Wujud Syukur Kemerdekaan,Tim KKN-T Desa Semambung Jalin Harmonisasi Bersama Masyarakat

Penulis : umsidaj4y4 August 19, 2019 / Berita

UMSIDA.AC.ID – Kelompok KKN-T Umsida berkolaborasi dengan Karang Taruna Desa Semambung menyelenggarakan karnaval untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 74. Hal tersebut tentu akan menciptakan keharmonisan antara mahasiswa dengan masyarakat. Berlokasi di Balai Desa Semambung kecamatan Jabon, kegiatan karnaval ini diikuti oleh seluruh masyarakat desa semambung yang dibagi menjadi 5 tim dari setiap RW dan 4 lembaga yang ada di desa seperti TK dan TPQ. Antusias mereka digambarkan melalui berbagai pakaian kreatif yang digunakan oleh seluruh partisipan memiliki tema kostum tersendiri mulai dari perjuangan, Bhineka Tunggal Ika, Daur Ulang, Pernikahan terbalik, Pernikahan Masaal, dsb. (18/8/2019)

Pada moment tersebut, Mahasiswa KKN-T UMSIDA diberi kesempatan sebagai rombongan pembuka jalan di kegiatan karnaval. Hal tersebut membuat mereka senang sekaligus tersanjung karena mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin rombongan.

“Saya sangat tersanjung karena dipilih sebagai salah satu dari 3 juri yang ditetapkan oleh pihak desa. Saat melakukan penilaian saya cukup sulit karena kostum yang mereka kenakan bagus dan unik – unik. Ini pengalaman saya yang luar biasa,” ujar Jannah mahasiswi Ilmu Komunikasi tersebut.

Suasana kemeriahan Karnaval, dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Koordinator KKN-T Desa Semambung, Mokhammad Ridlo’i menambahkan, ia selalu menjalin komunikasi dengan warga guna mempermudah dalam menjalankan programnya.

“Selama berlangsungnya acara kami banyak berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat desa semambung. Hal ini mempermudah kami untuk mengenal lebih dalam tentang culture dan kebiasaan masyarakat desa dengan harapan hal ini dapat mempermudah kami dalam menjalankan program – program yang telah kami persiapkan sebelumya,” ujar Ridhoi

Hal tersebut mendapat respon positif oleh perangkat desa setempat, Kepala Desa Semambung, Jainuri berharap supaya kegiatan ini dapat menumbuhkan keharmonisan antara mahasiswa dengan masyarakat.
“Semoga kegiatan ini dapat mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat desa semambung serta dapat mengasah kreatifitas masyarakat desa serta dapat memberikan peluang untuk mahasiswa KKN-T UMSIDA agar semakin dekat dengan masyarakat seperti keluarga sendiri,” pungkas Kepala Desa Semambung.(rizky/jane)

 

 

Related Post