Develop and Support Micro Medium Enterprises

[:id]Pelatihan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kelurahan Wonocolo tahun 2019 berjalan dengan sukses pada 30/7/19. Kegiatan yang dilakukan guna memberikan dukungan penuh pada pelaku UMKM dihadiri oleh 50 peserta dari kalangan pengusaha UMKM dan kader PKK kelurahan Wonocolo. Baik peserta yang membuka usaha makanan, minuman bahkan aneka kerajinan. Menariknya pembicara dilakukan langsung oleh Sumartik SE MM, dengan topik teknik pemasaran produk di era milenial.
Pada Kegiatan yang di gelar di pendopo kelurahan Wonocolo jalan stasiun Spanjang nomor 139 Kecamatan Taman Sidoarjo tersebut atik sapaanya selaku pembicara menjelaskan strategi jitu dalam pemasaran online. Yang pertama pelaku usaha harus menentukan target pasar dengan diimbangi mempelajari setiap karakteristiknya. Ke dua yakni dengan menentukan platform yang sesuai dengan target market yang telah di buat sebelumnya. Ke tiga membuat konten yang kreatif yang vital kemudian singkat dan padat dengan tujuan agar konsumen tidak malas membacanya. Konten yang menarik tentunya akan menarik minat konsumen terhadap apa yang telah pelaku usaha pasarkan. Sedangkan yang ke empat adalah menjalin komunikasi secara personal dengan efektif , serta bekerjasama dengan pihak yang tepat.
“Selain beberapa hal tersebut, hal yang paling penting lainya adalah kita harus dapat memilih endorser atau opinion leader yg tepat. Contohnya food blogger, fashion blogger sehingga apa yang di inginkan akan tercapai melalui langkah-langkah tersebut, terang Sumartik. (Lintang)[:en]Training on the development of small and medium sized micro and medium enterprises (MSMEs) in Wonocolo Village in 2019 ran successfully on 30/7/19 Activities undertaken to provide full support to MSME actors were attended by 50 participants from MSME entrepreneurs and PKK cadres in Wonocolo. Both participants who opened a food, beverage and even various handicraft businesses. Interestingly the speaker was conducted directly by Sumartik SE MM, with the topic of product marketing techniques in the millennial era.
In the event that was held in the Wonocolo village pavilion, Jalan Spanjang station number 139 Taman Sidoarjo District, address the speakers as the speaker explaining the right strategy in online marketing. First, the business actor must determine the target market with a balanced study of each of its characteristics. Secondly, by determining the platform that is in accordance with the target market that was created earlier. Third, create creative content that is vital then concise and concise with the aim that consumers are not lazy to read it. Interesting content will certainly attract consumers’ interest in what businesses have marketed. While the fourth is to establish personal communication effectively, and work with the right parties.
“Apart from these, the most important thing is that we have to be able to choose the right endorser or opinion leader. For example food bloggers, fashion bloggers so that what they want will be achieved through these steps, explained Sumartik. (Lintang)[:]

Berita Terkini

magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By
Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia
Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta
October 3, 2025By
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny: Sekitar 60 Korban Masih Tertimbun
October 2, 2025By
Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By

Riset & Inovasi

posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By
dosen Umsida wujudkan ketahanan pangan, riset dan abdimas
Wujudkan Ketahanan Pangan, Dosen Umsida Dampingi SMKN 1 Jabon
November 1, 2025By

Prestasi

riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
inovasi laboran MIK Umsida
Inovasi Augmented Reality Laboran MIK Umsida Antarkan Prestasi Gemilang
October 28, 2025By
Umsida perguruan tinggi unggul
Umsida Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2025 Versi SINTA Score 3 Years
October 27, 2025By
Tim fisioterapi Umsida
Tim S1 Fisioterapi Umsida Juara 2 Medical and Health Competition Vol 2 2025
October 21, 2025By
inovasi limbah cangkang kupang 3
Olah Limbah Cangkang Kupang, Mahasiswa TLM Umsida Raih Juara 2 PKP2 PTMA 2025
October 19, 2025By