Bahaya Berpuasa Jika Melakukan Ini

Bahaya Berpuasa Jika Melakukan Ini

Umsida.ac.id– Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan umat Muslim, sebab di dalamnya banyak sekali keutamaan – keutamaan, diantaranya: pada 10 hari pertama merupakan hari yang penuh penuh Rahmat, 10 hari berikutnya adalah hari-hari penuh ampunan. Dan pada 10 hari terakhir Ramadhan, Allah menjanjikan turunnya lailatur qadar ketika kita menemui malam itu, maka amalan kita dilipatgandakan seperti melaksanakan kebaikan selama 1000 bulan.

Tidak hanya itu ketika Ramadhan tiba semua orang bukan hanya umat Islam merasakan rahmatnya, segala penjual jajanan dan makanan laris manis saat menjelang berbuka, masjid – masjid penuh dengan keceriaan karena disajikan ta’jil dan buka puasa secara gratis.  Rasulullah bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, dibulan itu setan-setan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai).

Bahaya Puasa Akibat Lalai

Dibalik kegembiraan dan keberkahan Ramadhan, kita sering lalai dengan puasa kita sendiri apakah puasa yang kita jalani ini pasti diterima Allah SWT dan mendapat pahala? Atau mendapatkan celaka. Sebuah Hadits yang diriwayatkan Baihaqi menyebutkan:

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni” (HR Baihaqi).

Hadits ini seringkali dipakai alasan untuk bermalas – malasan di bulan Ramadhan oleh beberapa orang, apalagi membacanya terpotong. Banyak orang yang membaca hadits tersebut hanya sampai pada tidurnya orang puasa adalah ibadah. Apakah tidak  boleh tidur saat berpuasa?

Agama tidak melarang seseorang tidur saat menjalankan ibadah puasa. Tetapi, kalau tidurnya sepanjang waktu, lalu bangun hanya untuk menjalankan shalat kemudian tidur lagi dan bangun saat adzan maghrib berkumandang, perilaku ini memang tidak membatalkan puasa, tetapi puasa kita jadi tidak ada maknanya. Haus dan lapar saja yang akan diperoleh.

Kegiatan lain yang membahayakan puasa kita adalah memainkan HP tanpa henti. Mereka beralasan daripada tidur mending main HP. Disaat menjelajah alam maya melalui berbagai medsos yang terjadi banyak hal-hal yang maksiat muncul tanpa disadari, hal ini merusak pahala puasa kita.

Ada lagi kegiatan yang membuat puasa kita celaka, apakah itu nongki bareng ngobrol ngalor – ngidul nggak jelas, kegiatan ini juga merusak amalan puasa. Apalagi ditambah ghibah (ngomongin keburukan orang) pastilah amalan puasa kita rusak karenanya. Bukankah Allah dengan tegas menjelaskannya dalam al-Qur’an surah al-Hujurat:12,

Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang

Masih ada lagi hal yang membahayakan puasa kita, yaitu berhalwat (berdua-duaan dengan lawan jenis) berdalih kerja kelompok bahkan ada yang bilang kita nggak ngapain-ngapain koq meski berdua, tetap saja perbuatan ini dilarang dalam agama.

Mau tahu lagi kegiatan yang membahayakan puasa kita duduk – duduk di Masjid alasannya kerja kelompok, saat adzan berkumandang tak bergerak untuk melaksanakan shalat berjama’ah malah asyik dengan kegiatannya tak risih dengan orang-orang yang menjalankan shalat malah enak-enakkan dan tanpa merasa bersalah masih saja asyik dengan aktivitas duniawiyah.

Salah satu riwayat disebutkan: “Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976.)

Seringkali kita saat berpuasa kita belum mampu menahan berkata kotor dan keji, kelihatannya sepele tetapi perbuatan ini menghapus pahala puasa kita. dalam sebuah riwayat disebutkan:

Puasa adalah perisai, maka barang siapa sedang berpuasa janganlah berkata keji dan mengumpat, jika seseorang mencela atau mengajaknya bertengkar hendaklah dia mengatakan: aku sedang berpuasa. (Muttafaq ’alaih)

Berkata dusta merupakan satu perbuatan yang membuat puasa kita tak sia-sia. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang berniaga agar dagangannya laku, mereka lupa bahwa sedang berpuasa,

Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan palsu dan pengamalannya, maka Allah tidak mempunyai keperluan untuk meninggalkan makanan dan minumannya. (HR. Bukhari)

Hadits tersebut sangat jelas bahwa Allah akan menjamin rejeki orang-orang yang jujur.

Ayo, masih yakinkah puasa kita berpahala? Atau malah sebaliknya celaka? Hanya kitalah yang mampu memilih apakah target puasa yang ingin kita capai, menjadi manusia yang bertaqwa atau manusia menjalankan rutinitas. Anda yang berhak menentukan.

Oleh: Puspita Handayani, M.Pd.I

Dosen Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Umsida

 

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By