• Alumni
  • Alumni

Kadin Jatim Tanda Tangani MoU Kerjasama dengan Umsida


ajax loader

“Fokus program Kadin Jatim ini adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM),” kata Adik Dwi Putranto SH, ketua umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dalam acara Seminar Nasional “Peran Kadin Dalam Peningkatan SDM Perguruan Tinggi Industri Melalui Sertifikasi Kompetensi dan MBKM” di Aula Mas Mansyur Gedung Kuliah Bersama (GKB) 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Senin (17/01).

Adik panggilan akrabnya menyebutkan jika semua faktor kinerja dalam perindustrian tergantung sumber daya manusia. Termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pariwisata. Hal ini mendorong Kadin Jatim menyusun program pelatihan bagi pelatih tempat kerja dengan tujuan menciptakan pekerja yang memiliki produktivitas tinggi dan kompeten dalam bidangnya.

Kadin Jatim sendiri merupakan organisasi kumpulan dari asosiasi perusahaan dan perusahaan-perusahaan, baik perusahaan besar, industri manufaktur, maupun perusahaan UKM formal atau informal.

WhatsApp Image 2022 01 17 at 11.24.36
Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi sedang menanda tangani Nota kesepahaman antara Umsida – Kadin Jawa Timur

Salah satu program Kadin Jatim dari sisi Industri ialah program pelatihan pelatih tempat kerja. “Kadin Jatim bekerja sama dengan dua lembaga dari Kadin Jerman terkait pelatihan pelatih tempat kerja,” ungkap pengusaha sektor agribisnis asal Kota Batu itu.

Nantinya, pelatih tempat kerja ini yang akan mengarahkan siswa prakerin atau PKL mengenai tugas-tugas yang harus mereka jalankan selama di dunia kerja. Tentunya, dengan bekal pelatihan pelatih tempat kerja, para pelatih dituntut memiliki kurikulum yang rapi agar waktu enam bulan magang menjadi terarah.

Adik menginginkan supaya nantinya mahasiswa Umsida dapat mengikuti pelatihan pelatih tempat kerja. “Karena kita tidak ingin bergantung pada orang Jerman dan orang Jerman tidak seterusnya melatih,” ujarnya. “Kami ingin punya pelatih tempat kerja sendiri agar semakin banyak master learner untuk pelatih tempat kerja di industri,” imbuhnya.

Di akhir, Adik menandatangani Memorandum of understanding (MoU) antara Kadin Jatim dengan Umsida bersama Dr Hidayatulloh MSi, rektor Umsida. MoU ini diharapkan dapat menjalin kemitraan yang baik antara Kadin Jatim, Umsida dan Sidoarjo. Termasuk juga sarana untuk menyalurkan lulusan Umsida yang berkompeten sesuai dengan bidangnya.

Ditulis : Angelia Firdaus
Edit : Shinta Amalia Firdaus


Berita Terkini

Umsida Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022
May 18, 2022
Umsida Integrasikan Program Responsif Gender ke Perkuliahan
May 17, 2022
Tingkatkan Kinerja Guru BK, Umsida Gelar Pelatihan Guru BK Se-Kabupaten Sidoarjo
May 17, 2022
Tim Abdimas Umsida Lakukan Monitoring pada Petani Ikan Nila di Desa Kramatjegu
May 17, 2022
PGSPA Umsida dan Inovasi Gelar Pelatihan Responsif Gender
May 17, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI