Umsida.ac.id – UKM Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan Rapat Besar (Rabes) anggota yang dihadiri oleh Badan Pengurus Harian (BPH), Kepala Departemen (Kadep) dan Wakil Kepala Departemen (Wakadep), serta anggota UKM Kewirausahaan periode 2024/2025 . Rabes ini diadakan di ruang kelas 508, GKB 7, Kampus 3 Umsida Sabtu (24/08/2024).
Kegiatan dibuka dengan sambutan Ketua Umum UKM Kewirausahaan Umsida, Nisa’ Nur Khofifah. Setelah itu, dilakukan pemaparan struktur organisasi periode 2024/2025, mulai dari Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, hingga lima departemen pendukung: PSDM, Humas, Ristek, Marketing, dan Kominfo.
Pemaparan Tugas dan Program Kerja Setiap Departemen UKM Kewirausahaan
Pada sesi inti, setiap departemen yang diwakili oleh Kadep dan Wakadep mempresentasikan tugas dan program kerja (tupoksi) selama satu periode ke depan. Departemen PSDM memulai dengan menjelaskan tupoksi dan program kerja mereka, yang meliputi Dies Natalis, Open Recruitment Anggota Baru, Diklat, dan Upgrading. Departemen Humas kemudian memaparkan program kerja mereka seperti studi banding dan company visit.
Baca juga: Ciptakan Lingkungan Desa Lebih Sehat, Mahasiswa KKN T Umsida Rehabilitasi Green House
Departemen Ristek dalam sesi in juga menyampaikan rencana workshop business plan, lomba business plan, dan buka bersama anggota UKM.
Departemen Marketing memaparkan program kerja mereka seperti Bazar Fortama, Bazar Ramadan, dan Festival.
Terakhir, Departemen Kominfo mempresentasikan program kerja mereka, termasuk pembuatan video profil, podcast, dan lomba membuat maskot UKM Kewirausahaan.
“Tupoksi setiap departemen dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan selama satu periode. Saya berharap seluruh anggota dapat berkontribusi aktif dalam setiap program kerja yang dijalankan, baik sebagai panitia maupun peserta,” ujar Nisa’.
Progress Program Kerja yang dimulai September Mendatang
Program kerja pertama dimulai dengan open recruitment anggota baru UKM Kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Departemen PSDM.
“Melalui open recruitment ini, diharapkan Departemen PSDM dapat menyeleksi anggota baru berdasarkan kualitas setiap individu, yang nantinya akan ditempatkan di setiap departemen sesuai dengan bakat dan minat mereka,” ujar Nisa’.
Setelah membahas program kerja open recruitment, rangkaian program kerja selanjutnya adalah diklat yang diselenggarakan oleh Departemen PSDM.
Baca juga: Nanungi Generasi Muda, Umsida dan Kemenkes Gelar Skrining NAPZA
Diklat ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan saling mengenal satu sama lain antar anggota UKM Kewirausahaan. Selain itu, diklat juga mengajarkan konsep Business Model Canvas (BMC) dan memotivasi anggota baru untuk menorehkan prestasi, terutama di bidang wirausaha, seperti melalui Business Plan Competition, P2MW, PPK Ormawa, dan PKM.
Nisa’ juga membahas mengenai workshop dan lomba business plan yang akan dilaksanakan oleh Departemen Ristek. Selain itu, Ristek juga ditugaskan untuk membuat berita acara setiap kegiatan UKM Kewirausahaan.
“Saya berharap program kerja pada periode ini berjalan dengan lancar dan lebih baik dari periode sebelumnya. Pada periode berikutnya, kami akan berupaya untuk menjaga dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai pada periode sebelumnya,” ujar Nisa’.
Dengan berakhirnya rapat besar ini, diharapkan semangat kolaborasi dan komitmen dari seluruh anggota UKM Kewirausahaan Umsida semakin kuat dalam menjalankan program kerja yang telah direncanakan. Seluruh peserta Rabes meninggalkan ruangan dengan optimisme dan antusiasme tinggi, siap untuk menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan bersama selama satu periode ke depan.
Editor: Rani Syahda