• Alumni
  • Alumni

Indra Uno Dorong Generasi Muda Mandiri Lewat wirausaha

Umsida.ac.id – Pengusaha sukses Indra Uno mendorong generasi muda untuk memiliki jiwa wirausaha agar mampu berdaya dan mandiri. Hal ini disampaikan pada acara webinar prodi Manajemen  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). yang bertajuk Strategi Manajemen Bisnis Kreatif  di Era New Normal, (Rabu15/7). Menurut pria yang biasa di sapa Indra, angka pengangguran yang bertambah banyak tidak sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia.

Lebih lanjut, Indra mengajak mahasiswa Umsida merubah mindset menciptakan lapangan kerja bukan mencari lapangan kerja. “Jangan sampai melamar kerja dimana-mana setelah ditolak baru berfikiran menjadi pengusaha,” kata pria yang merupakan lulusan Master of Business Administration dari University of Southern California.

Pada kesempatan tersebut, Ia berbagi tips mengatasi pengangguran bagi lulusan perguruan tinggi. Melalui pelatihan dan pendampingan usaha, mahasiswa lulusan perguruan tinggi bisa membuka usaha. Ketika mahasiswa mampu menciptakan satu lapangan kerja untuk dirinya sendiri maka ia bisa aterhindar dari ancaman pengangguran.

Hal itu menjadi penting, lantaran menurutnya, angka pengangguran yang terus naik seiring bertumbuhnya jumlah penduduk serta lulusan tiap tahunnya. Padahal, angkatan kerja yang belum mendapatkan kerja juga bertambah.

Indra menuturkan, menjadi wirausahawan merupakan peluang besar bagi generasi muda dalam era digital serta keterbukaan informasi. Dimana anak muda bisa dengan cepat menyebarkan produk sekaligus menggali informasi tanpa batas ruang dan waktu. “Kuncinya kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas,” pungkasnya.

*Etik Siswatiningrum

Leave a Reply