• Alumni
  • Alumni

Branding Produk Es Kelapa Muda Untuk UMKM, Mahasiswa Umsida lakukan Ini

umsida.ac.id – Mahasiswa KKN-T Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan pendampingan pelaksana program UMKM kuliner es kelapa muda, Senin (14/9). Inovasi yang digagas oleh Riko Montana adalah branding produk es kelapa muda yang ada di daerah Bluru Kidul, Sidoarjo.

Kegiatan yang dilakukan mulai Agustus hingga Oktober ini berupa modifikasi dagangan kelapa muda yang konvensional menjadi kekinian dengan berbagai rasa. selain itu, ia mendampingi pedagang mulai proses inovasi produk hingga pemasaran secara online. 

Pendampingan ini adalah salah satu bagian dari program KKN Tangguh UMSIDA 2020 yang dilakukan secara individu di daerah tempat tinggal atau domisili mahasiswa. Riko, yang merupakan mahasiswa program studi Hukum tersebut membantu pedagang untuk membuat inovasi rasa untuk es degan yang dijual dengan menambahkan perasa alami, seperti jeruk manis.

mahasiswa melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM es kelapa muda

Selain itu, Riko juga mendapingi sang pedagang agar bisa bermanuver dari pemasaran sederhana ke pemasaran produk melalui aplikasi online. “Tujuan adalah memberikan motivasi kepada pelaku usaha agar lebih optimis kreatif dalam penjualannya serta dapat meningkatkan penjualan,” kata Riko.

Pasalnya, jika hanya bergantung pada pemasaran konvensional yang dilakukan sekarang, tentunya produk juga akan sulit laku karena konsumen cenderung lebih menyukai pesanan secara online pada masa pandemi ini. ”Dalam melakukan memberikan edukasi mengenai pengoperasian aplikasi ojek daring tersebut, kita menjelaskan tentang bagaimana cara mendaftar layanan, membuat akun, posting foto product, dan cara mengelola akun apabila ada transaksi pembelian,” tandasnya.

ditulis : Riko Montana

Edit : Etik Siswati ningrum

Leave a Reply