strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan

Intip 3 Strategi Marketing untuk Mendapat Loyalitas Konsumen

Umsida.ac.id – Dalam pemasaran, perubahan yang cepat dalam dunia usaha dan persaingan yang intens menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dan mempertahankan keunggulan produk. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui strategi pemasaran, termasuk peluncuran produk baru dan menciptakan pengalaman atmosfer yang positif.

Dalam topik ini, Dra Lilik Indayani MM, dosen prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama mahasiswanya membuat penelitian berjudul Pengaruh Citra Merek, Atmosfer, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen. 

Baca juga: Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja: Media Tak Seberpengaruh Teman Sebaya

Penelitian ini berjenis kuantitatif dan menjadikan konsumen Heritage Of Handayani Sidoarjo sebagai populasi penelitian. Mereka adalah konsumen yang telah atau pernah membeli produk (makanan atau minuman) sebanyak lebih dari 2 kali dengan minimal usia 17 tahun.

Definisi loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen didefinisikan oleh sikap dan perilaku pelanggan, termasuk keinginan untuk membeli kembali, merekomendasikan produk, dan tidak tertarik pada produk pesaing. Loyalitas konsumen memberikan keuntungan bagi perusahaan, termasuk promosi yang efektif dan dukungan terhadap pengembangan posisi pasar dan lini produk.

Citra merek (brand image)
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Citra merek adalah sebuah merek yang berkesan dan muncul dalam ingatan konsumen. Merek diidentifikasi sebagai elemen yang membantu perusahaan mengembangkan posisi pasar dan memperluas lini produk. Merek memungkinkan konsumen memilih dan membedakan produk tanpa pemeriksaan teliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Beberapa hal yang membuat strategi brand image berhasil adalah:

  • Pengenalan melalui media sosial dan rekomendasi konsumen yang sering berkunjung menjadi salah satu metode pengenalan yang efektif..
  • Popularitas dalam menangani reservasi dengan baik.
  • Reputasi baik di masyarakat sebagai salah satu restoran keluarga terbaik di Sidoarjo.
  • Varian menu yang banyak, bervariasi, enak, dan harga terjangkau.
  • Tempat yang nyaman dan pelayanan yang baik.

Berkat penerapan brand image yang baik, Heritage Of Handayani di Sidoarjo berhasil membangun reputasi yang positif di kalangan konsumen. Konsumen cenderung setia berkunjung ke Heritage Of Handayani sebagai pilihan utama untuk berkumpul bersama keluarga atau rekan kerja.

Atmosfer
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Atmosfer merupakan konsep suasana yang dapat menarik minat konsumen dengan sasaran pasar yang tepat. Misalnya internal layout, suara, aroma, tekstur pada instore, desain interior, eksternal layout, tekstur, pada outstore, dan desain interior.

Baca juga: Stres? Coba Tadabbur Surat Al-Insyirah untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa

Dalam analisis tersebut, beberapa aspek atmosfer yang diterapkan dengan baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo antara lain:

  • Penggunaan tekstur atau dekorasi yang mencakup tata letak rooftop untuk menyajikan pemandangan gedung tinggi.
  • Internal layout atau variasi pada setiap ruangan dan tempat hiburan.
  • Lokasi yang strategis dengan lahan parkir luas dan aman.
  • Kemudahan penyewaan lantai satu untuk acara pernikahan atau keluarga.
  • Fasilitas yang memadai untuk acara seperti lift, tangga, dan roof terrace.
  • Hiburan live music untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Lihat Juga :  Kolaborasi Ciptakan Pendidikan Berkualitas, Mahasiswa KKN-P Umsida dan SD Sentul 1 Bersatu

Dengan demikian, penerapan atmosfer yang baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo memainkan peran penting dalam menciptakan loyalitas konsumen. Kombinasi dari faktor-faktor atmosfer seperti dekorasi, fasilitas, dan suasana menyenangkan, memberikan dampak positif terhadap pengalaman konsumen dan membuat mereka ingin kembali untuk menikmati layanan di Heritage Of Handayani.

Kepuasan pelanggan
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

kepuasan konsumen merupakan suatu persepsi perilaku konsumen tentang minat beli terhadap barang ataupun jasa yang manfaatnya dapat dirasakan serta dibandingkan dengan harapan yang diciptakan oleh konsumen

Kepuasan konsumen merupakan sebuah perasaan (feedback) pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa pada sebuah produk. Para konsumen tersebut bisa menciptakan word of mouth kepada calon konsumen lain dan tercipta citra merek. Nantinya, feedback pelanggan akan memunculkan keputusan pembelian pada perusahaan yang sama.

Baca juga: 3 Problematika Penggunaan Gadget pada Anak SD dalam Belajar Al-Qur’an

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berdampak positif terhadap loyalitas konsumen di Heritage Of Handayani di Sidoarjo. Beberapa faktornya meliputi:

  1. Ciptaan cita rasa dan menu yang bermacam-macam. Heritage Of Handayani berhasil menciptakan cita rasa yang khas dan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang enak, memenuhi selera konsumen dari berbagai kalangan usia.
  2. Pemahaman terhadap selera konsumen. Heritage Of Handayani memahami dengan baik selera konsumen dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini tercermin dari variasi menu makanan yang disajikan.
  3. Kenyamanan tempat dan fasilitas yang menarik. Kenyamanan tempat, suasana fancy, dan adanya rooftop yang menarik menjadi faktor penting yang menyumbang pada kepuasan konsumen. Fasilitas seperti karaoke juga menambah nilai positif.
  4. Pelayanan cepat, ramah, dan profesional. Pelayanan yang cepat, ramah, dan profesional memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menciptakan pengalaman positif selama kunjungan.
  5. Rekomendasi Positif dari Konsumen. Kepuasan konsumen di Heritage Of Handayani menghasilkan efek positif berupa rekomendasi kepada teman dan kerabat. Ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan potensial.

Dengan menjaga kualitas ciptaan cita rasa, variasi menu, kenyamanan tempat, dan pelayanan yang baik, Heritage Of Handayani dapat terus mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumennya. Rekomendasi positif dari konsumen juga dapat menjadi aset berharga untuk pertumbuhan bisnis.

Sumber: Dra Lilik Indayani MM

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Company Visit UKM KWU Umsida
Gelar Company Visit ke Industri Madu, UKM KWU Umsida Gali Banyak Ilmu Wirausaha
June 3, 2025By
sertifikat halal Perumda Delta Tirta
Perumda Delta Tirta Sidoarjo Kini Miliki Sertifikat Halal, Didampingi Oleh Halal Center Umsida
May 24, 2025By
kedokteran gigi andil di Kongres PDGI ke 28
Dosen dan Mahasiswa Kedokteran Gigi Umsida Meriahkan Kongres PDGI ke-28
May 23, 2025By
podcast kebijakan publik Umsida dan LHKP PWM Jatim
Podcast Literasi Kebijakan Publik, Sarana Strategis Umsida dan LHKP PWM Jatim Edukasi Masyarakat
May 22, 2025By
HIMPAUDI Jatim dan Umsida _11zon
HIMPAUDI Jatim Jalin Kerja Sama dengan Umsida, Tingkatkan Kualifikasi Guru PAUD
May 22, 2025By
penyerahan SK jabatan struktural fakultas dan prodi
Serahkan SK Jabatan Tingkat Fakultas dan Prodi Periode 2025-2027, Ini Pesan Rektor Umsida
May 21, 2025By
kerja sama Umsida dan DPD GRANAT Jatim2
Kerja Sama dengan DPD GRANAT Jatim, Cara Umsida Selamatkan Generasi Muda dari Narkoba
May 16, 2025By
PLP Umsida di NTT
Mahasiswa PLP 1 Umsida Gunakan Media Belajar Quiziz untuk Siswa di Pelosok Timur
May 14, 2025By

Riset & Inovasi

Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
June 3, 2025By
UMKM ikan Rangkah Kidul3
Dosen Umsida Dampingi UMKM Ikan Desa Rangkah Kidul yang Masih Terdampak Covid 19
June 1, 2025By
pendampingan bumdes Desa Jatiarjo3
Tingkatkan Ekonomi Desa Jatiarjo, Tim Abdimas Umsida Implementasikan SDGs 8
May 31, 2025By
inovasi biochar manfaatkan lumpur lapindo
Wujudkan SDGs 15 dan Manfaatkan Lumpur Lapindo, Dosen Umsida Buat Biochar Tongkol Jagung
May 30, 2025By
abdimas pengolahan sampah_11zon
Ajarkan Pengolahan Sampah Kepada Masyarakat, Dosen Umsida Wujudkan SDGs-13
May 28, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By