Mahasiswa Relawan LAZISMU UMSIDA Andil Dalam Wujudkan Shelter Bagi Anak Putus Sekolah

Penulis : umsidaj4y4 August 9, 2019 / Berita

Umsida.ac.id – Sukses wujudkan Shelter bagi anak2 putus sekolah, mahasiswa Umsida turut andil dalam program yang diusung oleh Menaker dan Aisiyah. Shelter diperuntukkan bagi anak-anak yang putus sekolah dengan kisaran usia 13 sampai dengan 17 tahun. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 2 hingga 8 Agustus 2019.
Mahasiswa tim relawan Lazizmu Umsida menjadi fasilitator dan pendamping selama 1 minggu di shelter bagi 40 anak dengan kasus putus sekolah yang berbeda dari tiap anaknya. Setiap hari akan ada 10 anak yang piket bergiliran mendampingi shelter. Dimana setiap harinya terdapat 3 shift, yang berlangsung di rusunawa kampus 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rata-rata kasus anak tersebut tidak jauh dari beberapa faktor yang ditemui di lapangan. Yang pertama faktor ekonomi, pemaksaan kerja oleh orang tua, tekanan psikologis dan sebagainya yang akhirnya membuat anak merasa bahwa sekolah akan membuang-buang waktu dan uang mereka. Lebih lanjutnya beberapa anak putus sekolah merupakan korban bullying sehingga membuat mereka malu, dan lebih nyaman hidup dijalanan sebagai pengamen, serta putus sekolah karena menjadi korban kekerasan seksual.
Berdasar hal tersebut fasilitator sangat diperlukan untuk membantu menguraikan permasalahan dengan harapan output nya mereka kembali menemukan kepercayaan diri dan mau kembali ke bangku sekolah formal atau paket B bagi yang putus sekolah SMP atau paket C bagi yang putus sekolah SMA.
Mahasiswa pendamping shelter sekaligus relawan Lazismu yang berasal dari mahasiswa penerima beasiswa sang surya Lazismu Umsida mengungkapkan bahwa ada tawaran untuk lanjutan pendampingan alumni shelter untuk mendaftar kursus ketrampilan kerja di BLK milik Menaker. Selain itu program shelter ini juga ditujukan guna menyaring jumlah anak jalanan dan pekerja anak agar mereka tetap bisa menyelesaikan sekolah meski bekerja. Intinya kerja boleh tetapi sekolah harus tetap jalan. (Lintang)

Related Post