• Alumni
  • Alumni

Umsida Kirim Relawan Psikososial Bantu Pengungsi Semeru


ajax loader

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melepas sepuluh relawan psikososial dan 2 Dosen yang mendampingi selama kegiatan berlangsung.Fakultas Psikologi Umsida dalam misi kemanusiaan bencana alam erupsi Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur, Selasa (18/1).

Mereka melakukan pendampingan kepada korban bencana erupsi semeru selama 2 pekan sejak tanggal 18 januari – 1 Februari 2022. Kaprodi Psikologi Widyastuti MPsi Psikolog mengatakan sepuluh relawan yang dikirim ke Lumajang akan bekerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa timur untuk membantu penanganan pengungsi korban erupsi Semeru.

“Memang kontribusi nyata organisasi kemahasiswaan ini ya salah satunya terjun langsung ke masyarakat dan menebar manfaat,” jelasnya.

Ia menambahkan para relawan psikososial Umsida nantinya akan membersamai MDMC Jawa Timur dalam melakukan kegiatan pendampingan psikososial. Setelah pemberangkatan di Kampus 2 Gelam, rombongan bergerak menuju posko MDMC Lumajang untuk melaksanakan koordinasi awal dengan tim yang sudah terlebih dahulu dilokasi. Di sana mereka akan membantu pengungsi yang saat ini belum tersentuh dari relawan bencana nasional.

Wakil Rektor III Umsida Bidang Kemahasiswan kemahasiswaan Umsida, Eko Hardiansyah MPsi Psikolog. Dalam sambutan dan pengarahan beliau menekankan pentingnya kesiapan fisik dan mental selama di lokasi.

“Harapan saat ini apa yg dilakukan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Banyaknya korban mengalami trauma luar biasa sehingga butuh penanganan khusus dari sisi psikologis, Relawan psikososial ini membantu masyarakat melewati masa sulit pasca bencana,” ujarnya.

Insya Allah mereka bisa memberikan satu pengurangan beban psikologis bagi masyarakat,” katanya. Lebih lanjut ia mengatakan, Umsida sangat peduli kepada masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana alam.

Sebelum berangkat ke Lumajang para relawan-relawan tersebut sudah pernah mendampingi korban bencan alam yang lain, baik di Jawa maupun luar Jawa. “Jadi mereka sangat intens dalam mendampingi korban bencana alam,” pungkasnya.

di tulis : Zhlya Rahmah dan Thoriqul Aslam


Berita Terkini

Umsida Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022
May 18, 2022
Umsida Integrasikan Program Responsif Gender ke Perkuliahan
May 17, 2022
Tingkatkan Kinerja Guru BK, Umsida Gelar Pelatihan Guru BK Se-Kabupaten Sidoarjo
May 17, 2022
Tim Abdimas Umsida Lakukan Monitoring pada Petani Ikan Nila di Desa Kramatjegu
May 17, 2022
PGSPA Umsida dan Inovasi Gelar Pelatihan Responsif Gender
May 17, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI