cara melatih pubic speaking

5 Tips Lancar Public Speaking, Mahasiswa Pasti Perlu!

Umsida.ac.id – Saat ini kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking banyak digunakan. Misalnya saat presentasi, seminar, briefing,  atau bahkan saat menjelaskan informasi kepada kelompok kecil. Public speaking bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas. Dengan public speaking yang bagus, audiens akan lebih mudah memahami pesan yang disampaikan.

Namun sayangnya, salah satu kemampuan dari rumpun ilmu komunikasi ini kerap menimbulkan rasa gugup saat akan berbicara di depan umum. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum.

Dosen prodi Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang pernah menjabat sebagai kepala prodi selama 12 tahun, Ainur Rochmaniah, M.Si akan berbagi tips tersebut, yuk simak selengkapnya.

Tips Melakukan Public Speaking
1. Mengetahui Audiens yang akan diajak berinteraksi

Sebelum menyampaikan suatu informasi di depan khalayak umum, akan lebih baik mengetahui kepada siapa kita akan berbicara. Seperti usia latar belakang atau kalangan tertentu.

Misalnya peserta seminar yang dihadiri oleh kalangan remaja. Dengan mengetahui peserta tersebut, pembicara bisa memiliki pandangan tentang bagaimana cara menyampaikan informasinya. Berbeda lagi ketika menyampaikan sosialisasi kepada anak-anak. Pembicara  bisa menyelaraskan antara topik pembahasan dengan audiens agar mudah dimengerti.

“Dengan mengetahui kepada siapa kita berbicara, maka kita bisa percaya diri dan paham tentang bagaimana cara menyampaikan informasi dengan baik”. ujar dosen yang mengajar mata kuliah public speaking Ikom Umsida ini.

Baca juga: 3 Poin Penting untuk Menghadapi Teknologi Menurut Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah

2. Mendalami topik saat public speaking

Dengan mendalami topik, kita bisa lebih leluasa berbicara karena sudah tahu dan paham apa yang akan diutarakan dalam suatu forum. Gaya penyampaian yang lues membuat pesan bisa lebih mengalir karena telah menguasai topik. Hal ini tentu bisa mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum.

Penguasaan materi berguna untuk mengantisipasi adanya waktu hening di tengah penyampaian pesan akibat topik pembahasan yang dirasa sudah habis. Kamu bisa memperdalam materi saat membuatnya, kamu juga bisa membuat catatan kecil diluar presentasi untuk kamu improvisasi.

3. Menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens

Seperti yang telah dibahas di atas, kita juga perlu menelisik target audiens dari berbagai aspek, salah satunya bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Kamu juga bisa mencari tahu kosakata khas yang mereka gunakan.

Misalkan daerah Surabaya yang terkenal dengan sapaan “rek”, atau Medan dengan kata “horas”. Dengan kosakata tersebutlah, audiens merasa lebih dekat dengan kita, dan kita juga terkesan lebih akrab.

4. Menjalin interaksi saat public speaking

Untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik, kita bisa memanfaatkan situasi di lapangan. Salah satunya yaitu dengan improvisasi atau menjalin interaksi dengan audiens. Ada banyak interaksi yang bisa dilakukan.

Misalnya bertukar pendapat tentang suatu topik. Kamu bisa menanyakan pandangan audiens terkait materi sehingga komunikasi terjalin dua arah. Atau kamu melemparkan pertanyaan terkait materi mu kepada mereka. Sebaliknya, jika mereka bertanya, kamu bisa menawarkan kepada peserta lain untuk memberikan kesempatan untuk menjawab. Hal ini dapat mencairkan suasana agar lebih lues, kamu pun bisa menguasai keadaan tanpa gugup.

Baca juga: Salut! Alumni Ketua Umum IMEI Team 2020 Dapat Beasiswa Penuh di ITS

5. Fokus dengan salah satu audiens

Ini merupakan kiat agar kamu lebih mudah menjalin interaksi dengan audiens. Saat melakukan public speaking, perhatikan salah satu peserta yang menurutmu menarik, berbeda atau eye catching. Audiens seperti ini biasanya mudah ditemui karena terlihat ‘berbeda’ dengan lainnya, entah paling aktif, easy going, atau lainnya.

“Biasanya ada satu peserta itu yang eye catching. Nah dia bisa kita ajak berdiskusi terlebih dahulu agar suasana menjadi cair. Interaksinya pun cukup yang ringan-ringan saja”, lanjut Ainur.

Setelah itu, kamu bisa mengajaknya untuk berdiskusi atau sekedar melempar pertanyaan ringan. Audiens seperti ini juga bisa menghidupkan suasana agar tidak terlalu kaku dan kamu juga bisa lebih percaya diri untuk diskusi dengan mereka. Baca juga: TikTok Shop Tak Perlu Dihapus, Kata Pakar Umsida

Nah, itulah beberapa tips agar kamu tidak lagi gugup saat melakukan public speaking. Mengingat kegunaan skill ini yang semakin dicari, kamu bisa berlatih dari lingkup kecil. Contohnya ketika presentasi di kelas, briefing saat kerja kelompok, atau saat menyampaikan pengumuman di kelas. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak informasi lainnya, kamu bisa cek di laman Instagram Ikom Umsida di sini.

Penulis: Romadhona S. *Artikel ini sudah pernah tayang di ikom.umsida.ac.id

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By