasi yang strategis dengan lahan parkir luas dan aman.
  • Kemudahan penyewaan lantai satu untuk acara pernikahan atau keluarga.
  • Fasilitas yang memadai untuk acara seperti lift, tangga, dan roof terrace.
  • Hiburan live music untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Lihat Juga :  Apresiasi Wakil Ketua PWM Jawa Timur Kepada Wisudawan Umsida 2023

Dengan demikian, penerapan atmosfer yang baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo memainkan peran penting dalam menciptakan loyalitas konsumen. Kombinasi dari faktor-faktor atmosfer seperti dekorasi, fasilitas, dan suasana menyenangkan, memberikan dampak positif terhadap pengalaman konsumen dan membuat mereka ingin kembali untuk menikmati layanan di Heritage Of Handayani.

Kepuasan pelanggan
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

kepuasan konsumen merupakan suatu persepsi perilaku konsumen tentang minat beli terhadap barang ataupun jasa yang manfaatnya dapat dirasakan serta dibandingkan dengan harapan yang diciptakan oleh konsumen

Kepuasan konsumen merupakan sebuah perasaan (feedback) pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa pada sebuah produk. Para konsumen tersebut bisa menciptakan word of mouth kepada calon konsumen lain dan tercipta citra merek. Nantinya, feedback pelanggan akan memunculkan keputusan pembelian pada perusahaan yang sama.

Baca juga: 3 Problematika Penggunaan Gadget pada Anak SD dalam Belajar Al-Qur’an

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berdampak positif terhadap loyalitas konsumen di Heritage Of Handayani di Sidoarjo. Beberapa faktornya meliputi:

  1. Ciptaan cita rasa dan menu yang bermacam-macam. Heritage Of Handayani berhasil menciptakan cita rasa yang khas dan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang enak, memenuhi selera konsumen dari berbagai kalangan usia.
  2. Pemahaman terhadap selera konsumen. Heritage Of Handayani memahami dengan baik selera konsumen dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini tercermin dari variasi menu makanan yang disajikan.
  3. Kenyamanan tempat dan fasilitas yang menarik. Kenyamanan tempat, suasana fancy, dan adanya rooftop yang menarik menjadi faktor penting yang menyumbang pada kepuasan konsumen. Fasilitas seperti karaoke juga menambah nilai positif.
  4. Pelayanan cepat, ramah, dan profesional. Pelayanan yang cepat, ramah, dan profesional memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menciptakan pengalaman positif selama kunjungan.
  5. Rekomendasi Positif dari Konsumen. Kepuasan konsumen di Heritage Of Handayani menghasilkan efek positif berupa rekomendasi kepada teman dan kerabat. Ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan potensial.

Dengan menjaga kualitas ciptaan cita rasa, variasi menu, kenyamanan tempat, dan pelayanan yang baik, Heritage Of Handayani dapat terus mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumennya. Rekomendasi positif dari konsumen juga dapat menjadi aset berharga untuk pertumbuhan bisnis.

Sumber: Dra Lilik Indayani MM

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

SMP Muhammadiyah Plus Salatiga ke Umsida 3
SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Ajak Siswa Baru Kunjungi Umsida
July 18, 2025By
penerimaan mahasiswa baru Umsida 4
Belajar Tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, Unida Kunjungi Umsida
July 17, 2025By
green campus Umsida
Wujudkan Green Campus, Umsida Integrasikan Konsep Keberlanjutan dalam Setiap Aspek Pendidikan
July 17, 2025By
pelatihan koding dan kecerdasan artifisial 3
Gelar Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial, FPIP dan FST Umsida Latih 144 Sekolah
July 15, 2025By
yudisium FST Umsida 2025 4
FST Umsida Kukuhkan 258 Mahasiswa Lulus Yudisium 2025
July 14, 2025By
factory visit Psikologi Umsida.png
Factory Visit ke Industri Legendaris, Mahasiswa Psikologi Umsida Kupas Sistem SDM dan Budaya Kerja
July 14, 2025By
film dokumenter Ikom Umsida
Comfis #8 Tampilkan Karya Film Dokumenter dan Pameran Foto Sinematik Mahasiswa Ikom Umsida
July 13, 2025By
Unimerz belajar di FK Umsida 2
FK Umsida Jadi Rujukan Unimerz dalam Rencana Pembukaan Fakultas Kedokteran
July 11, 2025By

Riset & Inovasi

riset dan inovasi DRPM Umsida
Umsida Kembangkan Riset dan Inovasi Melalui Seminar, Pameran, dan Diseminasi dengan 3 Kampus
July 16, 2025By
pengganti agregat kasar Teknik Sipil Umsida 2
Ragam Inovasi Pengganti Agregat Kasar dari Teknik Sipil Umsida, Siap Diterapkan ke Lapangan
July 13, 2025By
civil day 2025
Civil Day 2025, Ajang Mahasiswa Teknik SIpil Tunjukkan Inovasinya
July 9, 2025By
pentingnya keamanan pangan 1
Ajak Melek Literasi Keamanan Pangan, Warek 1 Umsida Andil di Pendampingan PSAT
June 30, 2025By
pemeriksaan gigi 1
Gelar Pemeriksaan Gigi Bumil, FKG Umsida Edukasi 22 Ibu untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
June 24, 2025By

Prestasi

Ikom Umsida juara Silat Apik
Tak Hanya Delegasi Mahasiswa, Ikom Umsida Juga Raih 2 Juara Ini di SILAT APIK PTMA 2025
July 4, 2025By
ikom Umsida potret masyarakat Cirebon
Potret Masyarakat Cirebon dalam Audio Visual, 4 Mahasiswa Ikom Borong Prestasi Silat Apik 2025
July 3, 2025By
ikom Umsida silat apik 3
Ikom Umsida Borong 11 Prestasi di Silat Apik UM Cirebon 2025
July 2, 2025By
Umsida Kampus Islami Terbaik III_11zon
Umsida Jadi Kampus Islami Terbaik III pada Muhammadiyah Higher Education Awards 2025
June 30, 2025By
mahasiswa Administrasi Publik Umsida
Mahasiswa Administrasi Publik Juara 1 Kumite +84 Kg Senior Putra Piala Guberur Jatim Cup
June 28, 2025By