Ke UMY, Umsida Jalin Kerjasama dan Studi Sistem Informasi

Penulis : umsidaj4y4 August 8, 2019 / Berita

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (7/8/2019) untuk menjalin kerjasama dan studi infrastruktur sistem informasi.

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang menuju ASEAN reputable university, Umsida terus mengembangkan diri dengan membuka berbagai peluang kerjasama baik nasional maupun internasional. Umsida membuka diri untuk kerjasama dengan UMY yang lebih “senior” dalam pengalaman bidang kerjasama internasional dan pengembangan sistem informasi.

Sistem informasi menjadi kunci yang mengintegrasikan semua elemen organisasi yang akan mewujudkan data akurat mengenai semua hal berkaitan kinerja organisasi. Oleh karena itu, Umsida melakukan kajian sistem informasi kepada institusi yang memiliki pengalaman dalam pengembangam sistem informasi yang telah mapan tersebut ke UMY.

Tim UMSIDA berjumlah 8 orang yakni Wakil Rektor III Eko Hardi Ansyah, Spsi. Psikolog; Badan Penjamin Mutu Dr. Nurdyansyah; Direktur Direktorat Sistem Teknologi Informasi Sumarno ST MT; direktur Direktorat Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni Hasan Ubaidillah, MM; Kepala Sekretariat Universitas Dr. Kumara Adji Kusuma; kasie DSTI Rachmadany dan dua staf DSTI.
Kehadiran tim Umsida disambut jajaran pimpinan UMY yakni Wakil Rektor 5 UMY Prof Nurmandi, Sekretaris Universitas Ir. Nafi Ananada Utama, M.Si; Wakil Rektor III Dr. Suryo Pratolo, SE MSi, dan kepala sistem IT UMY bapak Wahyudi.

Sumarno, ST. MT. selaku perwakilan tim menjelaskan bahwa Umsida terus berbenah diri dengam belajar dalam mengembangkan sistem informasi. “meskipun sumber dayanya sudah ada menajeman dan pemeliharaannya, tapi terus mengembangkan diri,” ujar Sumarno.

Terkait sistem informasi di UMY, Prof. Ahmad Nurmandi selaku WR 5 UMY menyatakan bahwa sistem informasi itu memerlukan proses berbenah yang berkelanjutan. “Semua butuh proses. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan tuntutan sivitas akademika, insya Allah akan bisa lebih baik dan maksimal. Semua itu butuh kerja keras dan dukungan pihak pimpinan dalam pengadaan infastruktur,” tegas Prof Nurmandi selaku perwakilan UMY

Dalam kunjungan Umsida ke UMY, selain wawancara dengam jajaran pimpiman UMY, Tim juga melihat langsung perlengkapan/alat-alat pendukung UMY di ruang server UMY. Para peserta kunjungan sangat antusias. Hal ini merupakan suatu capaian apresiatif.

Kemajuan sistem informasi di UMY ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi perkembangan sistem informasi di UMSIDA baik dalam menajemennya maupun sistem mutunya. “Kunjungan ini memberikan pengalaman inspiratif dan masukan yang baru bagi kami untuk memperbaiki segala sistem informasi yang ada. Apa lagi kamilah yang akan menjalani dan memimpin semua perkembangan sistem informasi nantinya,” tegas Eko Hardi Ansyah selaku Warek 3 Umsida.

Dalam bidang kerjasama, yang menjadi agenda kedua pertemuan ini, banyak hal di-“sharing” kan. Berbagai strategi dan metode kerjasama internasional pun dibahas. “hal pertama yang harus dibuat adalah perencanaan,” kata Prof Nurmandi. “Dari planning ini kemudian bisa dilakukan penerjemahan dalam bentuk aktivitas yang real yang nantinya bisa menjadi indikator kinerja,” lanjut Pror. Nurmandi yang didampingi tim dari Lembaga Kerjasama yakni Eko Priyo Utama, Yordan Gunawan, dan Farindhira Vesti Rahmasari.

Lembaga kerjasama kemudian mensharingkan berbagai metode untuk menjalin kerjasama dengam institusi luar negeri dan untuk bisa menghadirkan mahaaiswa asing. Terdapat beberapa poin kerjasama yang akan dilaksanakan di masa depan.(Adji)

 

Related Post