• Alumni
  • Alumni

Ajak mahasiswa kritis dalam berbisnis, Prodi Manajemen Umsida Gelar Kuliah Tamu

Umsida.ac.id – Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengajak mahasiswa mengenal  Sustainable Competitive Advantage dalam bisnis pada Kamis (26/12). Materi tersebut dikemas dalam acara kuliah tamu dengan tema Transformasi manajemen strategi dalam persaingan Industri 4.0. Bertempat di aula KH Mas Mansyur kampus 1, acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 5 prodi manajemen.

Pentingnya mahasiswa manajemen mengenal Sustainable Competitive Advantage dalam bisnis disampaikan oleh Dr Timotius Febry Christian Wahyu Sutrisno ST MT, Dosen International Bussnines Management Universitas Ciputra. Ia mengungkapkan,”Sebanyak apapun brand kopi, tidak bisa mengalahkan sustainable advantage-nya starbucks,” ujarnya.

Menurut pria 28 tahun ini, jika kita minum kopi di gerai starbucks, yang kita lakukan tidak hanya menikmati kopi, tapi ada hal lain di balik itu, “Yang kita beli adalah prestisius, kebanggaan kita menggunakan. Itu adalah sustainable competitive advantage,” tuturnya.

Ia menambahkan, “Sekarang yang lagi hot itu kan kopi, kopi yang mengkomersialisasi rasa. Ada kopi kenangan, ada kopi mantan, itu kan mengkomersialisasi rasa. Itu adalah temporary competitive advantage,” jelasnya. Ia menambahkan, “Apakah dengan meminum kopi yang mengkomersialisasi hati, jadi ingat mantan? itu nggak ada valuenya,” jelasnya. Maka dari itu, jika membangun sebuah brand, Timotius menjelaskan ada tiga macam strategi manajemen yang perlu diketahui yaitu cost leadership, diferensiasi, dan inovasi.

Reporter : Erika Mulia Arsy

Editor : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply