• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa KKN Umsida Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

Umsida.ac.id – Sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, tim KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) kelompok 39 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ciptakan satu set alat cuci tangan otomatis yang diletakkan di Balai Desa Tempel, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (16/03).

Ketua Tim KKN-P kelompok 39, Syahrul Angga mengaku prihatin dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 yang ada di Sidoarjo. Jumlah orang yang terkena Covid-19 terus meningkat setiap hari. Jika tidak ada pencegahan maka dikhawatirkan virus tersebut akan semakin mengganas.

Tim KKN-P 39 mencoba alat cuci tangan otomatis

Oleh karena itu, Syahrul Angga selaku ketua Tim KKN-P Kelompok 39 bersama seluruh anggota kelompok berinisiatif membantu Balai Desa Tempel dalam pencegahan Covid-19 dengan memberikan sarana dan prasarana (sarpras) satu set Alat Cuci Tangan Otomatis (non kontak). “Perangkat ini dilengkapi oleh sensor ultrasonic yang berfungsi  saat tangan didekatkan ke wastafel, alat tersebut akan langsung mengalirkan air secara otomatis, sehingga masyarakat tidak perlu menyentuh kran air. Setiap masyarakat yang hendak mengurus sesuatu di Balai Desa Tempel wajib mencuci tangan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Menurut Ketua Tim KKN-P Kelompok 39 itu, alat ini sangat penting, karena masyarakat yang akan datang ke Balai Desa Tempel sangat beragam. “Rawan sekali jika masyarakat yang akan berkunjung ke Balai Desa mencuci tangan dengan cara harus memutar kran air di wastafel terlebih dahulu. Bisa jadi ada kuman, virus, atau bakteri yang menempel pada kran air di wastafel tersebut,” imbuhnya.

Alat cuci tangan otomatis yang dibuat oleh tim KKN-P kelompok 39 ini bekerja dengan memancarkan sinyal ultrasonik ke arah depan wastafel. Jika terdapat halangan yang jaraknya sudah diperhitungkan oleh alat tersebut, maka alat cuci tangan otomatis itu akan mengalirkan air.

Kepala Desa Tempel Sidoarjo, Ainul Yakin mengucapkan rasa terima kasih kepada tim KKN-P kelompok 39 atas bantuan satu set alat cuci tangan otomatis (non kontak) itu. ”Semoga bantuan ini dapat berguna, bermanfaat, dan membantu pencegahan Covid-19. Sekaligus menjadi amal jariyah tim KKN 39 Umsida,” pungkasnya.

Penulis :Arik Bagus Setyawan

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI