• Alumni
  • Alumni

Kegagalan Start-up Karena Bikin Sesuatu Yang Tidak Dibutuhkan Pasar

Umsida.ac.id – Pencetusan ide merupakan proses yang paling utama dalam memulai sebuah bisnis. Founder start-up Indonesia, I Putu Agus Swastika mengatakan, “Design thinking adalah proses untuk menghasilkan inovasi yang berpusat pada orang sebagai fokus inovasi dan didukung dengan pembuatan prototip.”

Inovasi yang dimaksud, sambung Putu, bisa berupa produk, jasa, maupun ide bisnis. “Start up adalah sebuah institusi yang diciptakan untuk membuat produk atau layanan baru dan inovatif dalam sebuah kondisi ketidakpastian yang tinggi,” paparnya saat memberikan seminar start-up di Aula KH M Mansyur GKB 2 kampus satu Umsida.

Putu juga memaparkan tahapan-tahapan dalam menjadi technopreneur dengan start-up. “Tahapan dalam start-up dimulai dari pencetusan ide, yang mana ini menggunakan metode desain bisnis. Kedua, Validasi pasar dan terakhir model bisnis,” jelas Putu, pendiri inkubator bisnis Primakara.

Start-up yang sukses, lanjutnya, terdiri dari beberapa faktor. “Timing 42%, team 32 %, idea 28%, business model 24% dan funding 14%,” tuturnya.

Setiap bisnis pasti mengalami fase kegagalan, bahkan sebelum bisnis itu dimulai. Putu menjelaskan tentang kegagalan dalam start-up ini, yang berasal dari kesalahan memutuskan ide. “Kegagalan startup adalah bikin sesuatu yang tidak di butuhkan pasar,” pungkas Putu, mantan ketua STMIK Primakara.

Putu berpesan, “Jangan membuat produk karena kita yang ingin membuat karena belum tentu orang butuh produk itu dan mau pakai. Buatlah produk berangkat dari kebutuhan masyarakat,” tandas Putu, Founder Beritabali.com.

Ditulis Oleh: Iis Wulandari
Editor: Dian Rahma Santoso

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI