• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P 49 Umsida Ikut Melancarkan Posyandu Desa

Umsida.ac.id- Melaksanakan pengabdian masyarakat, Tim KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) 49 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ikut berpartisipasi untuk mengarahkan dan melancarkan kegiatan Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu) di Desa Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (14/3).

Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Tujuan diadakan posyandu yaitu menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), menambah asupan gizi dengan pemberian vitamin untuk balita, memberikan penyuluhan tentang asupan gizi, pemberian cara ASI yang baik, dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB (Keluarga Berencana).

Kegiatan posyandu ini dilaksanakan satu bulan sekali di balai Desa Ketegan. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00-12.00.

Di suasana pandemi seperti ini, peran posyandu tetap menjadi penting. Tentunya, ada perbedaan kondisi kegiatan posyandu pada sebelum dan saat pandemi ini. Di masa pandemi ini, seluruh warga yang hadir ke posyandu diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN-P 49 berperan membantu ibu-ibu kader yang bertugas di posyandu, seperti penimbangan balita, mendata berat badan balita dan memberi konsumsi atau PMT (Pemberian Makanan Tambahan), yaitu bubur kacang hijau untuk balita yang telah hadir di posyandu ini.

Tim KKN-P 49 berharap dengan tetap diadakannya kegiatan posyandu, balita masyarakat Desa Ketegan yang mempunyai anak balita dapat terbantu untuk mengontrol perkembangan si buah hati serta membantu untuk memperbaiki gizi balita agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya masing-masing.

Selain itu, semoga semua masyarakat Desa Ketegan tetap mematuhi protokol kesehatan yang baik dan benar kapan pun dan dimanapun serta dalam kegiatan apapun, baik itu dilakukan oleh desa maupun di luar desa.

Ditulis : Rizky Aida Rachmayanti dan Mia Safitri
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI