• Alumni
  • Alumni

Umsida dan Bawaslu Jatim Ajak Masyarakat Paham Pilkada Di Tengah Pandemi Covid-19

Umsida.ac.id  – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (umsida) bekerjasama dengan badan pengawas pemilu (bawaslu) dan komisi pemilihan umum (KPU) wilayah Sidoarjo mengadakan webinar dengan tajuk pelaksanaan dan penegakan hukum pemilihan kepala daerah di masa covid,selasa(14/7).

Webinar ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya seperti , ketua Bawaslu Jatim Moch Amin M Pdi, Anggota KPU Sidoarjo Miftahul Rohmah M Pdi, Bawaslu Sidoarjo Jamil SH MH dan Kepala LKBH Umsida Rifqi Ridho Pahlevi SH MH. Menilik kesiapan Bawaslu dan KPU dalam pelaksaanaan Pilakada serentak pada 9 Desember  mendatang,  para petugas penyelenggara harus memiliki pemahaman tentang protokol kesehatan Covid-19 saat bertugas nanti.

Pasalnya, penyelenggaraan pilkada kali ini akan berbeda mengingat digelar di tengah pandemi Covid-19, sehingga wajib menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan Rektor Umsida Dr Hidayatullah Msi saat membuka webinar, “Berkaitan dengan pelaksanaan dan penegakan hukum pemilihan kepala daerah di masa covid  daerah, semoga dalam webinar ini dapat memberikan pengetahuan dan pencerahan tidak hanya kepada masyarakat tapi juga kepada mahasiswa terkait dengan pelaksanaan pilkada daerah,” ujarnya.

Dalam webinar ini tiap narasumber memberikan materi terkait dengan
penegakan hukum pemilihan kepala daerah di masa covid di masa pandemi covid-19. Mulai dari metode pelaksanaan pemilu menggunakan daring dan protokol kesehatan yang digunakan saat pelaksanaan kegiatan pilkada hingga nantinya ada sengketa proses dalam pemilu. Para petugas penyelenggara pemilu baik dari pihak bawaslu maupun KPU wajib mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada daerah nantinya.

*Etik Siswatiningrum

Leave a Reply