• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P 69 Ajak Masyarakat Gemari Lewat Nugget Lele

Umsida.ac.id- Didukung oleh banyaknya peternak lele di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto membuat mahasiswa Tim KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) 69 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berinisiatif membuat olahan nugget lele. Ide ini langsung dikenalkan lewat pelatihan pembuatan nugget lele di Balai Dusun Glatik, Desa Watesnegoro, Kamis (25/3).

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh ketua kelompok ibu PKK, Enik Julaenik beserta anggotanya, Ibu Carik Desa Watesnegoro, ibu-ibu kelompok arisan dan karang taruna setempat. Tidak lupa, Tim KKN-P 69 juga mengundang peternak lele yang nantinya akan menjadi suplier bahan baku utama pembuatan nugget lele.

Tim KKN-P 69 melihat cukup banyak peternak lele di Desa Watesnegoro sebagai potensi untuk dijadikan berbagai produk yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Seperti nungget lele, nungget lele merupakan produk dari olahan jenis makanan awetan dari daging yang termasuk ke dalam makanan ringan dan lauk siap saji.

Pengolahan nugget lele sebagai alternatif sekaligus solusi untuk mengatasi nafsu makan yang rendah terhadap makanan yang berprotein seperti ikan khususnya lele, terlebih di era pandemi ini yang menuntut kita untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi sebagai penambah imunitas.

Tidak hanya itu, kreatifitas masyarakat dalam mengolah olahan makanan dari ikan lele merupakan sebuah ilmu pengetahuan baru yang dapat dikembangkan seterusnya dalam lingkup rumah tangga. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyaraka desa.

Dalam kegiatan pelatihan, para undangan tampak sangat antusias dalam megikuti pelatihan, bahkan ada yang sengaja merekam untuk dipraktikkan secara langsung di rumah. Tim KKN-P 69 juga membawa nungget siap makan yang sudah dibuat beberapa hari lalu untuk dijadikan testimoni.

Berbagai respon baik diterima oleh Tim KKN-P 69 Umsida. “Terimakasih banyak kepada adik-adik yang telah menemukan inovai baru untuk kami ibu-ibu yang memang selama ini kesusahan untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat dan bergizi untuk buah hati,” ucap Ibu Carik Desa Watesnegoro.

“Rasanya enak, tidak terasa seperti lele, dan juga tidak anyir,” tutur salah satu undangan.

“Masih muda tapi sudah berfikir untuk berwirausaha, apresiasi yang tinggi untuk adik-adik kkn umsida,” imbuh Ibu Ketua PKK sekaligus Ibu Lurah Desa Watesnegoro.

Setelah kegiatan pelatihan usai, kegiatan ditutup dengan do’a. “Tidak banyak harapan dari kami, namun sebagai pemuda semoga hal ini menemui manfaat dan segera dikembangkan dan menjadi usaha yang berkelanjutan untuk menunjang ekonomi warga Desa Watesnegoro,” ujar Tim KKN-P 69.

Ditulis : Maulidina Sari dan Alfianita
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI