• Alumni
  • Alumni

Hadapi Kesulitan Belajar Siswa, Tim KKN-P Desa Sukorejo Adakan Bimbingan Konseling di SDN Sukorejo

umsida.ac.id – Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap individu, yang dianggap sebagai jembatan dalam menuntun orang ke arah masa depan lebih baik. Dalam proses pendidikan sering menemui permasalahan kesulitan belajar pada siswa terutama siswa Sekolah Dasar (SD). Dalam menyikapi keluhan mengenai kesulitan belajar pada anak, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencerahan Universitas Sidoarjo (Umsida) memfasilitasi bimbingan dan konseling kepada siswa kelas VI SDN Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Rabu (29/1).

Bimbingan dan konseling ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi kepada siswa mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi. Menurut Alifia, Tim KKN-P Desa Sukorejo perlu dilakukan assesment melalui interview dengan anak, kemudian melakukan observasi untuk melihat aktivitas atau kebiasaan anak. Alifia mengatakan, “Kebiasaan peserta didik dalam keseharian mempengaruhi pola pikir dan karakter pada anak,” ujarnya.Alifia menjelaskan bahwa kebiasaan bermain gadget juga faktor penyebab dari kesulitan belajar anak. Ia mengatakan, “Sebagian besar siswa kelas VI SDN Sukorejo sudah memegang gadget secara pribadi, sehingga kurang terkontrolnya dan komunikasi dengan orangtua di rumah,”

Ia juga menambahkan dampaknya membuat ketergantungan anak pada gadget. “Belajar pun dirasa berat dan malas karena anak sudah ketergantungan dengan gadget,”imbuhnya

Alifia berharap, “Kami berharap yang kami lakukan ini bisa memberikan manfaat bagi siswa kelas VI SDN Sukorejo yang dapat membangun motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi di sekolah, serta mempersiapkan mereka menghadapi Ujian,” katanya.

Hanifa, Wali Kelas VI SDN Sukorejo merasa senang dengan adanya kegiatan ini, “Kami sangat berterimakasih atas kedatangan kakak-kakak Tim KKN-P Umsida yang telah membantu peserta didik kami, semoga sukses terus untuk kedepannya”.

Penulis : Nur Hananiya Pratiwi Khoirun Nisa

Editor : Asita Salsabilla M.

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI