tantangan teknologi bagi mahasiswa

3 Poin Penting untuk Menghadapi Teknologi Menurut Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah

Umsida.ac.id – Najih Prasetyo MH, sekretaris jenderal Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah memberikan beberapa pesan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tentang tantangan dan persiapan menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Paparan ini ia sampaikan ketika penyelenggaraan Forum Ta’aruf Mahasiswa (Fortama) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada Kamis, (21/09/2023) di Auditorium KH Ahmad Dahlan Kampus 1 Umsida.

Baca juga: Wasiat KH Ahmad Dahlan Didengungkan Pada Capacity Building PDM Sidoarjo

Najih Prasetyo membuka sesi dengan mengungkapkan siapa musuh atau saingan terbesar Gen Z untuk meraih cita-cita dan profesi yang mereka harapkan, “5 atau 10 tahun ke depan, saingan kalian bukan hanya teman-teman sekelas ataupun se Umsida, tapi AI. Sebagai mahasiswa yang bercita-cita sebagai seorang guru saingan kalian adalah aplikasi ruang guru, dan lulusan lain juga saingannya adalah AI pada bidang masing-masing,” ujarnya.

Selanjutnya, Najih memiliki beberapa solusi agar sebagai penerus bangsa, ada beberaoa hal yang perlu disiapkan oleh mahasiswa untuk menggapai dan menjawab persoalan zaman, diantaranya:

tantangan teknologi bagi mahasiswa

1. Kreativitas dan inovasi teknologi

“Mahasiswa yang tidak memiliki kreativitas dan inovasi, 10 tahun kedepan dia akan menjadi seorang pengangguran meskipun IPK-nya 4,00,” tamparnya di hadapan maba.

Karena dunia digital saat ini, sambung Najih, bukan lagi bisa diukur dengan angka, melainkan oleh pikiran kritis untuk inovasi. Ketika bekerja, jarang sekali saat interview mempertanyakan berapa nilai akhir pelamar, tapi mereka selalu mempertanyakan apa pengalaman, pengalaman dan kemampuan yang tentunya disesuaikan dengan teknologi.

Baca juga: Kuliah Perdana FBHIS: Mahasiswa Diharapkan Bisa Mendukung Masa Depan Keuangan Indonesia

tantangan teknologi bagi mahasiswa

2. Memiliki mental intelektualitas yang tinggi

Kunci yang kedua agar menjadi sukses yaitu memiliki mental intelektualitas yang tinggi. Percum jika seorang mahasiswa memiliki IPK bagus, tapi tidak memiliki intelektualitas.

“Mahasiswa seperti itu akan jadi pengangguran. Intelektual tidak berhubungan dengan angka, tapi cara berpikir dan keinginan untuk mampu menjadi seorang problem solver di masyarakat” terangnya.

Najih memberikan hasil penelitian UNESCO yang menempatkan Indonesia menjadi negara nomor 60 dari 61 negara yang diteliti sebagai negara yang cinta terhadap buku atau terhadap literasi. Dengan data tersebut, ia mengungkapkan salah satu ciri seseorang yang berintelektual adalah mampu membaca dan menulis dengan baik.

Tapi sayang, Indonesia yang berada pada urutan kedua terbawah, bida dibilang bahwa masyarakatnya sering menerima informasi yang belum jelas faktanya kemudian kita memilih untuk membagikan informasi tersebut dan membuat rentan hoax atau berita palsu.

Baca juga: Ini Cerita Alumni Umsida yang Mendapatkan Beasiswa Penuh S2

“Ada seorang tokoh pahlawan bangsa yang pertama kali terkenal dia seorang wartawan. Dia pernah hidup di sekitaran Sidoarjo. Namanya Minke, tokoh yang diperankan Iqbal Ramadhan. Ia mengatakan bahwa jika kita ingin menjadi orang yang mampu merubah bangsa, maka harus menggunakan tulisan,” kutip Najih dari film Bumi Manusia.

Selain dari film, Najih juga memberikanmotivasi kepada maba tentang inovasi anak muda yang memiliki inovasi melalui teknologi. Seperti menteri pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim. Ia hanya mengenyam pendidikan hingga SD di Indonesia, SMP, SMA, hingga kuliah di luar negeri. Namun ia dipilih menjadi menteri yang seharusnya dia tidak memahami konstruksi pendidikan di Indonesia.

Najih menegaskan, “Karena Nadiem Makarim memiliki karya dimana dia bisa mengintegrasikan kebutuhan masyarakat dengan dunia teknologi saat ini berupa Go-jek. Lalu ada Belva Devara yang juga lulusan luar dengan karya ruang gurunya dan masih banyak lagi,”.

Melalui contoh nak mud yang berinovasi dengan teknologi ini, Najih ingin menekankan bahwa konsep intelektualitas yang tinggi akan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di Indonesia, khususy perkembangan teknologi.

tantangan teknologi bagi mahasiswa

3. Ideologi atau Idealisme

Tidak dipungkiri bahwa para mahasiswa saat ini dikatakan sebagai sosok yang sedikit kehilangan identitas bangsa kita. Bisa jadi, hal tersebut juga dikarenakan dampak teknologi yang digunakan.

Najih mengajak mahasiswa untuk sedikit flashback mengenai yang terjadi pemilu kemarin di mana perbedaan pilihan politik membuat bangsa hampir terpecah. Padahal, jika kita mundur lebih jauh lagi dimana Kartosuwiryo sebagai tokoh Islam dan Semaoen sebagai tokoh PKI, mereka bekerja sama tanpa adanya pertikaian. Tidak juga berbicara keburukan satu sama lain, bahkan tidak pernah bicara surga dan neraka.

“Saat itu, mereka semua memiliki ideologi dan keinginan yang sama yakni memerdekakan bangsa Indonesia. Berbeda dengan sekarang, perbedaan pilihan politik saja bisa memecah belahkan bangsa. Ini membuktikan bahwa kita semua sudah lupa mengenai landasan ideologi yang sebenarnya harus kita miliki,” terangnya.

Baca juga: Pesan Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk Maba Umsida 2023

Cara menjadi mahasiswa yang kreatif, inovatif, berintelektual, dan  idealis

“Saran saya adalah dengan mengikuti organisasi. Beberapa orang pernah bilang jika mereka adalah introvert, maka saya juga mengatakan bahwa di organisasi adalah tempatmu menyelesaikan permasalahan psikologis tersebut,” ucap Najih.

Di organisasi, lanjutnya, mahasiswa akan menghadapi masalah yang tidak mereka duga sehingga mereka akan secara otomatis berpikir secara kreatif dan inovatif. Mahasiswa yang aktif di organisasi juga akan belajar menurunkan sebuah bahasa dari langit ke bumi.

Contohnya, ketika harus mengajari para adik tingkat, di situ mahasiswa harus bisa menurunkan bahasa agar mereka paham apa yang dimaksud. Secara tidak langsung, hal ini bisa meningkatkan intelektual mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan banyak jejaring dan bisa bersosialisasi dengan masyarakat.

Penulis: Rani Syahda

Penyunting: Romadhona S.

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By