Umsida.ac.id – Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar acara workshop dengan tema Strategi Pemasaran Onlineshop yang diselenggarakan di Balai Desa Kranggan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Sabtu (15/2).
Workshop ini merupakan salah satu program kerja terakhir dari tim KKN-P Umsida. Tujuan dari acara ini yaitu untuk membantu UMKM di Desa Kranggan dalam memperluas pemasaran menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.
“Salah satu permasalahan yang sedang terjadi pada saat ini khususnya bagi UMKM yang ada di Desa Kranggan adalah belum mengetahui strategi-strategi dalam hal pemasaran produk secara online,” ujar M. Rizalludin Akbar, selaku ketua pelaksana acara.
“Hal tersebut yang mendasari kami untuk mengadakan acara workshop pemasaran online bagi UMKM di Desa Kranggan,” imbuhnya.
Acara ini dihadiri oleh warga Desa Kranggan, para pemilik UMKM, pemuda-pemudi Karang Taruna, dan Widarti selaku Kepala Desa Kranggan.
Dengan mendatangkan Much Firman Mauludin SE MM selaku narasumber dari Dosen Fakultas Bisnis Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Umsida, workshop pemasaran online ini membahas tentang pengenalan Facebook Bisnis dan WhatsApp Bisnis yang bertujuan untuk memudahkan pemilik UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Tak hanya itu, dalam sesi ini juga berbicara mengenai strategi-strategi yang dapat digunakan dalam pemasaran produk secara online.
Rizal berharap, dengan acara ini dapat membantu masyarakat setempat dalam memahami penggunaan aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. “Semoga dengan adanya kegiatan ini yang dikembangkan di Desa Kranggan untuk mensejahterahkan masyarakat Desa Kranggan di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.
Ditulis Oleh: Diana Rosita
Editor: Erika Mulia Arsy