Tim Dosen Umsida Lakukan Pendampingan Usaha Kelompok Nasyiah sidoarjo

Umsida.ac.id –  Tim dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mendukung kelompok usaha Nasyiah Sidoarjo dalam mengoptimalkan penggunaan media digital sebagai media pemasaran produk, Jumat (17/12).

Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur mempunyai suatu kegiatan positif yang dipelopori oleh departemen ekonomi dan sosial tersebut meliputi pembentukan kelompok usaha Nasyiah Sidoarjo untuk mengakomodir kader Nasyiah yang memiliki usaha khususnya dibidang makan dan minuman. Sayangnya ada beberapa permasalahan yang mereka hadapi diantaranya belum mengoptimalkan penggunaan media digital sebagai media pemasaran produk, dan belum melakukan pengelolaan keuangan yang memadai.

Oleh sebab itu, Tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bermitra dengan PDNA Sidoarjo telah melakukan beberapa program kegiatan yaitu: melalui kelompok usaha nasyiah dilakukan peningkatan produktivitas kegiatan ekonomi bagi kader nasyiah  melalui berbagai pemberdayaan yakni inovasi branding produk, pelatihan digital marketing; pendampingan penggunaan aplikasi akuntansi UKM untuk keuangan usaha yang telah di mulai diari pertengahan bulan Agustus 2021.

Tim  terdiri dari Nur Ravita Hanun SE MA, Dr Hadiah Fitriyah SE M Si dan Muhammad Yani SE MM. Dr Hadiah Fitriyah SE M Si  melakukan pendampingan branding dan packaging, Muhammad Yani SE MM di bagian digital marketing dan Nur Ravita Hanun SE MA untuk pengelolaan keuangan usaha.

Pelaku usaha kelompok Nasyiah ini sudah cukup banyak yang jalan. Namun masih perlu dikembangkan, antara lain dengan membuat packaging yang menarik, penguatan cita rasa produk, menggunakan teknologi digital untuk memperluas pasar yang besar dan pencatatan keuangan usaha.

Selain itu, perlu adanya pengetahuan yang membuat usaha konsisten dan berkelanjutan. Hal yang perlu diketahui ialah mencari peluang usaha, mengerti strategi pemasaran, mengetahui target pemasaran,  memahami tentang strategi branding produk yang lebih berkualitas dan menarik.

Dalam branding suatu produk, banyak aspek yang harus diperhatikan. Misalnya dari segi kemasan, membuat logo yang jelas dengan desain yang unik mudah dikenali dan diingat. Kemudian ukuran paket diseimbangkan dengan isi agar tidak terlalu banyak ruang kosong. Serta kemasan yang digunakan untuk branding harus unik, mengikuti perkembangan zaman dan ramah lingkungan.

Selain penampilan produk, kualitas juga harus teruji. Karena itu untuk produk makanan dan minuman, memberi contoh ke orang lain untuk dicicipi juga penting. Karena secara tidak langsung proses branding itu sudah berjalan. Hal itu termasuk bagian dari promosi. Contoh yang dapat dilakukan ialah aksi Jumat berkah yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi produk, meski mungkin awalnya dengan niat bersedekah tetapi itu awal dari ketertarikan konsumen.

Tim Abdimas Umsida ini  juga  memberikan tips mengelola keuangan dengan sistematis dan mudah bagi pemula. Terbukti dengan terbentuknya Aplikasi UKM yang dibuat oleh Dosen Umsida ini telah diunduh & digunakan lebih dari 10.000 tim  UMKM. Dalam aplikasi ini kelompok usaha  dapat mengetahui dengan cepat laba-rugi usaha, laporan  keuangan,dan aplikasi ini free.

Pendampingan ini tidak berhenti sampai disini. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan Pendampingan yang dilakukan, Pendampingan selanjutnya  akan berfokus  mendorong pelaku usaha Nasiyah untuk mendaftarkan produknya ke Dinas Kesehatan agar memperoleh ijin P-IRT. Sehingga akan semakin menguatkan citra merek,terjaminnya keamanan pangan produk, hingga memperluas pemasaran. Selain itu mitra juga akan di arahkan untuk melakukan ikrar Halal. Halal Center Umsida siap mengakomodir ikrar halal yang akan dilakukan oleh Kelompok Usaha Nasyiah maupun UMKM – UMKM yang ada di Sidoarjo.

 

 

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

mahasiswa lolos 3 pendanaan besar
3 Pendanaan Besar Antarkan Mahasiswa Ini Jadi Wisudawan Berprestasi
November 22, 2025By
pesan menyentuh wisudawan
Dari Jerih Payah Sang Bunda, Tumbuh Wisudawan Umsida yang Pantang Menyerah
November 17, 2025By
Riset dan Abdimas Umsida raih klaster mandiri
Riset dan Abdimas Umsida Masuk Klaster Tertinggi Perguruan Tinggi Nasional 2026
November 13, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By