workshop content creator

Gelar Content Creators Meet Up, Umsida Selaraskan Konten se-Universitas

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar pertemuan content creator dari berbagai sektor di Umsida guna menyelaraskan konten-konten media sosial yang relevan dengan media sosial universitas.

Lihat juga: Content Marketing, Strategi Pemasaran di Era Baru

Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan para pengelola media sosial yang ada di tingkat program studi, fakultas, dan unit yang ada di lingkungan Umsida. 

Sinergikan Para Content Creator di Umsida

workshop content creator 4

Kepala divisi branding Umsida, Denny Ade Candra SIKom menjelaskan, “Jadi kegiatan ini dilaksanakan karena kami selaku tim branding universitas ingin bersinergi dan menyamakan persepsi bersama tim content creator yang ada di Umsida mulai dari fakultas, prodi, hingga unit,”.

Karena sebelumnya, kata Denny, Tiap komponen di Umsida memiliki model dan template tersendiri yang dirasa belum selaras dengan aturan dan core value yang ada di Umsida agar tidak keluar dari koridornya.

Kegiatan ini juga merupakan rencana jangka panjang untuk menseragamkan konten-konten di seluruh media sosial Umsida, mulai dari tema, desain, template,  penyisipan tagline, dan lain-lainnya.

“Ini merupakan langkah awal kita untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak yang ada di Umsida untuk membuat konten branding,” ujarnya.

Selanjutnya, imbuh Denny, tim branding Umsida akan mengundang mentor eksternal yang lebih expert untuk mengisi pelatihan content creator untuk meningkatkan keselarasan konten di media sosial Umsida.

Membutuhkan Kolaborasi Antar Content Creator

Membuka pertemuan content creator, wakil rektor 3 Umsida, Dr Nurdyansyah MPd mengatakan bahwa saat ini, media sosial menjadi kunci pengenalan sebuah instansi kepada khalayak.

“Untuk menyelaraskan konten-konten yang ada di media sosial Umsida, kami memerlukan peran berbagai pihak mengingat Umsida sendiri terdiri dari berbagai banyak komponen,” terang Dr Nur.

Oleh karena itu, ujarnya, para content creator dari berbagai komponen ini bisa berkolaborasi dengan pihak Sekretariat Universitas untuk membranding Umsida.

Menurutnya, para content creator tidak harus membuat konten yang berat dan kaku untuk mengenalkan di media sosial. Sebaliknya, ia menyarankan agar para content creator bisa membuat konten yang relevan dan menghibur karena itu lebih mudah dilirik audiens.

Dr Nur menjelaskan, “Misalnya konten mendidik namun terdapat sisi humornya, itu akan lebih menarik. Boleh kalian membuat konten formal, tapi cukup sesekali saja. Yang perlu kita buat adalah konten yang sekreatif mungkin, yang bisa menimbulkan efek positif bagi universitas,”. 

Ia berpesan agar jangan sampai para content creator membuat konten yang berisi pesan negatif dan tidak sesuai dengan visi Umsida. 

Ada beberapa materi yang disampaikan kepada para peserta workshop. Yang pertama terkait semiotika Roland Barthes oleh kepala Sekretariat Universitas (SU), Dr Kuamaja Adji Kusuma. 

Ia menyambungkan teori tersebut dengan jenis konten yang bisa menjadi referensi konten atau desain yang bisa dibuat. 

Setelah itu kegiatan berlanjut oleh Denny Adi Candra SIKom yang menjelaskan tentang strategi kreatif dalam membuat konten untuk branding kampus. 

Beberapa hal yang perlu diketahui dalam membuat konten kreatif seperti konsistensi branding dan kepastian arah suatu konten

Rangkaian kegiatan berlanjut pada sesi berbagi tentang pengalaman tentang content creator Umsida dan cara mengembangkan media sosial universitas yang dipandu oleh Alfaro M Recoba MIKom.

Di sesi ini para peserta bebas untuk mengutarakan kendala mereka saat membuat konten di media sosial yang akan didiskusikan bersama-sama terkait solusi masalah tersebut.

