• Alumni
  • Alumni

Tim PPDM Umsida Kerjasama Dengan Puskesmas Jabon Siapkan Kader Posyandu New Normal

Umsida.ac.id – Sosialisasi kader posyandu di masa new normal digelar Tim Abdimas PPDM (Program Pengembangan Desa Mitra) RISTEKBRIN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (umsida) di desa dukuh sari kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, Selasa (22/9).

Posyandu merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan yang vital bagi masyarakat terutama bagi ibu hamil bayi dan balita. Adanya pandemik provinsi ini mengakibatkan pelayanan Posyandu sempat terhenti selama beberapa bulan terakhir. Selain itu masyarakat juga takut untuk membawa Ibu hamil bayi dan balita ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Dengan diterapkannya adaptasi kebijakan baru dan dicabutnya status pembatasan sosial berskala besar di Kabupaten Sidoarjo, Maka aktivitas masyarakat pun mulai berangsur kembali seperti semula namun dengan protokol kesehatan. Begitu pula dengan kegiatan posyandu, Sudah banyak masyarakat yang menantikan Kapan Posyandu beroperasi normal seperti sebelum masa pandemi.

Tim PPDM  umsida yang diketuai oleh Evi Rinata S ST MKeb bekerjasama dengan Puskesmas jabon dan perangkat desa Dukuh Sari melaksanakan kegiatan sosialisasi Dan pembekalan kader posyandu di era new normal sebagai salah satu langkah persiapan pembukaan Posyandu dengan adaptasi Kebiasaan Baru.

Program ini merupakan salah satu program inisiasi pembukaan Posyandu di Kabupaten Sidoarjo dengan menerapkan protokol kesehatan dan kebiasaan baru sehingga masyarakat akan merasa aman dalam melakukan kegiatan. Proses pelaksanaan kegiatan dimulai dari survei ke masyarakat tentang kebutuhan pelayanan kesehatan terutama imunisasi bagi bayi dan balita. Selanjutnya ditemukan bahwa masyarakat itu memang benar-benar ingin dilaksanakannya kegiatan Posyandu atau imunisasi dan merasa aman tidak perlu ke rumah sakit atau puskesmas yang notabene banyak kasus covid 19.

Oleh karena itu tim PPDM UMSIDA bekerjasama dengan Puskesmas jabon dan perangkat desa Dukuh Sari berinisiasi untuk mengadakan pelatihan kader-kader Posyandu dengan mendatangkan ahli di bidang kesehatan dari Puskesmas Jabon untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi bagaimana membuka Posyandu di masa adaptasi Kebiasaan Baru

Kegiatan dimulai dengan persiapan Kelengkapan sarana dan prasarana di Posyandu seperti wastafel cuci tangan yang dilengkapi dengan dispenser sabun. Beberapa alat pelindung diri juga disiapkan sebelum memulai kegiatan pembukaan posyandu seperti masker, face shield, sarung tangan medis, hand sanitizer, thermo gun, timbangan bayi dan balita digital, serta cairan desinfektan.

* Suryawinata

Leave a Reply

Berita Terkini

Sarpras Umsida Siap Menghadapi Perkuliahan Tatap Muka
February 25, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Memahami Fintech dan Digital Marketing Lewat Webinar
February 25, 2021
Umsida Optimalkan Perkuliahan Tetap Berjalan Saat Pandemi lewat Fasilitator dan e-learning
February 24, 2021
Lewat Webinar, Umsida Ajak Masyarakat lebih dekat kenali Fintech Syariah
February 24, 2021
Umsida Gelar Webinar Kebijakan Pendidikan di Amerika Serikat Masa Covid-19 dan Munculnya Fenomena Self Education
February 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI