• Alumni
  • Alumni

Tahapan Belajar Membaca Dan Penilaian Membaca Untuk Guru Dibeberkan Oleh INOVASI Jawa Timur

Umsida.ac.id – INOVASI hadir dalam Webinar Nasional “Literasi Digital Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan Selama Pandemi Covid-19”. Webinar ini diadakan oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Pengetahuan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Rabu (24/03). Para pemateri yang berasal dari INOVASI adalah Jugriyanto dan Agus Prihantoro.

Dalam webinar tersebut, Jugriyanto merupakan pemateri pertama yang menyampaikan materi. Ia mengatakan mengajar anak membaca harus dimulai dari hal yang sederhana terlebih dahulu. “Guru juga perlu kita ajak untuk bagaimana mengajar anak membaca dari hal yang konkrit dan sederhana menuju ke yang abstrak dan lebih mendalam,” tuturnya.

Ia juga memaparkan dalam tahapan belajar ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai. Yang pertama adalah mendengar atau menyimak, kemudian berbicara, lalu dilanjutkan dengan membaca dan setelah itu menulis. Ia mengatakan “Mendengar / menyimak dan membaca itu proses menerima, sedangkan berbicara dan menulis adalah proses produktif yakni anak memproduksi informasi, wawasan dan pemikiran”.

Menurut Jugriyanto, terkadang guru tidak memahami kalau si anak belajar dengan cara menyimak bibir guru nya. “Anak menyimak bibir guru nya, kemudian anak mencoba mengikuti kata yang kita ucapkan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan tahap-tahap perkembangan dalam membaca. Pada bayi dan balita, masih dalam tahap kesadaran dan eksplorasi. Ketika memasuki usia TK atau PAUD yakni usia dibawah 4-5 tahun, anak berada dalam tahap mencoba dan bereksperimen. “Si anak mencoba-coba, membaca koran meskipun koran nya terbalik dia baca aja sesuai imajinasi nya,” imbuhnya.

Pada saat anak berada di bangku SD kelas 2-3, mereka akan membaca transisi, maksudnya adalah si anak harus mahir atau tuntas membacanya. Ketika mereka di kelas 4 keatas, mereka membaca untuk belajar. “Anak akan memahami apa yang ia baca ketika ia berada di kelas 4 keatas,” ungkapnya.

Sementara itu, Agus Prihantoro juga menyampaikan materi yang sama yakni seputar membaca. Menurut nya, kemampuan membaca harus diajarkan sedini mungkin agar anak tidak mengalami kesulitan di level selanjutnya. Tahapan pada penilaian membaca itu sendiri dilihat dari 3 hal yakni cara anak membunyikan huruf, membaca kata dan memahami apa yang anak baca. Ia pun memperkenalkan teknologi yang mendukung penilaian dalam membaca yakni Kobocollect yang dapat diunduh pada PlayStore di gawai masing-masing.

Penulis : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI