Halal Center Umsida Selenggarakan Pelatihan Produk Halal

Dukung Kebijakan Sertifikasi Halal, HC Umsida Selenggarakan Pelatihan Produk Halal

Umsida.ac.id – Halal Center (HC) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Pelatihan Produk Halal bagi para pelaku usaha di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya, Sabtu (11/02/2023). Pelatihan ini merupakan pendampingan dan sekaligus  menambah wawasan bagi para peserta tentang arti penting kehalalan produk dan jasa di masyarakat dan mekanisme untuk mendapatkan sertifikat halal. 

Sebanyak 40 peserta turut berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan Produk Halal yang diselenggarakan di Kampus 1 Umsida itu. Mereka berasal dari beragam latar belakang usaha dan jasa. Dia antaranya berasal dari Rumah Sakit, restoran, pedagang kantin, produsen makanan, minuman dan sebagainya. 

Kepada para peserta, penyampai materi pelatihan Puspita Handayani SAg MPdi yang juga Ketua HC Umsida menjelaskan bahwa tujuan adanya sertifikasi halal akan berdampak positif bagi peningkatan produktivitas usaha. 

“Halal merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh umat muslim dalam mengonsumsi suatu produk atau jasa. Lebih dari itu, dalam perkembangannya, halal tidak semata- mata memenuhi kewajiban agama, namun juga memenuhi tuntutan masyarakat terhadap adanya jaminan terhadap kualitas keamanan pangan,” tutur Puspita.

Selain materi terkait konsep halal dalam produk dan jasa, disampaikan juga tentang bagaimana Proses Produksi Halal dan penjaminan produk halal oleh Dr Hana Catur Wahyuni ST MT. 

Dr. Hana menjelaskan, bahwa dalam implementasinya, beberapa aspek perlu dijaga untuk menjamin produk halal, yaitu adanya komitmen dan tanggung jawab pelaku usaha untuk menghasilkan produk halal. Bahan yang digunakan harus terjamin kehalalannya yang dibuktikan dengan sertifikat halal.

Ditekankan Dr Hana, bahwa bukan hanya bahan, proses produksi juga wajib dipastikan bahwa peralatan yang digunakan tidak terkontaminasi dengan proses non halal. Demikian juga dengan nama dan bentuk produk juga tidak boleh mengarah pada kekufuran. 

“Untuk memastikan beberapa hal tadi tidak mengandung non halal maka nantinya akan ada audit internal untuk menjamin kesesuaian proses. Karenanya pelaku usaha juga perlu memberikan pelatihan kepada karyawannya terkait dengan halal,” ungkap Dr. Hana yang juga berlaku sebagai koordinator Divisi Pelatihan Halal Center (HC) Umsida.

Halal Center (HC) Umsida merupakan salah satu unit kerja yang bertugas untuk mendampingi pelaku usaha dalam proses sertifikasi halal. Yang ditujukan untuk produk yang wajib bersertifikat halal menurut UU 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Selain materi di atas, pemateri terakhir, Titis Wulandari ST memberi penjelasan tentang prosedur dan dokumen Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) pengajuan sertifikasi halal mulai dari pendaftaran di BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) hingga di LPH (Lembaga Pemeriksa Halal).

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan diskusi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Berbagai pertanyaan disampaikan oleh peserta antara lain terkait dengan besarnya pembiayaan, permasalahan pemasok yang belum tersertifikasi halal, kendala teknis dalam pembukaan akun pengajuan dan lainnya.

Halal Center UMSIDA

Halal Center (HC) Umsida berdiri sejak Januari 2021 telah melakukan berbagai kegiatan terutama dalam pendampingan proses sertifikasi halal untuk produk beresiko tinggi atau beresiko rendah.

Sebagai langkah untuk lebih menguatkan pelaku usaha dalam menghasilkan produk halal di masyarakat dan mendukung kebijakan pemerintah dalam sertifikasi halal.

Kepala Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (LIK), Drs Mu’adz MAg menjelaskan bahwa HC Umsida berdiri dengan tujuan mendukung kesejahteraan masyarakat berdasarkan nilai-nilai islam.

“Halal Center (HC) Umsida berdiri sebagai bentuk komitmen Umsida dalam mendukung kebijakan pemerintah dan sebagai perwujudan visi sebagai usaha untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan nilai- nilai Islam,” ungkapnya.

Ke depannya, Halal Center (HC) Umsida akan melakukan pengembangan pada program penguatan sertifikasi halal melalui berbagai kegiatan, antara lain penguatan sumber daya manusia, pendampingan pelaku usaha dalam berbagai kategori usaha dan lainnya. 

 

Penulis: Rani Syahda Hanifa

Editor: Kumara Adji

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By