UMSIDA Jalin Kerjasama Magang Bersertifikat Mesin Berat dengan Perusahaan BUMN

Penulis : umsidaj4y4 September 11, 2019 / Berita, Pengumuman

Dalam rangka mewujudkan kompetensi mahasiswa yang sesuai bidangnya disertai dengan skill yang mumpuni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menjalin kerjasama dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Barata Indonesia (Persero), Rabu (11/09/2019). Kerjasama ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat bagi mahassiwa UMSIDA.

Penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor UMSIDA Dr. Hidayatulloh, M.Si dengan Direktur Utama Barata Indonesia, Oksarlidady Arifin, dan lembaga vokasi lainnya dilangsungkan pada acara peresmian Workshop baru Heavy Machining Center (HMC) di kawasan kantor pusat perseroan, Gresik, Jawa Timur.

Mahasiswa nantinya akan diberi kesempatan magang pada HMC yang difungsikan untuk peningkatan produksi balance of plant produk pembangkit listrik. Selain itu HMC ini untuk menjadi area fabrikasi dan assembly produk konstruksi bervolume tinggi, seperti Pressure Vessel, Komponen Energi Terbarukan (Wind Power), Bullet Tank, Komponen/Body Kapal Selam, Crane Pelabuhan, Kiln, dan lainnya.

Peresmian HMC tersebut langsung dihadiri oleh Menteri BUMN RI, Rini M. Soemarno beserta jajaran pejabat eselon 1 Kementerian BUMN serta turut dihadiri para Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pasca penandatangan nota kesepahaman, Dr. Hidayatulloh mengatakan bahwa ke depan diharapkan semakin banyak mahasiswa UMSIDA yg mengambil kesempatan magang bersertifikat yang telah ada, salah satunya dengan PT Barata Indonesia ini.

“Dengan magang ini akan meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai bidangnya, sehingga mereka nanti betul-betul memiliki skills yg sangat bagus dan bekerja dengan kompetensi yg sesuai, sehingga mampu meningkatkan produktivitas yg unggul dan kompetitif,” ungkap Dr. hidayatulloh, M.Si.

“Kerjasama ini merupakan bagian tak terpisahkan dari ikhtiar mewujudkan visi umsida “menjadi perguruan tinggi unggul dan inovatif dalam pengembangan ipteks berdasarkan nilai2 Islam untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Dalam peresmian tersebut, Rini M Soemarno mengatakan bahwa workshop Heavy Machine Center milik Barata Indonesia tersebut merupakan bentuk sinergi antar BUMN untuk mendukung kemajuan Industri nasional.

Sebagai informasi, dalam pembangunan workshop HMC tersebut, Barata Indonesia menggandeng tiga perusahaan BUMN yakni PT Boma Bisma Indra (Persero) sebagai kontraktor, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk sebagai pemasok baja serta PT Len Industri (Persero) untuk mengerjakan PLTS rooftop kapasitas 500 KWp. “Saya berharap dengan diresmikannya Workshop baru milik Barata ini merupakan salah satu bentuk peran perusahaan BUMN dalam peningkatkan kemajuan industri tanah air,” kata Rini Sumarno.

Direktur Utama Barata Indonesia, Oksarlidady Arifin berharap dengan adanya HMC, Barata Indonesia menjadi Perusahaan manufaktur berskala global dan terus aktif partisipasi dalam pembangunan infrastruktur dalam negeri.

Diharapkan kerjasama antara UMSIDA dan PT Barata Indonesia ini semakin meningkatkan kompetensi mahasiswa UMSIDA sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera. (adji)

Related Post