• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis Bagikan Tips Menjuarai KSI POSI

Umsida.ac.id – Bella Tasya Kimberly, Mahasiswa Prodi Teknologi Laboratorium Medis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sabet medali emas bidang Bahasa Inggris dalam ajang Kompetisi Sains Indonesia (KSI) yang diselenggarakan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (Posi), Minggu (14/02).

Saat ditemuitim Umsida.ac.id, mahasiswa yang akrab disapa Bella ini mengatakan, ia tidak pernah mengikuti kompetisi tersebut. Namun, berkat dorongan dari temannya, ia putuskan untuk mencoba dan memilih bidang Bahasa Inggris. “Saya pilih Bahasa Inggris, karena saya belum terlalu mendalami untuk mata pelajaran yang lain seperti Kimia, Fisika, dan Biologi. Sejak SMP, saya juga sudah tertarik dengan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang,” ungkap Bella.

Di balik keberhasilannya, Bella mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk berkompetisi. Kemampuannya dalam Bahasa Inggris adalah buah dari hobi membaca komik dan bermain game. “Kemungkinan saya juga suka Bahasa Inggris dari kebiasaan main game dan lain-lain, terutama waktu kecil itu suka main game dan bahasanya Bahasa Inggris. Jadi kebiasaan,” tutur Bella.

Untuk berkompetisi bidang Bahasa Inggris, lanjut Bella, harus tetap mengimbangi materi belajar dengan grammar. Menurutnya, hal itu karena Bahasa Inggris yang ada di game atau komik berbeda dengan Bahasa Inggris formal. “Seperti komik atau game itu hanya membantu wawasan vocabulary aja. Untuk seterusnya harus tau grammar dan materi Bahasa Inggris lainnya supaya bisa mengerjakan soal,” jelasnya.

Bella menambahkan, ia menggunakan aplikasi yang ada di google playstore yaitu aplikasi Toefl Practice Test untuk mempelajari struktur grammar. Tips lain yang menurutnya sangat berguna saat mengerjakan soal olimpiade Bahasa Inggris yaitu dengan membaca soalnya terlebih dahulu. “Untuk bagian reading, itu butuh fokus yang lumayan soalnya membaca text. Tips dari saya yaitu baca soalnya dulu sih baru baca textnya. Jadi kita tau jawabannya tanpa baca ulang kembali,” paparnya. Melalui kompetisi online tersebut, Mahasiswa semester 6 itu mengaku, soal yang sulit juga menambah wawasan baru.

Tak cukup di situ, ia berencana akan mengikuti kompetisi menarik lainnya untuk mengasah wawasannya tentang Bahasa Inggris. Terakhir, Bella berikan dukungan kepada teman-teman lainnya agar tetap bersemangat dan tidak menyerah. Apapun bentuk usahanya akan selalu ada hikmah dan jangan pernah berhenti percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

ditulis : Shinta amalia

Edit : Anis Yusandhita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI