kemampuan dasar mahasiswa

Basic Skills yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Umsida.ac.id – Sebagai peralihan dari sekolah menjadi kuliah, calon mahasiswa baru perlu mengetahui beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Skill ini nantinya akan membantu mereka dalam menyikapi sebuah kondisi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa skill yang harus dimiliki mahasiswa. Fajar Muharram S Sos MIP, kepala Kepala bidang (Kabid) kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo juga akan menjelaskan hal tersebut. Yuk simak selengkapnya!

7 Kemampuan yang Harus Dimiliki Mahasiswa 

kemampuan berbicara

1. Public speaking

Skill pertama yang perlu dimiliki mahasiswa adalah kecakapan berbicara di depan umum atau biasa disebut public speaking. Menurut Fajar, saat ini masih sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan public speaking. Kebanyakan mereka memiliki teori dan argumen yang bagus tapi tidak tahu bagaimana cara mengutarakan di depan umum.

“Masalah seperti itu intinya tentang mental. Kadang ada orang yang sampai kursus berbulan-bulan untuk mempelajari public speaking. Biasanya mereka merasa gugup dan bingung harus bicara apa di depan orang banyak. Orang yang memiliki teori yang bagus (pintar) belum tentu bisa membicarakannya di depan umum,” ucapnya.

Lihat juga: 6 Hal yang Perlu Maba Siapkan sebelum Masuk Kuliah

Lalu, bagaimana agar bisa lancar berbicara di depan umum?

Fajar selalu mengajari mahasiswanya agar mampu mengutarakan pendapat di depan orang banyak. Caranya bisa dimulai di lingkup yang paling kecil yaitu saat perkuliahan di kelas.

“Presentasi di kelas adalah contoh yang bisa digunakan untuk melatih public speaking mahasiswa paling sederhana. Di situ bisa dijadikan wadah untuk berdiskusi karena terkadang mahasiswa memiliki argumen yang baik tapi tidak bisa menyampaikannya. Jadi harus ditanya terlebih dahulu,” lanjut Fajar.

kemampuan IT

2. Paham IT

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era sekarang pekerjaan manusia bisa dipermudah menggunakan teknologi, oleh karena itu pengetahuan tentang IT juga harus dimiliki mahasiswa. Kamu tidak harus langsung mempelajari semua tentang IT, tapi kamu hal dasar atau umum saja yang bisa membantu mempermudah pekerjaan. 

Misalnya, penguasaan program Microsoft, menyalin dokumen, mencetak dokumen, mengoperasikan email, mengakses sistem komputer, bisa menggunakan fitur Google, dan memiliki kemampuan pengolahan media sosial. Dengan memiliki kemampuan tersebut kamu bisa menemukan tools atau cara yang lebih cepat agar kamu bisa menyelesaikan tugas kuliahmu. Dan tentunya kemampuan ini juga akan berguna saat kamu bekerja nanti.

Lihat juga: Terapkan Lulus Tanpa Skripsi Sejak 2021, Ini testimoni Mahasiswa Umsida

kemampuan networking
3. Mudah menjalin relasi

Networking adalah salah satu kemampuan yang sangat bermanfaat untuk aktivitas perkuliahan  dan juga menunjang karir. Orang-orang yang ada di sekelilingmu adalah aset pribadi yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan. 

Fajar pun memaparkan hal yang sama, “Jadi sebisa mungkin di masa kuliah, berbaurlah dengan siapapun dan jalin relasi yang baik karena hal itu sangat berguna jika besok mahasiswa tersebut sudah lulus. Entah itu tentang pekerjaan, studi lanjutan,atau bentuk relasi lainnya,”.

Misalnya, sambung Fajar, kalau mahasiswa mengalami kendala dalam pekerjaannya, relasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan solusi. Mengingat pentingnya networking ini, maka investasilah selagi masih duduk di bangku kuliah.

kemampuan menulis

4. Kemampuan Menulis

Kemampuan dasar yang perlu dimiliki mahasiswa selanjutnya adalah saat menjadi. Ketika menjadi mahasiswa, tak jarang kamu akan mengerjakan tugas yang membutuhkan skill menulismu. Apalagi bagi kamu yang ingin lulus kuliah melalui jalur penulisan artikel ilmiah, tentunya harus memiliki kemampuan menulis yang bagus.

Selain itu, untuk kamu calon mahasiswa yang memilih jurusan di bidang kepenulisan atau administrasi, pasti aktivitas menulis ini lebih sering kamu lakukan daripada aktivitas lainnya. Skill menulis ini bisa diasah dari hal-hal kecil, seperti menulis buku harian, jurnal, ataupun menulis rincian kegiatan di sticky note. Dengan melakukan hal tersebut secara konsisten, maka kamu bisa mengasah kemampuan menulismu agar lebih baik.

Lihat juga: Peniadaan Skripsi, Wakil Rektor 1 Umsida Jelaskan 5 Alternatif Penggantinya

kemampuan memimpin
5. Leadership

Memiliki rasa kepemimpinan atau leadership akan membuatmu mampu mengerjakan sesuatu secara mandiri dan bisa mengambil keputusan yang bisa dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, jika kamu memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, saat kamu bekerja esok akan dianggap memiliki rasa profesionalisme dalam bekerja misalnya saat bekerja. 

Selain itu saat kamu bekerja tim, kemampuan mengatur tim dengan jiwa kepemimpinan sangat diperlukan agar bisa mengatur timnya dengan baik di sebuah perusahaan. Jiwa leadership juga berguna untuk diri sendiri. Jika kamu memiliki rasa kepemimpinan, maka kamu bisa mengendalikan ego dan emosi diri sendiri, hal ini akan tetap membuatmu stabil.

kemampuan mengatur waktu

6. Berpikir kritis dan problem solving

“Menurut saya sekarang kita juga kekurangan mahasiswa yang bisa berpikir kritis. Semisal ada kebijakan tertentu yang dirasa kurang pas bagi masyarakat, maka mahasiswa ini harusnya bisa menjadi jembatan untuk mengkritisi hal tersebut,” ujar pengampu mata kuliah teori politik ini.

Tak hanya mengkritisi, mahasiswa juga perlu kemampuan menganalisis masalah. Jika ada masalah tertentu mereka bisa ]menganalisis terlebih dahulu, baru mereka bisa mengutarakan pendapat atas kebijakan tersebut.

Kemampuan memecahkan masalah juga sangat diperlukan bagi mahasiswa karena jika suatu saat mereka tersandung masalah mereka harus bisa berpikir cepat dan tepat untuk mencari solusi dan mempertanggungjawabkannya.

Lihat juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Lolos Beasiswa Luar Negeri

7. Mengatur Waktu

Last but not least, basic skill yang perlu dimiliki mahasiswa adalah mampu mengatur waktu dengan baik. Saat kuliah, tentu mahasiswa harus bisa mengontrol penggunaan waktu atas aktivitas mereka. Skill ini sangat membantu untuk menyelesaikan kegiatan yang sesuai dengan target.

Misalnya, seorang mahasiswa yang juga aktif di organisasi, maka mereka harus bisa mengatur waktu antar kedua aktivitas tersebut. Atau juga jika ada mahasiswa yang juga sedang bekerja skill ini juga sangat dibutuhkan.

Itulah tadi beberapa basic skill yang harus dimiliki mahasiswa. Dengan kemampuan tersebut mahasiswa akan lebih mudah menjalani aktivitas baik di lingkungan kuliah, kerja, atau aktivitas lainnya.

Lihat juga: Simak 3 Kiat Mahasiswa Teknik Mesin Untuk Juarai Lomba KTI Nasional 2023

Narasumber: Fajar Muharram SSos MIP (Kabid kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By
Khutbah idul Fitri 1446 H Habituasi Ramadhan
Khutbah Idul Fitri 1445 H Habituasi Ramadhan Membentuk Kesalehan Sosial
April 10, 2024By
Pilkada
Ini Komentar Dosen Umsida Hadapi Pilkada
April 5, 2024By
organisasi
Kunci Sukses Organisasi Ternyata Ada di Surat An-Nisa 58-59
April 3, 2024By
Simak! Pasangan Hidup Seperti Ini Yang Mampu Wujudkan Baiti Jannati
Simak! Pasangan Hidup Seperti Ini Yang Mampu Wujudkan Baiti Jannati
April 3, 2024By
Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam
Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam
April 2, 2024By
3 Prinsip Berpolitik Dalam Perspektif Islam
3 Prinsip Berpolitik Dalam Perspektif Islam
April 1, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By