[:id]Pelatihan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kelurahan Wonocolo tahun 2019 berjalan dengan sukses pada 30/7/19. Kegiatan yang dilakukan guna memberikan dukungan penuh pada pelaku UMKM dihadiri oleh 50 peserta dari kalangan pengusaha UMKM dan kader PKK kelurahan Wonocolo. Baik peserta yang membuka usaha makanan, minuman bahkan aneka kerajinan. Menariknya pembicara dilakukan langsung oleh Sumartik SE MM, dengan topik teknik pemasaran produk di era milenial.
Pada Kegiatan yang di gelar di pendopo kelurahan Wonocolo jalan stasiun Spanjang nomor 139 Kecamatan Taman Sidoarjo tersebut atik sapaanya selaku pembicara menjelaskan strategi jitu dalam pemasaran online. Yang pertama pelaku usaha harus menentukan target pasar dengan diimbangi mempelajari setiap karakteristiknya. Ke dua yakni dengan menentukan platform yang sesuai dengan target market yang telah di buat sebelumnya. Ke tiga membuat konten yang kreatif yang vital kemudian singkat dan padat dengan tujuan agar konsumen tidak malas membacanya. Konten yang menarik tentunya akan menarik minat konsumen terhadap apa yang telah pelaku usaha pasarkan. Sedangkan yang ke empat adalah menjalin komunikasi secara personal dengan efektif , serta bekerjasama dengan pihak yang tepat.
“Selain beberapa hal tersebut, hal yang paling penting lainya adalah kita harus dapat memilih endorser atau opinion leader yg tepat. Contohnya food blogger, fashion blogger sehingga apa yang di inginkan akan tercapai melalui langkah-langkah tersebut, terang Sumartik. (Lintang)[:en]Training on the development of small and medium sized micro and medium enterprises (MSMEs) in Wonocolo Village in 2019 ran successfully on 30/7/19 Activities undertaken to provide full support to MSME actors were attended by 50 participants from MSME entrepreneurs and PKK cadres in Wonocolo. Both participants who opened a food, beverage and even various handicraft businesses. Interestingly the speaker was conducted directly by Sumartik SE MM, with the topic of product marketing techniques in the millennial era.
In the event that was held in the Wonocolo village pavilion, Jalan Spanjang station number 139 Taman Sidoarjo District, address the speakers as the speaker explaining the right strategy in online marketing. First, the business actor must determine the target market with a balanced study of each of its characteristics. Secondly, by determining the platform that is in accordance with the target market that was created earlier. Third, create creative content that is vital then concise and concise with the aim that consumers are not lazy to read it. Interesting content will certainly attract consumers’ interest in what businesses have marketed. While the fourth is to establish personal communication effectively, and work with the right parties.
“Apart from these, the most important thing is that we have to be able to choose the right endorser or opinion leader. For example food bloggers, fashion bloggers so that what they want will be achieved through these steps, explained Sumartik. (Lintang)[:]
03
Aug