Lulus berkat program TAU

Wisudawan Terbaik: Program TAU Umsida Permudah Kelulusan Saya

Umsida.ac.id– Faiz Nur Ihsan Arif ungkap program TAU Umsida efektif membantunya menyelesaikan tugas akhirnya. Ia mendapat gelar wisudawan terbaik pada Wisuda ke 42 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang diselenggarakan di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Sabtu (18/11/2023).

Kisah Selama Berkuliah

Pria yang akrab disapa Faiz ini berhasil lulus dari prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan IPK 3,87. Selama belajar di Umsida Ia sempat melalui masa pandemi yang cukup besar yaitu Covid-19 saat memasuki semester 3 sehingga Ia harus belajar secara daring. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginannya untuk bisa lulus tepat waktu.

Di semester 5 Faiz sudah melakukan pengajuan proposal skripsi dan di terima oleh dosen pembimbingnya. Ia terus melanjutkan pembuatan skripsinya meski saat itu Ia juga harus mengikuti program pertukaran pelajar secara daring.

Baca juga: Tepis Statement Kuliah Tidak Bisa Sambil Bekerja, Wisudawan Ini Raih IPK 3,95

Berlanjut saat semester 6, Faiz mengikuti program asistensi mengajar di MBS Al Amin Bojonegoro. Saat itu Ia terpaksa menghentikan proses pembuatan skripsinya karena tidak ada nya laptop atau media yang memfasilitasinya melanjutkan skripsinya.

Namun, di semester berikutnya Faiz menemukan jalan pintas untuk cepat menyelesaikan skripsinya. Ia mendapat informasi mengenai program Tugas Akhir Umsida (TAU). Program ini adalah salah satu program MBKM yang ditawarkan Umsida kepada mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir berupa artikel yang akan diterbitkan di jurnal dengan syarat minimal sinta 3.

Meski Ia tetap mengalami beberapa kendala saat memilih jurnal yang sesuai dengan artikelnya, Ia akhirnya berhasil menyelesaikan artikelnya dan mengkuti sidang skripsi di semester 7.

Pria kelahiran Malang, 20 Agustus 1996 ini memiliki ketertarikan dengan bahasa Arab cukup tinggi. ” jadi kalo ada matkul yang ada bahasa Arabnya suka, otomatis pelajaran mudah dipahami. Sama hal nya pada saat penelitian, awal awalnya masih bingung, kalo sudah paham juga enak melakukan penelitian yang dilanjut dengan pengolahan data,” ungkapnya.

Tak hanya itu selama berkuliah Faiz sangat berusaha memberikan hasil tugas yag terbaik dari setiap dosen mata kuliah. Ini tidak berlaku hanya untuk tugas tapi juga setiap ujian baik tengah semester maupun akhir semester.

Ia juga memberika tips agar teman-teman mahasiswa yang saat ini masih berjuang menuju kelulusan agar selalu memprioritaskan waktunya untuk menyelesaikan tugas dengan sangat detail dan terbaik.

Ketika sudah memasuki kisaran semester akhir, mulailah membaca banyak artikel atau karya ilmiah berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti untuk tugas akhirnya.

Lulus berkat program TAU

Manfaat Program TAU

Putra pasangan Drs Harun Nur Rasyid dan Zuliati ini merasa bangga bisa berkuliah di Umsida dengan berbagai kemudahan salah satunya melalui program TAU.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian program Institutional Support System Program Kompetisi Kampus Merdeka (ISS MBKM).

Melalui TAU, Faiz dan mahasiswa lainnya dapat melakukan pembelajaran lebih luas di luar kampus.

Baca juga: Awalnya Tak Direstui Sang Ayah, Wisudawan Berprestasi Ini Sabet Banyak Medali Bela Diri

Tak hanya itu, mereka juga berkesempatan untuk bisa lulus tanpa skripsi lewat luaran kegiatan, yang berupa publikasi ilmiah pada Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 1 – 4 atau Jurnal Internasional Bereputasi Scopus atau WoS.

Sebagai apresiasi dan rekognisi dari pelaksanaan riset, konversi Satuan Kredit Semester (SKS) yang diberikan paling banyak sejumlah 20 SKS.

Melalui TAU ini, Faiz bisa menyelesaikan skripsinya dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Faiz juga mendapat kesempatan mencari pengalaman dengan pertukaran pelajar dan pengalaman asistensi mengajar di MBS Al Amin Bojonegoro.

Faiz juga mengungkapkan kesan dan manfaat selama berkuliah di Umsida “dengan kuliah di Umsida dapat membuka pikiran, memberi wawasan dengan cangkupan yang lebih luas, dan dapat mengembangkan ilmu sesuai jurusannya agar lebih ahli,” paparnya.

Wisudawan terbaik ini juga membagikan motivasi kepada para pembaca.

” Untuk para pembaca terutama mahasiswa, teruslah menimba ilmu apapun halangan, rintangan, dan omongan yang membuatmu putus asa jangan didengar, fokus pada tujuan dan kerjakan segala tugas atau ujian dengan semaksimal mungkin agar mendapatkan nilai yang memuaskan,” Tandasnya.

Terakhir Faiz berharap semoga ilmu yang Ia peroleh bermanfaat. Selanjutnya Ia berharap mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Semoga ilmu yang saya peroleh dapat bermanfaat dan tetap ingin menambah pengetahuan dan wawasan melalui S2,” ungkapnya.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
July 18, 2024By
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By