• Alumni
  • Alumni

Umsida Bersinergi dengan PWM Jatim Gelar Kajian Tarjih dan Tajdid

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur gelar kajian Majelis Tarjih dan Tajdid yang berlangsung di Aula KH. Mas Mansyur GKB 2 lantai 7, Sabtu (7/12).
Kajian yang bertajuk Pengembangan Fikih Zakat Pada Era Modern itu dihadiri oleh Ketua PWM Jatim, Ketua MTT Jatim, dan segenap pengurus PDM Jatim. Uniknya, dalam kajian ini mayoritas peserta berasal dari kalangan laki-laki.
Pembahasan mengenai zakat menjadi point utama dalam kajian ini, dimana terdapat problema yang mulai ada sejak meluasnya ajaran islam ke berbagai penjuru dunia dengan kondisi yang berbeda-beda. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr Syamsuddin MAg,
“Adanya problema zakat pada zaman modern dimulai sejak ajaran islam meluas di luar jazirah arab, ” jelasnya.
Itulah sebabnya, sambung Syamsuddin,
“Para ulama menyimpulkan setiap hal yang terjadi pada jaman nabi mengandung kemaslahatan, sehingga praktek atau wujud implementasi dari konsep hukum bukanlah sesuatu yg kemudian tidak berubah, tapi mengalami perubahan dalam aplikasinya,” imbuhnya.
“Kajian ini harapannya bisa menjawab persoalan zakat di masyarakat yang banyak sekali macamnya,” pungkas Syamsuddin.
Ditulis : Sayyidatunisa