Salah satu peserta yang mengutarakan hasil  konten media sosialnya yaitu Muhammad Aziz R, mahasiswa prodi Pendidikan Teknologi Informasi sekaligus perwakilan dari  FPIP Umsida.

Ketika ia bertanya tentang kendalanya selama membuat konten, seluruh peserta maupun mengisi acara membedah bersama-sama kontennya yang telah diunggah di media sosial. Dari situlah mahasiswa yang akrab disapa Aziz ini mengetahui apa yang harus dievaluasi.

“Tadi ada evaluasi tentang pentingnya penggunaan thumbnail yang menjadi hal  pertama yang dilihat oleh audiens,” ucap Aziz.

Lihat juga: Meledak Sejak 2019, Apa menulis konten TikTok Bisa Dijadikan Panutan?

Selain itu, imbuhnya, ia juga mengetahui cara membuat konten yang tak hanya mengikuti tren saja, atau yang sedang trending, tapi juga memerlukan ide kreatif lainnya dengan prinsip amati, tiru, modifikasi.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

rektor Umsida saat penguatan visi misi PPI AMF
Pesan Rektor Umsida untuk PPI AMF dalam Mewujudkan Pesantren Berkemajuan
December 21, 2024By
commsport 2024
Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida
December 21, 2024By
kunjugan ITKES Musidrap ke Umsida_11zon
ITKES Musidrap Kunjungi Umsida, Ingin Belajar Lebih Tentang FKG
December 17, 2024By
pelantikan kepala sekolah SMAM 2 Sumberpucung
Pesan Rektor Umsida di Pelantikan Kepala Sekolah dan Perubahan Nomenklatur SMAM 2 Sumberpucung
December 17, 2024By
Stundent Mobility Umsida dan UniSZA
Lanjutkan Program Student Mobility dengan UniSZA Malaysia, Umsida Sambut dan Lepas 19 Mahasiswa
December 16, 2024By
Umsida dan MHH PWM Jatim Kumpulkan Pakar Hukum Indonesia
Umsida dan MHH PWM Jatim Kumpulkan Pakar Hukum Indonesia, Bahas Refleksi Akhir Tahun 2024
December 15, 2024By
Kisah Inspiratif Alumni Istimewa Umsida, Semangat Tak Terbatas
Kisah Inspiratif Alumni Istimewa Umsida, Semangat Tak Terbatas
December 15, 2024By
5 Poin Kolaborasi Hebat, Umsida dan Ombudsman RI Teken MoU untuk Masyarakat Lebih Maju
5 Poin Kolaborasi Hebat, Umsida dan Ombudsman RI Teken MoU untuk Masyarakat Lebih Maju
December 14, 2024By

Riset & Inovasi

Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By
Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal
Inovasi Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal Otomatis 3 Dosen Umsida
September 8, 2024By
legalitas BUMDesa
Tim Abdimas Umsida Akan Urus 5 Legalitas BUMDesa di 2 Kabupaten Usai Bantu 2 Desa Ini
August 29, 2024By

Prestasi

Juara Nasional! Mahasiswa FPIP Umsida Raih Juara 1 Temilnas IPK HIMPSI 2024
Juara Nasional! Mahasiswa FPIP Umsida Raih Juara 1 Temilnas IPK HIMPSI 2024
December 22, 2024By
Dr Tarman jadi guru besar 1
Rekam Jejak Dr Tarman Hingga Resmi Jadi Guru Besar Umsida
December 20, 2024By
warek 1 Umsida jadi guru besar 4
Jadi Guru Besar, Wakil Rektor 1 Umsida Buat Road Map Karir Sejak S3
December 19, 2024By
riset dan abdimas Umsida meningkat 1
Riset dan Abdimas Umsida Meningkat, 65 Proposal Penelitian Lolos Program Risetmu 2024
December 11, 2024By
MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
Semangat Tanpa Batas, Tim MFQ FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
December 8, 2024By