• Alumni
  • Alumni

Bekali Tim KKN Umsida 2020 lewat kemampuan Menulis

umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terpadu 2020. Dimulai dengan Pembekalan KKN bagi mahasiswa pada Senin (20/01) di Aula Mas Masnsyur.

Pada kesempatan ini Dr Kumara Adji K S Fil I CIFP, Kepala sekretariat Universitas dan Urusan Internasional (SUUI) memberikan pembekalan menulis kepada para Mahasiswa. Mereka terdiri dari perwakilan kelompok peserta KKN yang akan menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat satu bulan kedepan.

Mahasiswa merupakan agent of image suatu perguruan tinggi. Dan sebagai agent of image mahasiswa berperan penting dalam mengenalkan Umsida baik secara langsung maupun melalui tulisan. Sehingga diharapkan peserta KKN nantinya akan mampu untuk menghasilkan tulisan baik berupa laporan KKN hingga berita KKN yang berisi semua kegiatan menarik yang berhasil mereka dedikasikan kepada masyarakat.

“Buat tulisan yang akan mengabadikan anda meski itu hanya sebatas buku harian saja. Tulis apapun yang menarik selama kalian melakukan KKN yang kedepannya akan mendukung akreditasi Umsida menjadi A,” Ujarnya

Menurut lelaki yang dulunya tidak menyukai masalah keuangan namun malah menuai kesuksesan setelah menempuh S2 Ekonomi ini, observasi, teori, dan pemecahan masalah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan menulis. Selain itu bahasa juga akan menentukan emosi pembaca, termasuk layak atau tidaknya tulisan tersebut untuk dipublish.

“Saat KKN akan banyak sekali pilihan yang bisa ditulis, misalkan cerita,” ujarnya setelah mengenalkan macam-macam jenis tulisan yang dapat dibuat oleh peserta KKN.

Satu hal lagi yang perlu difahami oleh peserta bahwa sebuah berita dapat dikatakan layak jika memenuhi nilai-nilai dalam penulisan berita. Seperti aktual, faktual, penting dan tentunya menarik.

“Intinya kami berharap setiap orang disini punya kontribusi untuk menulis apapun yang ada selama KKN berlangsung,” pungkas Adji.

Ditulis lintang Dyah Puspita

Edit Inka

Leave a Reply