• Alumni
  • Alumni

Dukung Produktifitas UMKM Jamu, Tim Mahasiswa Umsida Sosialisasikan Market Jamu Serbuk

Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Kelompok 5 mengadakan kegiatan pembuatan serbuk minuman yaitu jamu dengan memanfaatkan tanaman toga di Balai Rukun Warga (RW) Dusun Rame, Desa Pilang, Minggu (10/10).

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program kerja KKN-T Umsida yang lalu pada penanaman toga. Kali ini proker yang diusung mahasiswa KKN-T Umsida kelompok 5 yaitu pembuatan jamu serbuk sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, produktifitas sekaligus meningkatkan imun warga di Desa Pilang.

Kegiatan ini dihadiri 10 orang dari 15 orang yang diundang. Mengingat kegiatan mengumpulkan warga masih dalam pandemi maka kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris KKN-T Umsida Kelompok 5, Evi Noor Khikmah A mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung dengan membimbing warga untuk membuat tanaman toga seperti kunyit, kencur dan jahe merah diolah menjadi serbuk, “Cara pertama adalah dengan memotong kecil – kecil dan tipis tanaman rempah kemudian di jemur hingga kering, setelah kering di haluskan dengan alat bantu blander,” jelasnya.

Evi menambahkan, “Cara selanjutnya adalah dengan cara kedua pembuatan serbuk jamu, “Memarut jahe kemudian ditambahkan air, lalu diambil sari-sari nya dan di masak dengan ditambahkan gula pasir dengan perbandingan 500 gr jahe dengan 1 kg gula pasir dimasak hingga mendidih dan menjadi serbuk,” tambahnya.

Dalam pengemasannya berbentuk pouch dan diberi label rempah serbaguna Desa Pilang, “Jamu dikemas dalam kemasan pouch berukuran 100 gr dan di beri label untuk meningkatkan daya tarik,”
ujarnya.

Keuntungan dari tanaman toga dijadikan serbuk adalah lebih praktis, tahan lama dan bernilai ekonomis, “Kegitan pembuatan jamu serbuk ini kedepannya dapat di jual belikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga,” tuturnya.

Warga terlihat antusias. Drs Abdullah selaku RW menganggap kegiatan ini sangat bermanfaat, “Tata cara pembuatan jamu serbuk cukup mudah dilakukan, saya sangat berterima kasih kepada adik-adik KKN karena dapat menambah pengetahuan warga untuk mengolah tanaman toga yang pernah dikenalkan oleh adik-adik kkn. Sehingga pembuatan serbuk ini bisa dipraktikan secara mandiri oleh warga disini,” pungkasnya.

Ditulis Oleh : Andhini Rizki Yuliati dan Evi Noor Khikmah
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply

Berita Terkini

Tekuni Bidang Fotografi dan Videografi Antarkan Mahasiswa Umsida Jadi Wisudawan Berprestasi
October 28, 2021
Aktif PSM Mahasiswa PAI Berhasil Raih Wisudawan Terbaik
October 28, 2021
Mahasiswa Prodi AP Berikan Tips Lolos Magang BRIN
October 28, 2021
Tujuh Dosen Umsida Berhasil Lolos Hibah Program Riset 2021
October 27, 2021
Potensi Pengembangan Kecerdasan Buatan Untuk Kemajuan Indonesia
October 27, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI