• Alumni
  • Alumni

Kembangkan Potensi Kesenian Remaja Desa Boharan, Tim KKN-P kelompok 38 Adakan Pelatihan Desain Grafis

Umsida.ac.id – Selama masa pandemi covid 19, masyarakat dituntut untuk tetap beraktivitas di dalam rumah. Oleh karena itu, agar anak muda dan kaum remaja tetap dapat produktif, mahasiswa KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) kelompok 38 mengadakan kegiatan Sharing Desain Grafis di Desa Keboharan, Kecamatan Krian, Sabtu (06/03). Dalam pelaksanaan kegiatan itu, tim KKN-P 38 menggandeng sekumpulan remaja yang tergabung dalam IPNU-IPPNU di desa tersebut.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan sharing desain grafis diadakan mulai pukul 19.30. Ada berbagai topik pembahasan pada kesempatan berbagi ilmu itu, salah satunya yaitu pemanfaatan desain grafis di masa kini. Desain grafis merupakan sebuah kesenian yang dibuat melalui media elektronik seperti handphone, komputer, dan tablet. Tujuan penggunaan desain grafis selain sebagai media komunikasi yang menarik, juga dapat digunakan untuk melakukan promosi produk UMKM melalui pembuatan banner, poster, foto pigura, logo, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang lain yang dibahas oleh tim KKN-P 38, yakni mengenai elemen dasar serta prinsip dasar sebuah desain grafis. Elemen terdiri dari sebuah garis, warna, tipografi, hierarki serta adanya space. Sedangkan desain grafis juga memiliki 3 prinsip yaitu keseimbangan, kesatuan serta penekanan pada desain tersebut.

Tim KKN-P 38 juga menyampaikan 3 aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis, antara lain yaitu Canva, CorelDraw, dan Photoshop. Diantara ketiga aplikasi tersebut, yang paling mudah dipelajari adalah aplikasi canva, karena tersedia secara praktis juga cocok untuk seluruh device seperti smartphone dan komputer. Selain itu, menurut tim KKN-P 38, Canva juga menghadirkan beberapa template gratis yang bisa digunakan sebagai bahan membuat desain bagi pemula.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, tim KKN-P 38
berharap agar remaja di Desa Keboharan tidak berhenti melakukan hal produktif yang dapat mengasah potensi mereka. “Semoga dengan adanya sharing desain grafis ini dapat mengembangkan produktivitas masyarakat yang tadinya hanya berdiam diri untuk melakukan sebuah pembuatan karya yang baik. Jadi tunggu apalagi, mari berkarya,” tutur Aufa Nafis Hibatullah, salah satu anggota tim KKN-P 38.

Penulis : Aufa Nafis Hibatulloh
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI